kenari-betina

Ciri Kenari Betina

Assalamualaikum wr wb, Gimana kabarnya nih para sobat kicau mania semua, semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan rizkinya selalu agar tetap semangat dalam beraktifitas. Masih disni bersama para Suhu Kicau yang dimana kita akan membahas tentang burung kenari betina.

Bagi penghobi kenari mania, mungkin masih banyak sebagian dari anda yang pemula yang masih bingung bagaimana cara membedakan jenis kelamin kenari betina maupun si jantannya?.

Hal yang mendasar ini seharusnya bagi para hobiis burung kicauan khususnya jenis kenari wajib mengetahuinya. Berikut akan kita bahas secara lengkap yang dapat anda jadikan parameter (acuan) dalam membedakan ciri kenari betina, penasan !. Yuk simak ulasannya cek dibawah ini :

Cara membedakan kenari betina dan jantan akurat


1. Bentuk Paruh

Lihat pada garis paruh secara horizontal yang lurus dengan bola mata kenari tersebut, untuk jenis jantan cengkokan paruh pas berada di tengah matanya, sedangkan untuk yang betina sebaliknya, dengan posisi bola matanya diatas garis lurus dari paruhnya.

kenari-jantan-dan-betina

2. Bentuk Postur (Tubuh) Kenari

Jika untuk kenari jantan biasanya memiliki tubuh yang proporsional gagah, dengan ukuran yang lebih panjang dan ramping, kaki yang panjang dan mencengkram kuat terlihat tegak saat bertengger (berdiri) diatas tangkringan, berbeda dengan si babon betinanya yang memiliki cenderung postur tubuh yang bulat dan besar.

3. Bentuk Vent

Untuk lebih yakinnya anda harus memegang burung kenari tersebut untuk memastikan jenis kelaminnya atau ventnya. Lakukan peniupan secara berulang-ulang dibagian bawah perutnya, dengan maksud tujuan agar si vent tersebut dapat terlihat dengan jelas.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Jalak Suren Beserta Harganya

vent-betina-jantan

Jika kondisinya kurang jelas dan terhalang / tertutup oleh bulu maka anda bisa memberikan sedikit air agar lebih jelas terlihat bentuk ventnya.

Nah temen-temen bisa lihat, terlihat sekali bahwa ventnya si jantan agak bediri dan tegak keatas posisinya, sedangkan untuk betinanya sendiri terlihat sejajar, tidak ada unsur menonjolnya. Point inilah yang menurut saya yang sangat akurat untuk membedakan jenis kelamin burung kenari betina atau jantan.

bentuk-vent-jelas

Ciri ciri kenari betina siap kawin (Produksi)

Bagi temen-temen semua yang menyukai burung kenari ini dan mencoba untuk membudiday, ternak agar cepat sukses, menghasilkan telur dan anakanya, tentu tahapan dasarnya anda harus mengetahui terlebih dahulu musim kawin si burung. Dan mampu melihat ciri kenari babon betinanya siap untuk dikawinkan.

kenari-betina-siap-kawin

Hal yang pertama adalah faktor usia, yang dimana minimal umur burung kenari bisa dikawinkan atau dijodohkan dengan pasangannya untuk jantan kurang lebih sekitar 2 tahun dan yang betinanya antara 12 sampai 14 bulan pada masa suburnya dengan waktu yang lebih idealnya.

Serta petunjuk dari fisik si kenari betina ini jika dipegang tubuhnya, terasa pada bagian perut dibagian bawah seperti ada telur kecil yang berwarna merah atau telur birahi yang sudah siap untuk dibuahi, serta ventnya jika dipegang terasa melebar.

vent-kenari

Namun ciri khusus untuk kenari yang sudah pernah bertelur sebelumnya dan menetaskan anaknya, sangat mudah dilihat dari bulu bagian bawah pada dubur kloakanya sangat jelas. Jika temen-temen sudah dapat mengetahui ciri-ciri tersebut maka akan dengan sangat mudah untuk menggabungkan atau menjodohkan kenari tersebut agar siap untuk produksi dengan baik.

Demikian informasi singkat padat dan jelas ini yang kiranya dapat menambah wawasan para hobiis kenari mania semuanya semoga bermanfaat.

baca juga artiekl terkait seputar burung kenari :

√ Ciri Kenari F1
√ Pakan Kenari Biar Gacor
√ Ternak Kenari
√ Ciri Kenari Lokal