ternak-burung-pleci

Cara Mudah Ternak Burung Pleci

Hampir semua jenis burung atau unggas ternyata bisa di budidayakan atau dengan kata lain di ternakkan. Maka dari itu, hingga detik ini kalian pasti banyak menemukan masyarakat yang melakukan penangkaran apalagi seperti burung kicau.

Salah satu yang akan dibahas dibawah ini adalah mengenai cara mudah untuk kalian para pemula dapat melakukan ternak burung pleci. Yuk simak cara ternak mudah dan menyenangkan dibawah ini.

Trik sederhana agar budidaya burung kacamata cepat sukses


Kandang Ternak

Langkah awal jika kamu memang berkeinginan bulat untuk melakukan ternak akan salah satu burung, wajib untuk kamu mempersiapkan kandang terlebih dahulu. Burung pleci adalah jenis uanggas terbang yang tidak besar, jadi tidak perlu lagi untuk membeli bahkan membuat kandang yang terlalu besar dan memakan tempat loh people.

Tentunya jangan lupa untuk menyiapkan spot untuk nantinya dijadikan sebagai tempat minum dan juga makan people.

Pembuatan sarang juga butuh kamu persiapkan loh people. Sarang bisa kamu pilih sendiri, apakah kamu menginginkan sarang buatan ataukan dengan sarang yang bisa kamu beli dari toko nih people.

Serta pastikan tempat kandang yang strategis dan mudah untuk kamu akses nantinya. Pemudahan akses ini bisa berdampak pada waktu dimana kamu akan memberi makan dan minum serta pembersihan dari kandang ternak burung pleci.

pleci-koloni

Indunakan yang Harus Dipilah

Pemilihan atas indukan juga harus kamu perhatikan loh people. Karena dengan kamu memelihara ataupun men-ternak indukan burung pleci yang bagus akan diharapkan bahwa anakan dan keturunannya pun ikut bagus seperti sang indukan. Indukan yang bagus dan juga berkualitas bisa kamu jadikan sebagai patokan dengan burung pleci yang bebas dari virus, sehat, dan harus bebas dari doping tentunya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor

Untuk mengidentifikasi apakah burung calon indukan anda sehat atau tidak bisa dengan cara berikut, warna pada bulu burung pleci terliaht lebih cerah.

Indukan betina paling tidak kamu harus mencari indukan dengan umur kurang lebih 1 tahun, fisik yang tentunya sehat serta jinak, menghasilkan suara yang merdu dan juga keras. Saat memasuki usia 1 tahun, pleci biasanya sudah jinak dan birahi yang stabil.

Penjodohan Pleci

Penjodohan dalam dunia per-burungan atau pun per-unggasan bisa dilakukand engan cara mudah dan juga sama seperti pada umumnya para ternak burung pleci lainnya. Langkah awal yang bisa kamu lakukan tentunya dengan mendekatkan kedua burung pleci yang akan kalian jodohkan nih people.

Untuk lamanya dilakukan mendekatkann kedua indukan siap kawin ini bisa kurang lebih sekitar satu hingga dua minggu.

burung-pleci

Pada saat telah sampai pada hari ke lima kamu bisa menarik kandang ataupun burung pleci ini menjadi sedikit lebih berjauhan nih people. Salah satu upaya ini dilakukan supaya burung tersebut saling menarik perhatian atau pun melihat satu sama lain dari kandang masing2 nih people.

Dalam melakukan penarikan, kamu juga harus memperkirakan jaraknya loh people. Karena kamu pastinya tidak ingin membuatnya ternak burung pleci kamu gagal atau gagal kawin. Jika gelagat dari burung pleci ini sudah terlihat seperti saling memanggil dengan lantang artinya perjodohan yang sudah kamu lakukan berhasil nih people.

Itu adalah bebrapa tips yang bisa kamu lakukan dalam melakukan ternak bruung kicau jenis pleci people. Untuk kalian para pemula cobalah untuk melakukan peternakan burung pleci. Usaha satu ini juga membutuhkan modal dan persiapan yang cukup matang.

Serta yang harus di garis bawahi untuk kalian adalah kesabaran yang ekstra karena membutuhkan waktu yang lumayan panjang people. Demikian info yang dapat kami berikan berdasarkan pengalaman kami, semoga bermanfaat, sukses selalu, semoga berhasil dan Selamat mencoba.