Cara Ternak Burung Cucak Ijo

Diposting pada

Burung satu ini memiliki memiliki warna elegan yang khas dan juga suara yang indah dan sangat digandrungi oleh para pecinta burung. Selain sangat prospek jika diikut sertakan dalam sebuah perlombaan, burung cucak ijo juga memiliki prospek yang bagus dalam menghasilkan uang mengingat peminatnya yang sangat banyak. Meskipun begitu, cara ternak burung cucak ijo juga sedikit sulit.

Harga dari jenis burung cucak ijo sendiri tergolong cukup mahal. Tetapi bagi anda penghobi yang sangat menggemari burung ini tak perlu khawatir karena sudah banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih hanya untuk mendapatkan burung berwarna hijau satu ini.

Agar ternak atau penangkaran yang kamu lakukan sukses, yuk simak beberapa cara dalam ternak burung cucak ijo agar cepat berhasil dengan baik dan mudah.

Trik mudah untuk menangkar burung cucak ijo agar cepat sukses


Tips Menjodohkan Cucak Hijau

Dalam beternak burung cucak hijau, penjodohan adalah proses penting yang harus dilalui. Untuk menjodohkan burung cucak ijo tingkat kesulitan yang akan dihadapi akan lebih tinggi daripada menjodohkan burung lainnya.

Karena burung cucak ijo sendiri memiliki sifat fighter yang suka menandai daerah kekuasaan. Jadi burung ini tidak mudah akur dengan burung lainnya.

ternak-burung-cucak-ijo

Tips ternak burung cucak ijo yang harus kamu ketahui dalam proses penjodohan jantan dan betina adalah jangan langsung taruh 2 burung tersebut ke dalam satu sangkar. Taruh betina dan jantan di sangkar yang berbeda tetapi dalam posisi yang sangat dekat atau berdekatan dan jauhkan dari burung” lainnya. Dengan cara ini bertujuan untuk tahap pengenalan terlebih dahulu antara sesama indukan yang ingin dijodohkan.

Baca selengkapnya :  Suara Burung Jalak Kebo Masteran Ampuh Burung Macet Bunyi

Proses pengenalan burung ini memang cukup memakan waktu kurang lebih antara 3 sampai dengan 1 minggu tergantung dari cocoknya burung yang ingin dijodohkan, dan perlu dipantau terus setiap harinya, tunggulah sampai dua burung tersebut terlihat tidak begitu mengeluarkan reaksi yang berlebihan. Dari kedua indukan boleh di campur dan disatukan dalam sangkar ketika burung tidak bertingkah agresif.

Pakan Harian Yang Harus Diberikan

Pakan merupakan komponen yang paling penting dalam memelihara atau merawat sebuah burung. Saalah memberi makan bisa jadi burung tidak dalam kondisi yang kurang fiit dan berakibat pada tidak berjalannya penjodohan karena burung tidak memiliki kualitas yang baik.

kamu harus memberikan pakan yang berkualitas seperti voer, serangga, cacing, ulat, sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga jangan lupa untuk memberikan vitamin tambahan. Dengan rutin memberikan makan dan porsi yang cukup, burung cucak ijo akan merasa lebi senang dan aktif dalam berkicau.

Perawatan Burung Cucak Ijo

Menjaga kesehatan bagi indukan memang hal penting yang harus dilakukan, tentunya dalam memberikan mandi secara teratur di setiap harinya, agar burung selalu segar dan bugar. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan kolam kecil yang terbuat dari kaleng bekas sebagai wadah atau tempat untuk mandi bagi burung cucak ijo.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan suhu ruangan dari lingkungan cucak hijau. Pastikan lingkungannya tidak terlalu tertutup agar burung tidak mudah stress.

Saat masa sudah dijodohkan dan mengalami masa pengeraman telur, tempatkan indukandan anakan di tempat yang tidak terlalu ramai dan juah dari gangguan binatang lain. Proses pengeraman sendiri biasanya memakan waktu sekitar 2 minggu saja.

Saat dalam masa pengeraman, jangan berikan Extra Fooding karena dapat membuat burung lebih agresif dan hal tersebut sangat tidak baik bagi indukan cucak ijo.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Murai Mabung Agar Cepat Tuntas

burung-cucak-ijo

Saat melakukan ternak burung cucak ijo, kamu bisa melakukan pelolohan kepada anakan ketika usia cucak ijo mencapai 5-10 hari dengan menggunakan pakan beruapa voor yang dihaluskan dan dicampur dengan sedikit ari hangat agar voor mudah ditelan.

Setelah memasuki usia 2 sampai 3 minggu, kamu sudah bisa memberikan pakan berupa jangkrik atau serangga lain agar anakan bisa lebih terjaga kondisinya.

Itu adalah beberapa tips mengenai cara mudah dalam ternak burung berwarna hijau satu ini. Cara tersebut tidak pakem dan setiap orang memiliki pemahamannya sendiri.

Jangan lupa untuk terus memperhatikan keadaan burung cucak ijo agar tetap fit dan sehat. Karena orang pasti membeli burung dengan memperhatikan kesehatannya terlebih dahulu.