9 Alasan Induk Kucing Memakan Anaknya Setelah Melahirkan

9 Alasan Induk Kucing Memakan Anaknya Setelah Melahirkan – Sobat pecinta kucing dimanapun kalian berada, Seekor indukan kucing sangat menyayangi anak-anaknya sehingga dia akan selalu melindunginya ketika ada bahaya mengancam.

Bahkan para ibu kucing ini akan mencari makanan untuk memberi asupan terbaik bagi anak-anak kucing yang telah dia lahirkan. Namun sobat, tahukah kalian tak jarang kejadian dimana para induk kucing ini memakan anaknya sendiri

yang baru dia lahirkan, Loh mengapa demikian? apa saja yang menjadi faktor penyebab yang mengebabkan si ibu memakan anaknya sendiri? Nah di artikel ini ada beberapa faktor yang mendorong untuk pada ibu memakan anaknya sendiri.

9 alasan induk kucing memakan anaknya setelah melahirkan

Inilah 9 Alasan Induk Kucing Memakan Anaknya Setelah Melahirkan

1. Anak Kucing Memiliki Cacat lahir, Lahir Mati atau Sakit

Pertama yang menjadi salah satu faktor pendorong si induk kucing untuk memakan anak-anaknya sendiri ketika mereka lahir dalam keadaan mati mati, sakit, serta mengidap cacat sejak mereka dilahirkan. Akan tetapi, ada juga indukan yang tidak

memakannya namun benar-benar mengabaikan bahkan membuangnya. Ada kasus di mana induk kucing akan mengeluarkan anak kucing yang sakit dari kelompok mereka dan meninggalkan anak kucing itu di tempat lain.

2. Induk Kucing Stress

Faktor selanjutnya ialah ketika Induk kucing sangat rentan terhadap stres dan kecemasan sebelum dan sesudah melahirkan anak-anaknya dan sebagian besar waktu itu karena faktor lingkungan. Stresor lingkungan ini mungkin termasuk suara keras,

terlalu banyak lalu lintas pejalan kaki di ruangan tempat dia tinggal yang membuatnya tidak merasa tenang dan nyaman hal ini menjadi pemicu, dan manipulasi atau penanganan anak kucing yang terlalu cepat.

3. Anaknya Telah Mati

Biasanya, ibu kucing akan memakan anaknya yang telah mati agar tidak menularkan virus dan bakteri penyakit ke anak-anaknya yang lain. Supaya menyelamatkan anak-anaknya dengan terpaksa sang induk memakan anaknya demi menyelamatkan anak yang lain.

4. Sang Induk Kekurangan Gizi

Alasan yang keempat dimana Induk kucing yang kekurangan gizi mungkin secara naluriah memakan satu atau lebih anak kucing untuk memenuhi nutrisi dan makanan yang dia butuhkan. Hal ini tentunya dapat dicegah dengan memastikan bahwa induk kucing kamu diberi makan dengan baik dan memiliki pola makan yang tepat untuk dapat memberi makan anaknya dengan baik.

5. Melahirkan saat Terlalu Muda

Kucing yang masih terlalu muda untuk melahirkan anak kucing biasanya akan mengalami stres cukup serius. Hormon indukan atau naluri keibuan pada kucing yang terlalu muda belum datang, sehingga si kucing lebih memilih memakan anaknya karena kebingungan. Selain itu, suara anak kucing juga akan membangkitkan naluri berburu induk kucing yang terlalu muda.

6. Induk Menderita Mastitis Kucing

Feline mastitis adalah kondisi medis yang cenderung diderita induk kucing setelah melahirkan. Kelenjar susu induk kucing terinfeksi dan ini bisa mengancam nyawa bayinya karena infeksi dapat ditularkan kepada mereka selama menyusui.

Karena rasa sakit yang hebat, induk kucing mungkin mengabaikan anaknya atau bahkan memakannya. Untuk mencegah induk kucing memakan anaknya, sebaiknya pisahkan mereka untuk sementara waktu dan konsultasikan dengan dokter hewan mengenai pengobatan dan perawatan yang tepat untuk kondisi kucing tersebut.

7. Jika Dia Tidak Mengenali Anaknya

Ini agak jarang, tetapi ada beberapa kasus ketika induk kucing tidak bisa mengenali anaknya sama sekali dan bahkan bisa menganggapnya sebagai mangsa. Penyebab umum mungkin karena dia melahirkan melalui operasi caesar atau karena manipulasi berlebihan, di mana manusia sering menyentuh dan menggendong anak kucing yang baru lahir.

Ketika induk kucing yang melahirkan anaknya melalui proses operasi caesar, sehingga hormon terkait kelahiran tidak keluar secara alami hal ini dapat membingungkan induk kucing sehingga ia akan memakan anaknya.

Jadi, kamu dan anggota keluargamu tidak boleh menyentuh anak kucing yang baru lahir karena bisa membuat induk kucing gagal mengenali aroma anak-anaknya. jadi ingat ya sobat pecinta kucing jangan sembarangan meskipun kalian sangat exited sekali tentunya.

8. Anak Kucing dalam Bahaya

Induk kucing sangat posesif di minggu pertama setelah melahirkan, mereka perlu waktu untuk menyendiri. Ketika ada manusia mendekati tempat persembunyiannya, induk kucing akan segera memindahkan anaknya. Bila proses pemindahan terlalu sulit, induk kucing berpotensi memakan anak-anaknya terutama di alam liar.

Di alam liar, kucing menghadapi bahaya dari predator yang menganggap anaknya sebagai mangsa yang mudah. Pada akhirnya, induk akan memakan anak kucing untuk mengurangi stres ketika merasa tidak aman.

9. Melahirkan Terlalu Banyak Anak

Saat terlalu banyak melahirkan anak kucing dan tidak sanggup mengasuhnya, kemungkinan besar induk kucing akan memakan anaknya daripada ada anaknya yang terlantar dan tidak diurus. Namun, induk kucing tidak akan asal memakan anaknya. Ia akan memilih anak yang paling lemah.

Setelah mengetahui 9 alasan induk kucing memakan anaknya setelah melahirkan tentunya kita mendapatkan pengetahuan baru. Sehingga saat kita merawat kucing betina peliharaan yang baru saja melahirkan kalian juga harus berhati-hati yah sobat.

Related Posts
Inilah Cara Merawat Kucing Anggora Terbaik
cara merawat kucing anggora terbaik

Inilah Cara Merawat Kucing Anggora Terbaik - Hai teman-teman memelihara kucing saat ini sedang populer di kalangan masyarakat kita bukan Read more

Zombie Retreat Mod Apk Latest Version 2023
Zombie Retreat Mod Apk

Zombie Retreat Mod Apk - Permainan peran selalu menyenangkan bagi semua pemain, dan judul seperti Stardew Valley telah mengembalikannya ke Read more