Mengenal Ciri Burung Tledekan Laut (Perawatan Dan Harga)

Diposting pada

Ada banyak sekali jenis hewan yang bisa dijadikan peliharaan di rumah anda. Selain kucing, anjing, dan juga ikan anda bisa merawat burung tledekan. Burung kicau tledakan dapat dijumpai di negara yang mengalami musim dingin.

Kicau burung yang merdu membuat sebagain orang jatuh cinta dan ingin dijadikan sebagai hewan peliharaan. Mari simak ulasan ciri dan cara perawatan burunng tledekan laut berikut.

Memahami karakter tledekan laut yang harus anda ketahui


Ciri Umum Burung Tledekan

Ada beberapa ciri yang dimiliki oleh burung yang membedakan antara satu burung dengan burung lainya. Ciri yang dimiliki adalah ukruan tubuh yang hanya berkisar antara 15 hingga 17 cm dengan berat berkisar 25 gram saja.

Dengan ukuran ini, tledekan adalah salah satu jenis burung sedangan yang memiliki suara kicau yang bagus. Selain itu juga corak pada tubuh burung terbilang cerah namun tetap bervariasi.

Cara mengenali burung ini adalah dari dari bentuk tubuh yang tampak lebih besar. Tubuh burung sangat proposional karena memiliki ekor yang lebar. Paruh burung pun terbilang tebal dengan ukuran sedang, sementara warna dari paruh burung ini adalah hitam pekat.

Selain paruh yang berwarna hitam pekat, mata burung tledekan laut ini juga sangat hitam pekat dengan bulu warna hitam yang ada disekitar mata.

Burung ini juga memiliki warna hitam pada bagian kakinya yang berukuran sedang dan lengkap dengan kuku yang tajam. Ciri khas lain dari burung ini adalah suaranya yang cukup nyaring dan tidak begitu tinggi. Volume dai burung ini terbilang tidak begitu tinggi. Semantara irama dari kicauan burung pun terbilang sedang. Namun buny dari burung ini sedikit cepat.

Baca selengkapnya :  Ciri Burung Murai Batu Aceh

Cara Merawat Yang Tepat

Perawatan burung ini pun terbilang mudah dan hampir sama dengan perawatan burung pada umumnya. Agar menghasilkan suara yang bagus, maka cobalah memberikan beberapa perawatan khusus yang tepat dan juga konsisten.

gambar-burung-tledekan-laut

Perawatan ini meliputi pengembunan, mandi, penjemuran dan juga pemberian pakan. Anda bisa memberikan ektra fooding berupa voer yang mengandung protein tinggi.

Berikan makan burung dengan jangkrik dengan porsi 5 setiap pagi atau sore. Selain itu juga berikan kroto segar yang diberikan seminggu 2 sampai 3 kali. Berikan pula ulat hongkong saat cuaca dingin untuk membantu mempercepat rontoknya bulu bulu lama dari burung teledekan. Agar tledekan laut bisa cepat negplong tambahkan kecebong, ikan ikan kecil dan juga udang kecil.

Harga dari Burung Tledekan di Pasaran

Banyak pecinta burung yang sangat menyukai burung tledekan karena memiliki pesona corak yang bagus dan suara yang mempesona. Harga dari burung ini pun masih dikatakan bersahabat dengan kantong di kalangan masayarakat menengah kebawah yang ingin merawat burung ini.

Harga yang ditawarkan dari setiap jenis ini bereda beda. Meskipun begitu, hara setiap jenisnya tidak jauh berbeda. Ada beragam varian harga yang ditawarkan yang berkisar dari harga 50 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah. Kisaran harga ini tentu disesuiakna dengan vvarian burung yang dipilih. Semakin bagus kualitas burung tledekan laut, semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Namun jika anda membeli burung dewasa dan sudah full gacor, harganya pun akan terbilang lebih mahal dan juga tinggi dibandingkan dengan burung biasa.  Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri dan juga harga dari burung tledekan.

Anda bisa mendapatkan burung ini di pasar burung terdekat anda. Hal ini karena burung masih mudah untuk ditemukan karena sudah tersebar luas di beberapa daerah. Lakukan perawatan yang baik pada burung sehingga burung memiliki kualitas gacor yang tidak terkalahkan.