Ternak Burung Mantenan

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Ternak Burung Mantenan – Masih dengan informasi tentang beternak burung kali ini burung mantenan yang juga belum banyak pelaku usaha ternaknya. meskipun tak sepopuler lovebird nyatanya

mantenan juga tengah menjadi incaran teman-teman pecinta kicau semua. Mantenan memiliki panjang tubuh sedang sekitar 19 cm. dia merupakan burung pemakan serangga kecil dan ulat disekitarnya.

Ciri burung mantenan jantan ialah memiliki buru dada berwarna jingga atau oranye dan dibagian perutnya berwarna kuning ke oranyean sedangkan dibagian kepala, punggung sampai ke ekor berwarna abu-abu kehitaman.

untuk yang berkelamin betina warnanya berbeda didominasi dengan bulu berwarna abu-abu dan dibagian perut serta sayapnya ada corak atau kombinasi warna kuning ke oranyean.

Burung mantenan ini banyak ditemukan di negara-negara asia tenggara seperti Thailand, Vietnam, Filipina dan termasuk Indonesia. Di negara kita banyak ditemukan diwilayah Kalimantan, Bali,

Lombok, Jawa sampai ke Sumatra. memang belum banyak yang menangkar burung ini kemungkinan karena populasinya dirasa masih aman di alam tetapi kalau terus-menerus ditangkap bukan mustahil

dia akan punah disuatu hari nanti. nah bagi kalian yang tertarik untuk menangkar atau usaha ternak burung mantenan ini berikut apa-apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan.

harga-burung-mantenan

Cara Beternak Burung Mantenan


1. Mempersiapkan Kandang

Bahan yang digunakan untuk membuat kandang biasanya kayu yang kuat atau juga dari ram kawat biasanya berbentuk kotak. kandang dibuat berbeda-beda berdasarkan fungsi dan kegunaannya sebagai berikut :

Kandang Reproduksi : sebagai tempat reproduksi atau kawinnya mantenan jantan dan betina, tak hanya itu kandang ini juga diisi sarang untuk burungnya meletakkan telur-telurnya nanti

Baca selengkapnya :  Teknik Gampang Ternak Burung Parkit Supaya Cepat Bertelur

yang akan dierami sampai menetas. sehingga kalian harus meletakkannya ditempat yang nyaman serta meletakkan perlengkapan seperti cepuk makan dan minum yang lebih besar karena akan dihuni sepasang burung. ukuran kandang sekitar 60 cm X 60 cm dengan tinggi juga 60 cm atau dibuat sesuai kebutuhan kalau membuat sendiri.

Kandang Pembesaran : ini menjadi tempat membesarkan anakan burung mantenan yang sudah bisa dipisah dari indukannya untuk kita loloh biasanya berusia 1 minggu dilengkapi dengan penghangat atau lampu pijar yang besar.

Besar kandang ini memang sesuai dengan kebutuhan tergantung jumlah anakan yang akan menghuninya nanti. selain itu diberi alas yang nyaman karena anakan burung belum memiliki bulu pastinya.

Kandang pendewasaan : setelah besar sekitar 1 bulan burung tadi dipindahkan kekandang ini untuk dilatih makan sendiri biasanya dihuni maksimal 2 burung saja.

mitos-burung-mantenan

2. Menyediakan Makanan dan Vitamin

Karena mantenan merupakan burung pemakan serangga jadi sebagai makanan utamanya voer bisa seperti yang biasanya dimakan bisa juga voer khusus burung breeding yang banyak dijual dipasaran.

Untuk tambahan makanan harus lebih banyak dari biasanya porsinya karena memang masa ini burung sangat memerlukan tambahan asupan makanan seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong dan juga tambahan multivitamin

supaya siburung tetap berada dalam keadaan fit. boleh saja menambahkan buah seperti pisang dan pepaya kalau dia suka terkadang ada juga mantenan yang suka makan buah soalnya.

3. Memilih Indukan Mantenan

Selanjutnya pilih mantenan jantan dan betina yang sudah siap kawin yang bagus. seperti apa dimana dia tidak memiliki cacat fisik dan juga mentalnya dia juga tidak terinfeksi penyakit lain.

Memiliki nafsu makan yang baik dan juga gerakannya lincah hal ini akan menghasilkan anakan yang sehat dan bekualitas pula jadi kalian harus pintar-pintar memilih indukan ya teman-teman.

Baca selengkapnya :  Cara Mencetak Lovebird Violet Dengan Mudah

4. Proses Reproduksi

Dekatkan burung jantan dan betina yang masih dikandang terpisah sampai mereka menunjukan ketertarikan yang menandakan keduanya siap dijodohkan. untuk tanda ini biasanya 3 hari atau maksimal 7 hari.

Jika sudah mengeluarkan tanda kalian langsung bisa memasukannya ke kandang reproduksi dan perkawinan akan berlangsung selama 7 sampai 10 hari sampai akhirnya burung akan membuat sarangnya yang menandakan sudah isi.

Biasanya telur akan keluar dari ibunya kurang lebih 15 hari dan akan menetas di durasi 1 bulan. setelah itu biarkan seminggu bersama indukannya sampai akhirnya anakan dipisah dari indukannya. lalu pisah indukan dikandang yang berbeda dan rawat seprti biasa sampai nantinya akan siap dikawinkan kembali.

baca juga : cara perawatan burung mantenan

anakan-burung-mantenan

Teman-teman kicau itulah tadi rangkaian dari ternak burung mantenan yang sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi kalau tidak dilakukan dengan benar maka akan gagal tidak membuahkan hasil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua dan kami ucapkan banyak terimakasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari