Burung Punai

Diposting pada
Rate this post

Burung Punai – Si cantik dan menarik yang menjadi penghuni dari semak belukar, burung yang satu ini sangat unik karena memiliki warna bulu persis seperti daun muda yang warnanya hijau dan jenis ini disebut

punai daun, dia sangat menyukai hidup ditempat yang lembab dan juga ditempat pepohonan yang banyak buahnya karena dia suka memakan bijian dan buah-buahan yang berukuran kecil.

Dia masih satu keluarga dengan burung merpati tetapi ukuran tubuh dari merpati lebih besar daripada burung punai. Perbedaan antara yang berkelamin jantan dan betina sangat terlihat karena bukan termasuk

monomorfik, dimana warna dominan bulunya berwarna hijau merupakan punai berkelamin betina sedangkan untuk yang berkelamin jantan sudah sangat jelas terlihat dibagian lehernya bulunya berwarna gading.

Dia hidup secara kelompok dan juga berpasang-pasangan. Sarangnya tentunya tidak jauh dari tempat dia mencari makan, kesetiaan pada pejantan dan betina terlihat dari keduanya akan menjaga telur-telurnya

secara bergantian. jadi kalau betina mencari makan sedangkan yang jantan akan menunggui sarangnya begitupun sebaliknya ketika jantan mencari makan maka betinanya sedang mengerami telurnya.

Bagi kalian yang mulai penasaran dengan burung ini mari kita akan ulik informasi selengkapnya untuk mengenal burung punai lebih jauh langsung saja artikelnya tersaji dibawah ini.

mitos-burung-punai

Mengenal Lebih Jauh Burung Punai

Jenis – Jenis Burung Punai

Ada sebanyak 13 jenis burung punai yang tersebar di beberapa wilayah ada yang di Indonesia dan ada juga yang ditemukan diluar indonesia dan berikut diantaranya :

Baca selengkapnya :  Model Tangkringan Sesuai Gaya Main Burung Kacer

1. Punai Gading
2. Punai Lengguak
3. Punai Kecil
4. Punai Afrika atau African Green Pigeon
5. Punai Besar
6. Punai Timor
7. Punai Penganten
8. Punai Bakau
9. Punai Salung
10. Punai gagak
11. Punai Madagascar atau Madagascar green pigeon
12. Punai Sumba
13. Punai Flores

Sebenarnya masih ada beberapa jenis lagi yang banyak ditemukan di luar wilayah Indonesia dan dari list diatas rata-rata banyak sekali ditemukan dan merupakan burung endemik Indonesia.

makanan-burung-punai

Makanan Burung Punai

Secara umum dia merupakan burung pemakan biji-bijian, namun dialam bebasnya dia sangat menyukai buah-buahan kecil yang dapat ditemui disekitarnya dan juga dia menyukai bijian dari buah tersebut.

Namun dalam peliharaan atau dalam penangkaran biasanya punai juga diberikan voer atau juga pelet sebagai tambahan asupan makanan hariannya dan juga untuk memenuhi kebutuhan proteinnya karena dia tidak memakan serangga.

Perawatan Harian Punai

Untuk perawatan harian punai hampir mirip dengan perawatan merpati atau burung dara dimana dia harus kita mandikan setiap hari supaya bulu-bulunya bersih dan terjaga kesehatannya dari kuman dan virus yang akan menyerangnya.

Pemberian makanan harus bervariasi supaya dia tidak bosan dan juga harus cukup karena punai memiliki ukuran tubuh yang cukup besar meskipun tak sebesar merpati tetapi dia juga memerlukan asupan makanan yang banyak.

Bersihkan kandangnya secara teratur hal ini dikarenakan kotoran dari punai sangat banyak dan besar-besar tentu mengandung banyak kuman penyakit guna menjaga kesehatan dan kenyamanannya kalian

wajib membersihkan kandangnya setiap hari dan setiap 2 kali dalam seminggu bersihkan dengan desinfektan supaya kandangnya lebih steril tentu burung harus dikeluarkan terlebih dahulu ya.

Minuman juga harus diberi tambahan vitamin supaya dia lebih sehat dan stamina serta daya tahan tubuhnya tetap terjaga dan usahakan pemberian air minum air matang karena tidak mudah lumutan soalnya mikrobanya sudah mati.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Tengkek Buto Agar Gacor Dan Jinak

Apakah Punai Bisa Di Makan?

Tentu ada tempat-tempat makan tertentu yang menjajakan menu masakan burung punai yang digoreng kering sama halnya dengan burung merpati meskipun tidak banyak biasanya didapat dari

peternakan atau juga ada pemburu setempat yang menjual hasil buruannya. dan rasanya juga enak mirip dengan daging merpati tetapi harga nya cukup malah karena susah didapatkan.

harga-burung-punai-goreng

Teman-teman kicau semua itulah tadi informasi tentang burung punai semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan untuk informasi lainnya nanti kita akan sajikan di artikel lain. Terimakasih banyak-banyak karena kalian sudah selalu setia membaca artikel dari suhukicau.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari