Ciri Dan Karakter Lovebird Euwing Beserta Harganya

Diposting pada

Euwing merupakan akronim dari Eumelanin dan Wing, yang artinya pada bagian kedua sayap memiliki warna cenderung lebih gelap daripada warna bulu di bagian punggung. Burung ini juga mempunyai tampilan bulu berbentuk ‘V’ apabila diamati dari arah belakang.

Lovebird Euwing adalah hasil cetakan oleh penangkar asal Belanda pada tahun 2004. Seriring berjalannya waktu burung mengalami berbagai mutasi warna. Semua jenisnya memiliki karakteristik corak bulu tersendiri.

Varian Burung dengan Khas Utama yang Menonjol


1. Jenis Euwing Standar

Ciri utama dari burung ini biasanya berwarna hitam dengan kepala merah atau orange. Di bagian punggung dan sayap akan terlihat warna yang kontras, menambah nilai keunikan pada burung.

Kedua sayap memiliki warna trotol-trotol mirip jenis lovebird blorok, dengan sebagian warna hitam pada sayap bergradasi kuning. Harga burung dipasarkan mulai 2 jutaan hingga 5 juta rupiah.

2. Jenis Euwing Green

Terdapat dua jenis mutasi yang ditawarkan, yaitu green df dan green sf. Jika ingin mengembangkan budidaya, anda disarankan memilih jenis fiscery df sebagai calon indukan.

Disarankan untuk disilangkan dengan jenis biola sable yang merah merona, bisa dipastikan peranakan akan berhasil sempurna. Jenis lovebird ini bisa anda dapatkan dengan kisaran harga 3 jutan hingga 5 juta rupiah.

3. Jenis Euwing Blue

Burung ini populer dengan nama ‘burung paruh putih’ dan merupakan salah satu mutasi dari jenis green. Warna burung cenderung hitam keabuan, namun lebih didominasi oleh warna abu-abu.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Pelatuk Yang Ada Di Indonesia

Paruhnya berwarna merah muda dengan bentuk melengkung. Bagian mata bulat dan hitam, dikelilingi pinggiran putih. Harga burung ditawarkan mulai 3,5 juta untuk jenis jantan, sedangkan betina sekitar 3,3 juta rupiah.

4. Jenis Biola Euwing Green

Peranakan ini hasil dari perpaduan antara lovebird euwing dengan biola. Ciri khas utama burung berada di degradasi warna yang unik. Bagian kepala berwarna merah keorangean, dengan bulu berwarna kuning bercampur hijau.

Untuk mencetak anakan seperti ini anda membutuhkan modal kurang lebih 15-20 juta, tergantung pada motif dan warnanya. Semakin tajam dan berani perpaduannya, maka harga akan semakin tinggi.

gambar-lb-euwing

5. Jenis Biola Euwing Parblue

Lovebird Euwing ini merupakan hasil perpaduan antara euwing, biola dan parblue. Untuk mencetak jenis ini membutuhkan kesabaran dan jangka waktu yang sangat lama. Varian yang satu ini memiliki campuran warna yang cantik.

Bagian kepala berwarna kuning, lalu dari leher hingga ke ekor hasil degradasi kuning dengan hitam. Kedua sayap berwarna hitam keabuan, dan disempurnakan dengan paruh orange yang melengkung. Burung ini bisa anda miliki dengan harga mencapai 15 juta rupiah.

6. Jenis Biola Euwing Blue

Biola blue merupakan lovebird euwing hasil dari mutasi dengan jenis biola tercantik. Saat ini burung didapuk sebagai peranakan termahal, karena perpaduan warna yang sangat cantik. Jenisnya masih tergolong langka dengan harga yang melambung tinggi.

Bagi anda seorang penggemar lovebird tentu saja tidak melewatkan anakan ini. Jika kantong cukup tebal tidak masalah rasanya mengeluarkan budget 25 juta untuk satu ekor.
Itulah jenis lovebird yang sedang populer dan banyak diminati.

Berhati-hati saat merawat burung ini karena tubuhnya kecil dan rentan sakit. Mulai dengan menjemur burung di pagi hari, udara pagi dan sinar matahari bagus untuk pertumbuhan.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Sikatan (Harga dan Suara)

Setelah itu mandikan burung sambil membersihkan sangkar dan cepuk makannya. Berikan pakan berkualitas untuk menjaga kondisi burung tetap sehat. Pastikan memberi vitamin 3 bulan sekali untuk menjaga kualitas kicauan.