Mengenal Ciri Prenjak Lumut Beserta Suara Dan Harganya

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania semuanya, semoga selalu diberikan kesehatan dan tetap terus bersemangat setiap harinya ya sob, dalam beraktifatas apapun khususnya dalam merawat burung kicau kesayangannya.

Masih bersama kami di situs resmi SuhuKicau.Com kali ini yang selalu update dan konsisten dalam memberikan informasi tentang perkembangan seputar dunia burung kicau di indonesia tentunya. Pada pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang ciri prenjak lumut, harga jual dipasaran beserta suara kicauan merdunya yang banyak sekali disukai oleh para hobiis kicau pemula ataupun yang lama sekalipun.

Tips membedakan prenjak lumut jantan dan betina

Sebelum anda merawat burung prenjak lumut ini setidaknya harus mengetahui terlebih dahulu jenis kelamin agar tidak salah memilihnya, pilihlah yang berjenis kelamin jantan tentunya yang sudah pasti memiliki mental, vokal atau volume yang lebih kencang dan bervariasi suara kicauannya. Berikut untuk membedakan ciri-ciri prenjak lumut yang jantan atau betinanya :

1. Bentuk ekor

Jika dilihat dari bentuk ekor, bagi yang jantan ada ekor jago di tengah yang menjuntai lebih panjang dengan ekor yang samping kanan dan kirinya, berbeda dengan betinanya bentuk ukuran panjang ekor sejajar rata hampir mirip seperti kipas.

2. Warna bulu dada atas

Dan dibagian dada punggung atasnya, apabila jantan memiliki warna yang ijo terang, apabila betina seperti terlihat semu, samar dan pudar.

3. Mata

Tatapan atau sorot mata yang dimiliki sang jantan terlihat lebib tajam dan yang betina tatapan matanya seperti layu senyap kurang serem.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Suren

4. Kepala

Jika dilihat dari warna bulu di daerah pas diatas kepalanya, bagi yang berjenis kelamin jantan pasti lebih terlihat semu-semu berwarna kemerahan ataupun pekat cokelat ya temen-temen. Dan untuk yang betina sebalinya yang terlihat warna jelas kemerah-merahan pada bagian bulu dikepalanya ya.

5. Bagian dada bawah pinggir

Jika anda amati pada bagian bulu dada bawah pinggir dikanan maupun disebelah kiri apabila ada bulu garis loreng berwarna hitam, sudah pasti berjenis kelamin jantan, berbeda dengan betina yang memiliki warna putih bersih semua pada bagian dada di bagian bawah pinggir sayapnya.

sepasang-burung-prenjak-lumut

Tips memilih burung prenjak jantan bahan prospekan

Nah bagaimana cara memilih bahan ombyokan yang kiranya prospek dan bagus untuk dirawat, namun tentunya harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pilihlah kondisi burung yang tidak cacat (KONDISI NORMAL)
  2. Bulu yang dimiliki terlihat rapih cerah, bersih
  3. Postur yang besar namun tetap lincah untuk lompat naik turun tangkringan. Dengan ini burung dapat dikondisikan dalam kondisi yang sehat FIT.
  4. Dari gerak tubuhnya terlihat giras

Jika anda sudah dapat menentukan burung prenjak mana yang cocok dan sesuai dengan pilihan anda, yang dimana jika anda baru saja membeli burung prenjak lumut ini dari kios, lanjut ke tahapan bagaimana cara memberikan perawatan yang tepat untuk burung ini.

Tips perawatan burung prenjak lumut


1. Persiapan pembersihan sangkar

Dalam menyiapkan kondisi kebersihan yang ada pada sangkar barunya, tentu membuat burung baru yang menempati tempat tinggalnya merasakan kenyamanan dan tidak mudah stres dikarena kotor dan bau bekas kotoran yang sudah lama tidak dibersihkan.

Cara yang lebih efektif agar kondisi sangkar bebas dari kuman, virus, bakteri, tungau, kutu burung dan lainnya, baiknya anda semprot sangkar dengan menggunakan obat inteksida atau sampo burung yang banyak dengan mudah anda dapatkan dikios burung terdekat. Setelah selesai menyemprotkan si kandangnya lalu di jemur sampai kering.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Serindit

2. Pemberian pakan/minum

Sebelum burung prenjak lumut ini dimaksukan ke dalam sangkar yang sudah dibersihkan tadi, namun ada baiknya juga temen-temen harus menyiapkan wadah cepuk makanan beserta isinya dengan menggunakan voer halus seperti leopard yang lebih disukainya jika dicampur dengan susu bubuk putih, agar bisa disatukan dengan pakan tambahan seperti UH (ulat hongkong) ataupun ulat kandang yang berfungsi agar si ulat tersebut tidak cepat mati dan kering ya temen-temen.

Ada dua keuntungan dan manfaat yang didapat oleh siburung ini, yaitu pakan bisa berkombinasi harian dan extrafooding, serta stok pakan pastinya selalu tersedia dan terjaga kualitas asupannya. Namun anda juga harus pastikan kondisi air mineral yang diberikan di cepuk minumnya selalu dalam keadaan bersih dan air matang, agar burung selalu sehat.

Ketika sudah tersedianya pakan dan minum baru boleh burung prenjak ini dimasukan kedalam sangkarnya, dan jangan terlalu tergesa-gesa untuk memandikannya ataupun menyemrotnya, burung bahan cukup diamkan dan angin-anginkan saja. Apabila langsung anda mandikan dengan cara disemprot maka burung bisa stress, masuk angin, kaget dan bisa mati.

prenjak-lumut-betina

3. Pengembunan

Manfaat embun pagi jika dilakukan secara rutin setiap harinya akan berdampak positif untuk merangsang si burung lebih memiliki sifat yang tenang dan tambah gacor. Pengembunan pada burung bahan prenjak lumut yang baru di dapat boleh diterapkan apabila sudah lebih dari 3 sampai 5 hari berada di rumah.

Serta tujuan dari pengembunan ini juga salah satunya untuk membuat burung lebih cepat beradaptasi secara cepat dengan linkungan sekitarnya serta dengan pemilik yang andil merawatnya.

4. Pemandian

Pemandian yang diberikan jangan setiap hari, minimal 3 hari sekali saja, jangan setiap hari memandikan burung yang memiliki tubuh yang kecil mungil serta terlhiat ringkih ini, dikarenakan takut mudah terserang penyakit dan kedinginan nantinya.

Baca selengkapnya :  Mitos Burung Jalak Putih (Harga Dan Suara)

5. Penjemuran

Penjemuran yang bagus dilakukan setiap hari dari pukul 8 pagi sampai denagn 10 siang, sekitar 2 – 3 jam dalam sehari durasi penjemuran yang maksimalnya. Agar burung lebih sehat, gesit, bergairah dalam bergerak dan berkicau setiap harinya.

Harga Prenjak Lumut

Harga jual memang bukanlah hal yang utama, jika dinilai oleh para penghobi kicau mania sejati, yang penting memiliki kualitas terbaik itu yang diharapkan dan menjadi parameter pertama dalam memilih jenis burung ocehan jenis apapun, masalah harga di nomor duakanlah ya temen-temen.

Untuk burung bahan tangkapan hutan burung prejak lumut ini cukup relatif sangat murah, dengan kisaran harga sekitar 30 ribuan sampai 150 ribu rupiah perekornya yang disesuaikan dengan bentuk fisik, jenis kelamin hingga kegacorannya yang masuk kategori burung yang memiliki suara yang merdu.

Prenjak Lumut Gacor Suara Keras

Keistimewaan dari burung prenjak lumut ini juga memiliki suara yang sangat keras dan melengking walaupun memiliki postur tubuh yang relatif kecil, dan banyak orang yang tidak menyangkanya. Burung kecil memiliki volume san suara yang sangat kuat dan nyaring didengarkannya.

Baca juga artikel terkait : Suara Burung Prenjak Betina

Tidak itu saja, dari kelebihan suara yang dimilikinya juga tidak sedikit para hobiis kicau yang memburu burung prenjak lumut ini untuk dipelihara dengan baik sampai gacor dengan maksud dijadikan sebagai burung isian atau masteran burung ocehan lainnya.