Perbedaan Murai Jantan dan Betina

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Perbedaan Murai Jantan dan Betina – Di artikel kali ini suhu kicau akan membagikan informasi tentang perbedaan antara murai berkelamin jantan dan betina, meskipun terlihat mudah tetapi ada beberapa orang yang belum mengetahuinya.

Burung Murai masih menjadi salah satu burung kicau yang sangat populer sampai saat ini dimana di gantangan burung dia menjadi kelas utama yang banyak diminati para pecinta burung dimana dibagi menjadi

beberapa kelas. Tetapi burung murai yang diturunkan ke kontes ialah yang berkelamin jantan, karena memiliki sifat fighter yang tinggi serta mampu menirukan suara kicauan burung lain

sedangkan yang betina selain kicauannya monoton volume suaranya juga tidak senyaring si jantan sehingga ketika kalian memilih burung lomba kalian harus tahu dulu bagaimana cara membedakan jenis kelamin keduanya.

perbedaan-murai-jantan-dan-betina-lampung

Membedakan Jenis Kelamin Murai Berdasarkan Fisiknya


Bentuk Paruhnya

Murai jantan dewasa memiliki paruh yang tebal dan ukurannya panjang, sedangkan para betina paruhnya lebih kecil dan lebih pendek tentunya hal ini turut mempengaruhi mengapa volume suara jantan lebih nyaring dari yang betina.

Paruh yang tebal dan panjang ini mempengaruhi volume dan tempo kicauannya dia juga sering mengeluarkan suara-suara nembak tetapi dengan latihan dia juga bisa mengeluarkan kicauan dengan speed rapat.

Bentuk tubuh dan bulunya

Murai jantan fisiknya lebih besar dari pada murai yang betina, bulunya berwarna hitam pekat dan mengkilap dan bulu pada bagian dadanya lebih ke coklat gelap.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Tledekan Gunung

Sedangkan yang betina selain tubuhnya lebih kecil bulunya juga berwarna hitam pudar sedangkan pada bagian dadanya berwarna oranye dan ada bulu putihnya pada bagian punggungnya.

Ekornya

Yang berkelamin jantan ekornya lebih mencolok karena lebih panjang dan juga tebal berlapis sehingga dia dapat membuka ekornya dengan lebar atau saat berkicau ekornya berayun-ayun.

Sedangkan yang betina ekornya lebih pendek dan tipis sehingga mudah sekali dikenali dengan melihat ekornya tetapi jangan salah karena ada juga jenis burung murai yang memiliki ekor pendek.

gambar-ekor-murai-jantan-dan-betina

Bagian Kepala dan Matanya

Kepala murai jantan lebih besar bila dibandingkan dengan burung murai betina yang kepalanya lebih kecil, Posisi mata pada murai jantan lebih menonjol keluar tidak seperti yang betina yang terlihat biasa saja.

Ukuran dan Bentuk Kakinya

Kaki murai jantan lebih panjang dan bertulang besar hingga terlihat kokoh ketika dia berdiri diatas tangkringan selain itu karena ukuran tubuh jantan besar sehingga terlihat semakin gagah saja.

Sedangkan yang betina kakinya lebih pendek dengan tulang yang lebih kecil dan tidak bersisik ini juga sesuai dengan bentuk tubuhnya yang memang lebih kecil dari si jantan.

burung-murai-jantan

Kesimpulannya

Baik itu burung jantan maupun betina memiliki kelebihan masing – masing, dan memilih jenis kelamin yang benar juga harus kalian lakukan misalnya kalian mau membeli murai untuk lomba

pilih yang berkelamin jantan tetapi jika kalian ingin membudidaya kannya tentu kalian memerlukan betina juga sehingga memilik burung baik itu betina maupun jantan harus yang memiliki kualitas baik.

itulah tadi beberapa perbedaan murai jantan dan betina yang bisa suhukicau bagikan untuk kalian semua semoga informasi ini dapat membantu kalian supaya tidak bingung dalam memilih burung yang akan dibeli.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Nuri Paling Akurat

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan terlebih dimasa pandemi seperti sekarang ini tetap jaga protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker ketika beraktifitas.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari