9 Jenis Love Bird Paling Mahal Dan Terpopuler

Diposting pada

Tengah menjadi buah bibir, love bird seringkali terlihat mengikuti kontes yang digelar. Beragam warna dan memiliki postur tubuh yang mungil, tidak heran bahwa banyak pecinta burung kicauan yang menginginkannya.

Bahkan dalam beberapa waktu belakangan, tingkat kepopulernnya sedang berada di sedang di masa kejayaan. Sebelum membelinya, yuk kenali dulu apa saja jenisnya.

Beberapa Jenis Love Bird Yang Populer Beserta Harganya


1. LB Kepala Elang

LB-Kepala-ElangUmumnya para pecinta burung kicauan menyebutnya sable head, lantaran warna kepalanya yang tambah cerah nan polos. Jika anda melihatnya sekilas, kepalanya serupa dengan elang laut yang juga memiliki kepala putih bersih. Ketika melihatnya untuk pertama kali, siapapun akan terpesona dengan kecantikan warna tubuhnya yang dipadukan dengan tubuhnya yang mungil tampak menggemaskan.

Sesuai dengan keindahan warna bulunya, burung cantik ini dibandrol hampir menyentuh angka Rp. 2 jutaan untuk satu ekornya. Memang harganya cukup fantastik, namun tidak akan menyesal ketika mengetahui kelebihan yang dimilikinya. Bagi anda yang ingin beternak burung indah jenis kepala elang satu ini, silahkan silangkan LB kepala elang dengan LB jenis violet fichery ataupun LB biru mangsi ficheri.

2. LB Violet

LB-VioletMiliki karakteristik di bagian sayap dan punggungnya yang berwarna biru keunguan, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Sebutan Love Bird satu ini, berasal dari keunikan warna bulunya yang tampak begitu serasi dengan tubuh mungilnya. Jenisnya pun cukup beragam seperti Violet perso atau personata (kepala hitam) serta violet fichery ( kepala hitam pudar).

Dikenal dengan harganya yang cukup fantastis, sebab untuk satu ekornya dibandrol mulai dari Rp. 1 jutaan hingga hamir menyentuh harga Rp. 2 jutaan. Namun tingginya harga yang ditawarkan, nampaknya sepadan dengan keunikan warna yang dimilikinya. Apabila tertarik untuk membudidayakannya, silahkan pasangkan indukan berjenis sama violet ataupun LB violet jantan dengan LB biru mangsi betina.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Murai Batu Jambi

3. LB Euwing

LB-EuwingDikenal sebagai burung cinta termahal daripada jenis lainnya, tak menyurutkan para cpecintanya untuk memilikinya. Banyak dicari di pasaran, burung ini memiliki ciri khas di bagian punggungnya, yang seakan membentuk simbol atau pola V. Sebenarnya simbol tersebut berasal dari akronim Eumilanin dan Wing, yang kemudian membentuk simbol V karena warna bulu di bagian punggungnya terlihat lebih terang.

Tak tanggung tanggung, untuk bisa mendapatkan satu ekornya harus merogoh kantong lebih dalam. Sebab pasar membandrolnya mulai dari Rp. 2 jutaan dan ada pula yang hampir mencapai harga Rp 6 jutaan. Namun harga tersebut masih diperkirakan dapat naik sewaktu waktu, sehingga perlu dana lebih ketika memang berniat untuk membelinya. Meski harganya terpaut jauh dari jenis lainnya, seakan tak pernah menyurutkan minat masyarakat.

4. LB Parblue

LB-ParblueDitemukan pertama kali oleh seseorang asal Amerika Serikat bernama Felix del Valle pada tahun 2001 silam, sejak saat itu Love Bird jenis ini mulai banyak diminati oleh para pecintanya.

Bahkan kini sudah muncul beberapa macam jenisnya seperti Parblue Blorok Hijau, Parblue Blorok Biru, Prablue Sable Head, Parblue Hijau Standar, dan Parblue perso.Jenis burung cinta satu ini juga kerap dicari di pasaran, lantaran warna bulunya yang khas menambah kecantikannya.

Burung ini memiliki warna yelow face di bagian wajah, sedangkan warna agak kekuningan di bagian lehernya. Keunikan warna yang dimilikinya, tidak heran bila harga yang ditawarkan cukup melambung tinggi yaitu sekitar Rp. 10 jutaan per ekornya.

Berdasarkan data yang didapatkan, Biola Parblue diketahui memiliki harga tertinggi mencapai sekitar Rp. 30 juta per ekornya. Sedangkan untuk Parblue varian starndar, pasaran membandrolnya sekitar Rp. 3 jutaan saja.

Baca selengkapnya :  Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah Untuk Pemula

5. LB Blorok

LB-BlorokWarna bulunya yang abstrak nan tampak berantakan, justru karakteristik warna bulunya ini mampu mencuri perhatian. Justru keunikan warna yang dimilikinya tersebut membuatnya terlihat begitu unik nan antik.

Terdiri dari beberapa varian warna, tidak mengherankan bila pasar membandrol Love Bird Blorok dengan harga yang cukup tinggi. Varian warna yang ada antara Blorok Biru, Bloro hitam, Blorok Hijau, Parblue Blorok, serta Blorok Merah.

Dibandrol dengan harga menjulang, LB Blorok hijau yang dikenal dengan gradasi warna bloroknya yang tampak kurang tegas saja dihargai sekitar Rp. 800 ribuan untuk satu ekornya. Berdasarkan informasi yang didapatkan, harga tersebut masihlah menjadi harga terendah dan mendapatkan warna yang biasa.

Belum lagi jika si burung pernah menyabet prestasi di gantangan, dipastikan harga yang ditawarkan begitu menjulang. Tingginya harga di pasaran, tak jarang para pecintanya beralih untuk membudidayakannya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Untuk bisa menghasilkan anakan LB jenis Blorok berwarna standar, silahkan menyilangkannya dengan LB Lutino MM/MH dengan LB Dakori. Namun anda juga bisa menyilangkan Blorok Hijau ataupun Blorok Biru, untuk menghasilkan anakan dengan bulu blorok lebih dominan.

6. LB Batman

LB-BatmanDikenal dengan tampilan fisiknya yang unik nan nyentrik, para pecinta Love Bird Batman memberinya nama Batman. Perpaduan warna hitam dengan sedikit variasi berwarna putih, membuatnya tampil layaknya film animasi Batman. Dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 900 ribuan hingga Rp. 1 jutaan, LB jenis ini banyak dicari di pasaran.

Namun seiring berjalannya waktu, burung ini mengalami penurunan harga jual.
Menurut informasi yang didapatkan, para penjual hanya membandrol LB unik ini mulai dari Rp. 300 ribuan hingga Rp. 700 ribuan saja. Salah satu faktor adanya penurunan harga di pasaran, yaitu tingkat populasinya yang semakin meningkat dan banyak yang kemudian memburu LB jenis lainnya untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Prenjak Lumut Beserta Suara Dan Harganya

7. LB Albino

LB-AlbinoSeluruh tubuhnya yang berwarna putih polos nan bersih, membuatnya tampil berbeda dengan jenis LB lainnya. Hadir dengan dua jenis, perbedaannya terletak di bagian warna matanya yang berwarna merah dan warna hitam.

LB Albino mata merah dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 500 ribuan hingga Rp. 700 ribuan, sedangkan untuk LB mata hitam dibanrol mulai dari Rp. 500 ribuan hingga Rp. 1 jutaan.

8. LB Biola Blue

LB-Biola-BlueTermasuk LB biola varian baru, burung jenis ini pertama kali dicetak oleh penangkar LB tanah air. Siapapun yang melihatnya, kecantikan burung LB terlihat begitu eksotis nan mmukau siapa yang memandangnya.

Sehingga tidak heran bila wajar saja, telah mencapai Rp. 40 jutaan per pasangnya. Tingginya harga di pasaran, nampaknya sesuai dengan keunikannya yang begitu memukau.

9. LB Biola Euwing

LB-Biola-EuwingLove Bird jenis Biola Euwing, merupakan persilangan antara LB Euwing dan LB Biola. Memiliki ciri khas di bagian kepala hingga lehernya yang berwarna oranye khas LB Biola, sedangkan di bagain punggungnya membentuk pola serupa dengan huruf V yang seakan menambah keindahan tubuhnya.

Tidak heran bila keunikan yang dimilikinya, membuatnya terlihat antik dengan harga yang berkisar Rp. 13 juta hingga Rp. 17 jutaan.

Postur tubuhnya yang terlihat mungil, terasa semakin menggemaskan dengan keberagaman warna yang dimilikinya. Semakin langka warna bulunya, harga jualnya pun semakin melambung tinggi. Ditambah lagi jika sang burung indah tersebut pernah membawa kemenangan di suatu kontes, harga yang ditawarkan pun begitu fantastis. Tidak mengherankan bila permintaan pasar semakin membludak.

Baca juga artikel lainnya :

Ciri Dan Karakter Lovebird Pasbir

Ciri Lovebird Parblue

Ciri Lovebird Mangsi

Ciri Lovebird Dakocan