Mengenal Keunggulan Perkutut Putih Yang Perlu Diketahui

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Perkutut Putih – berbicara soal burung perkutut tentunya identik dengan hobinya para orang tua jaman dulu. memang burung ini dulunya sangat populer hampir setiap rumah bapak-bapaknya memelihara burung perkutut ini.

Tapi sampai saat ini meskipun mulai menurun popularitasnya masih ada juga yang setia merawat dan memiliki si perkutut ini. Ada banyak jenis perkutut tentunya dengan warna bulu dan corak yang unik.

Pada artikel kali ini khusus kita akan membahas tentang jenis perkutut putih. Konon burung ini sangat diminati para pecinta perkutut katuranggan dimana menurut mitos yang dipercaya oleh

sebagian masyarakat, barang siapa yang memelihara perkutut putih ini dia akan mendapatkan kekayaan, keberuntungan serta dijauhkan dari malapetaka yang akan menimpa dia dan keluarganya. tentunya

itu menjadi harapan setiap orang bukan, bagi yang percaya tentunya mereka pasti memeliharanya tetapi balik lagi sesuai kepercayaan kita dimana segala sesuatu yang terjadi merupakan kehendak Allah SWT.

Nah dari pada rasa penasaran kalian semakin menjadi-jadi langsung saja kita informasikan tentang burung unik ini mulai dari ciri-ciri dan yang lainnya baca sampai habis ya gais.

harga-perkutut-putih

Mengenal Jenis Burung Perkutut Putih

Ciri – Ciri Fisik

Perkutut putih katuranggan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Bulunya berwarna putih bersih diseluruh tubuhnya.
2. Iris matanya berwarna merah
3. Dia memiliki paruh dengan warna abu-abu yang kemerahan
4. Kakinya berwarna merah dengan garis-garis berwarna hitam serta memiliki kuku yang putih bersih.
5. Suara ocehannya lembut dan merdu.

Baca selengkapnya :  Harga Burung Cucak Jenggot

Mitos Perkutut Putih

Perkutut jenis yang satu ini dulunya merupakan piaraannya para raja-raja karena mereka percaya akan mitos yang beredar seperti sebagai pembawa rejeki dan penghindar dari petaka sehingga wajib nih setiap kerajaan memeliharanya.

Menurut legenda juga perkutut putih merupakan perwujudan dari kakek-kakek yang memiliki kesaktian luar biasa yang datang ke dalam mimpi dengan pakaian serba putih dan menjelma menjadi perkutut putih ini.

Ada cerita juga didalam seekor perkutut berwarna putih ini bersemayam khodam atau roh penjaga dengan kekuatannya yang luar biasa asalkan dia adalah hasil perkawinan asli di alam bebas

bukan hasil dari rekayasa genetik yang dilakukan para peternak yang memang giat menghasilkan perkutut jenis ini karena banyak yang mencarinya dan harganya juga tinggi.

baca juga : ciri ciri burung perkutut jantan yang bagus

perkutut-putih-mata-hitam

Makanan Kesukaannya

Untuk jenis makanannya tidak berbeda dengan perkutut jenis lainnya dimana dia memakan jewawut sebagai bahan makanan utamanya yang memang mengandung gizi yang sesuai untuk perkutut.

Milet putih juga banyak diberikan untuk perkutut putih ini atau ada juga yang milet campuran putih kuning yang mengandung protein serta karbohidrat karena termasuk bijian.

biasanya juga ditambah asinan tulang sotong yang mengandung mineral serta kalsium yang bagus untuk kekuatan tulang kakinya serta paruhnya agar semakin kokoh.

Selain makanan kita juga tentunya harus memperhatikan minumannya dimana dia biasa meminum air putih bersih dan usahakan air yang sudah matang dan didinginkan karena didalamnya tidak ada mikroorganisme yang hidup.

Harga Dari Perkutut Putih

Karena burung ini terbilang langka, ditambah mitos yang membuatnya semakin populer sehingga harga burung perkutut pasarannya sangat tinggi dibandingkan jenis perkutut lain dimana seekor perkutut putih dewasa lokal dibanderol

Baca selengkapnya :  21 Jenis Burung Langka Dan Unik Yang Ada Di Indonesia + Gambar

dengan harga mencapai Rp1.500.000 per ekornya dan untuk perkutut putih mata merah sepasang dijual dengan harga Rp2.800.000 cukup fantastis ya sahabat kicau mania. sehingga kalian harus membelinya yang asli ya.

mitos-perkutut-putih

Bagaimana apakah kalian tertarik memelihara perkutut putih ini ? semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua untuk menambah wawasan kita dan kami ucapkan banyak terimakasih kepada kalian sudah setia membaca artikel kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari