Burung Betet

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Burung Betet – Memiliki bahasa inggris red breasted parakeet, disebagian masyarakat juga dikenal dengan burung ekek mungkin ini karena suaranya khas yang dimiliki burung paruh bengkok.

Tercatat ada 328 jenis burung paruh bengkok diantaranya nuri, betet, lovebird, parkit dan masih banyak yang lainnya. dia hidup di hutan terpencil dengan membentuk kelompok yang lumayan besar.

Betet banyak ditemukan di bagian asia tenggara seperti Thailand selatan dan Indonesia juga tetapi tidak terdapat di semenanjung malaya dan juga sumatra. Dinegara kita ini banyak ditemukan di pulau jawa dan bali.

Selain memiliki suara yang nyaring dia juga memiliki bulu yang didominasi dengan warna hijau. kalau kalian semakin penasaran untuk mengenal burung betet ini lebih jauh yuk baca artikelnya sampai habis.

harga-burung-betet

Mengenal Jenis Burung Betet

Ciri – Ciri Burung Betet

1. Memiliki ekor yang panjang dan ukuran tubuh yang sedang dengan panjang tubuh sekitar 40 cm.
2. Pada bagian dada bulunya berwarna hijau. Untuk yang berkelamin jantan bagian atas kepala atau mahkotanya berwarna hijau.
3. Samping kepalanya berwarna merah, ada corak hitam tebal seperti kumis. bagian punggungnya berwarna biru dan sayapnya kebiruan.
4. Diujung ekor panjangnya berwarna kuning.

Pada betet biasa bagian tubuh bawahnya berwarna hijau kepala merah dengan iris berwarna kuning kehijauan, paruhnya berwarna merah dibagian ujung kelapanya seperti tanduk dengan kaki berwarna abu-abu.

Makanan Burung Betet

Secara alamiah betet merupakan burung pemakan biji-bijian, buah-buahan, tunas pepaya atau kembang kates itu sampai ke nektar bunga juga dengan keterangan sebagai berikut :

Baca selengkapnya :  4 Jenis Burung Puyuh Terpopuler Di Dunia

Biji-bijian : karena memang burung paruh bengkok merupakan pemakan bijian betet bisa diberi kacang hijau, jagung kering yang ukurannya kecil atau juga biji bunga matahari yang bagus sekali antioksidan nya untuk burung.

Buah-buahan : Selain bijian betet juga menyukai buah seperti pepaya dan pisang yang umum diberikan. pisangnya bisa kepok atau bisa juga ambon yang rasanya manis dengan tingkat kematangan yang pas.

Begitu juga dengan pepaya harus yang manis dan sudah matang supaya tekstur daging buahnya pas tidak terlalu keras atau tidak terlalu lembek ada juga buah kiwi atau apel hanya saja harganya cukup mahal jadi boleh diberi sesekali saja.

Tunas Pepaya : kalau kalian tidak tahu apa itu tunas pepaya, nama familiar lainnya ialah kembang kates yang sering kita sayur itu ternyata juga sangat disukai oleh burung nuri meskipun rasanya agak pahit.

burung-betet-sumatra

Kekurangan dan Tips Merawat Betet

Bulu betet mudah sekali rontok apabila terserang hama kutu jadi kalian harus rutin menjaga kebersihannya mulai dari kandangnya makanannya sampai ke bulunya juga mandikan pakai shampo minimal 2 kali seminggu.

Betet apabila terjangkit suatu penyakit yang cukup parah akan sulit untuk di sembuhkan jadi perawatan harian jangan sampai terganggu ya teman-teman kicau semua.

Untuk kandang sendiri biasanya betet memerlukan kandang yang agak lumayan besar karena dia sangat senang bergerak meskipun dalam perawatan di dalam kandang. memang dia termasuk burung yang agresif.

Bagaimana teman-teman kicau apakah kalian tertarik untuk memelihara burung betet ini ? setelah memilikinya rawatlah dengan baik dan benar karena itu menjadi tanggung jawab kita setelah memutuskan untuk memeliharanya.

Terimakasih banyak sudah membaca artikel kami semoga ini dapat bermanfaat menambah pengetahuan kita semua dalam mengenali jenis-jenis satwa pengicau di seluluh dunia ini.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari