Prenjak Lumut Jantan

Diposting pada
Rate this post

Prenjak Lumut Jantan – Masih akan mengulas burung kicau yang mulai diminati salah satunya prenjak klawu, dengan suara khas yang merdu dia kerap diincar sebagai materi isian burung lomba seperti murai, cucak ijo dan juga kacer.

Dia berhabitat asli di pinggiran hutan dan sangat mudah ditemui di wilayah perkebunan, tak heran juga dia banyak menempati semak – semak untuk mencari makan dan membuat sarang yang tidak terlalu tinggi.

Secara alami dia memakan serangga kecil, cacing, ulat dan belalang untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Kelebihan yang dimiliki prenjak lumut ini salah satunya ialah variasi suaranya yang unik sehingga bagus untuk variasi

suara burung kontes. Untuk masteran biasanya prenjak jantan yang memiliki variasi dan volume suara besar. Kalau betina suaranya lebih kecil dan monoton hanya suara aslinya saja. Kalau kalian

mulai tertarik dengan si unik ini ? untuk mengatahui informasinya lebih dalam lagi langsung saja baca artikelnya udah kami sediain kok khusus untuk kalian pecinta burung di seluruh nusantara.

prenjak-lumut-jantan-mp3

Mengenal Burung Prenjak Lumut

Karakteristik Burung Prenjak Lumut

Memang dia termasuk agak sulit beradaptasi apabila dalam perawatan, hal ini karena dia merupakan burung liar sehingga kalau dikurung gitu dia akan stres yang mengakibatkan menjadi gak mau bunyi.

Sehingga akan cukup sulit memeliharanya diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam memeriksa makanannya apakah dia mau makan atau tidak dan juga apakah dia sehat atau sakit karena ini rentan kondisinya.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Flamingo

Dari segi suara dia memiliki kicauan yang lantang dan juga variatif sehingga banyal orang yang tertarik untuk variasi masteran. Ada prenjak lain yang juga sudah lebih dulu digemari namun konon prenjak lumut masih terbaik.

Perbedaan Prenjak Jantan dan Betina

Terlihat pada ekornya yang mana pejantan memiliki ekor yang lebih panjang serta terlihat menyatu dan terdapat bulu yang terlihat seperti rusak, sedangkan betina ekornya lebih melebar.

Pada bagian dadanya dimana pejantan memiliki bulu kombinasi gelap kehitaman, kalau betinanya bulu dadanya polos tanpa warna gelap. Pejantan memiliki tubuh yang ramping dan panjang sedangkan

pada si betina tubuhnya lebih pendek sehingga terlihat buntet. Kalau melihat bagian kepalanya dimana pada makkotanya terdapat bulu merah terang kalau betina warnanya lebih pudar.

Dari suaranya prenjak jantan lebih nyaring dan banyak variasinya kalau si betina lebih ke monoton dan volumenya juga sedikit lekbih kecil. dari beberapa perbedaan itu bisa menjadikan acuan yang akurat.

prenjak-lumut-jantan-dan-betina

Tips Perawatan Harian Terbaik Dari Kami

Kami tidak menjelaskan perawatan hariannya karena memang sudah kita bahas di artikel lain secara lengkap dan terperinci. Ini hanya beberapa tips yang harus kalian ingat dalam perawatannya.

1. Pengembunan dilakukan setiap hari terkecuali cuaca buruk.
2. Mandikan dan jemur burung dengan rutin kalau bisa jamnya sama.
3. perhatikan asupan makanan ajari dia makan voer untuk memenuhi karbohidratnya.
4. Burung boleh dimasteri supaya lebih gacor tetapi jangan terlalu sering karena dia akan gacor secara alami dengan rawatan terbaik yang kalian lakukan.
5. Krodong harus ditutup di malam hari supaya dia bisa istirahat, karena dia sangat aktif kalau terus dibuka dia gak bisa beristirahat yang akan mengakibatkan kelelahan.

Baca selengkapnya :  Cara Paling Mudah Ternak Ulat Hongkong Bagi Pemula

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai prenjak lumut jantan semoga dapat menginspirasi dan menambah wawasan kita semua. Tak hentinya kami mengucapkan terimakasih banyak karena sudah selalu antusias membaca artikel dari kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari