ternak-lovebird

Rahasia Sukses Ternak Lovebird

Lovebird merupakan salah satu jenis burung berkacamata yang cukup banyak diminati para pecinta burung. Dinamakan burung lovebird karena burung ini baru akan berpisah dengan pasangannya ketika salah satunya sudah mati.

Harganya yang cukup mahal menyebabkan burung ini mulai banyak diternakkan. Bagi anda yang berencana untuk mengembang biakkan burung ini, pastinya membutuhkan informasinya mengenai bagaimana cara ternak lovebird. Berikut ini ulasannya.

Tips Ternak Burung Lovebird bagi Pemula


1. Menyiapkan kandang

Hal pertama yang harus dilakukan ketika berencana untuk berternak burung ini adalah menyiapkan kandang terlebih dahulu dari jenis besi. Adapun ukuran kandang yang dibutuhkan yaitu memiliki panjang 50 cm, lebar 50 cm serta tinggi 50 cm.

budidaya-lovebird

Kandang ini digunakan untuk menjodohkan antara burung jantan dan burung betina. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan kandang dengan ukuran panjang 25 cm, lebar 20 cm dan tinggi 25 cm untuk tempat bertelur burung betina.

2. Memilih Bakal Indukan

Setelah menyiapkan, kandang maka langkah selanjutnya andalah memilih sepasang burung lovebird. Usahakan untuk tidak salah memilih karena burung jantan dan betina hampir sama.

indukan-lovebird

Setelah mendapatkan sepasang burung ini, maka cara ternak lovebird selanjutnya adalah menempatkannya di dalam sangkar yang sama. Jika dalam seminggu, burung tersebut sudah bertelur maka bisa dipastikan keduanya berbeda jenis kelamin.

3. Melakukan penjodohan

Selanjutnya setelah dipastikan kedua burung berbeda jenis kelamin, maka anda harus melakukan penjodohan. Hal ini harus dilakukan secara bertahap yaitu dengan sering dijajarkan dengan jarak yang cukup dekat, kemudian lama kelamaan jaraknya semakin didekatkan hingga akhrinya kurungnya dirapatkan.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Lovebird Parblue Beserta Harganya

penjodohan-lovebird

Jika indukan sudah terlihat akur, dan sudah saling mengenali dan terbiasa, kondisi yang tenang terkadang saat istirahat keduanya tidur saling berdempetan, bisa diyakini kedua indukan ini berhasil berjodoh dan dapat disatukan didalam kandang ternak.

4. Burung Betina Mulai Bertelur

Pada saat burung betina mulai bertelur, maka anda perlu menyiapkan glodok di kandang bertelur untuk menyimpan telur telur tersebut. Hal ini dikarenakan untuk memberikan kesan agar seakan akan burung bertelur di habitat aslinya.

Anda bisa menggunakan ranting daun maupun kulit jagung yang sudah kering sebagai sarang untuk bertelur. Biasanya, saat ternak lovebird ini, burung betina menghasilkan telur mulai 4 hingga 6 butir dalam sekali bertelur.

Baca juga artikel tentang burung lovebird

5. Proses Pengeraman Dan Perawatan Anakan

Burung lovebird biasanya membutuhkan waktu sekitar 21 hingga 23 hari untuk melakukan proses pengeraman. Setelah itu, telur akan mulai menetas dalam waktu kurang lebih 24 jam.

Setelah telur telur tersebut menetas, maka sebaiknya anda memisahkan anakan dari induknya. Hal ini bertujuan agar anakan burung bisa lebih jinak dengan pemiliknya serta anakan tersebut lebih mandari dan produktif.

Pada masa ini, anda perlu melakukan perawatan dengan memberikan pakan anakan. Untuk usia tersebut, sebaiknya berikan pakan berupa bubur instan yang dicampurkan dengan air hangat.

Pakan untuk ternak lovebird diberikan dengan cara melolohkan setiap 4 jam sekali. Pastikan bahwa makanan yang diberikan memiliki nutrisi yang cukup sehingga burung ini bisa cepat besar dan tidak mudah sakit. Anda juga perlu mengajaknya sesekali untuk bermain, agar burung ini semakin jinak.

gambar-ternak-lovebird

Sebeneranya merawat burung lovebird untuk ternak tidak jauh berbeda dengan burung yang lain. Ternak burung lovebird tergolong mudah dan bisa dilakukan bagi para pemula. Mungkin yang cukup sulit adalah ketika merawat anakan burung lovebird.

Dimana anda harus memberikan makanan secara rutin dengan melolohkannya. Namun, setelah sudah mulai besar dan sudah bisa makan sendiri, anda tinggal melatihnya agar bisa cepat gacor dan memiliki kicauan yang merdu.

Jika anda melakukan proses ternak lovebird ini dengan benar sesuai tahapan yang dijelaskan diatas, harapan besar pasti akan berhasil untuk mencetak anakan lovebird sesuai dengan harapan anda. Semoga bermanfaat.