Makanan Burung Poksay Mandarin

Diposting pada
3/5 - (1 vote)

Selamat siang sobat suhu kicau semua, nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit share seputar makanan burung poksay mandarin, khusus untuk temen-temen yang masih pemula dan baru saja mencoba memelihara burung tipe ini pasti masih pada bingung ya, apa sih makanan utama (pokok) dan ekstra foodingnya ?.

Ada beberama macam jenis poksay di indonesia, namun asal-usul dan aslinya burung poksay ini bukan berasal dari lokal dalam negri ya, melainkan burung import dari cina awal mulanya,

dan kemudian banyak di budidayakan di negara kita ini, sehingga burung poksay di negara indonesia tergolong masih banyak kita jumpai.

Jenis burung poksay mandarin yang berukuran tubuh besar ini, memiliki nama latin yg dikenal dengan sebutan garullax mitratus jika dilihat sekilas hampir setara dengan jenis burung jalak-jalakan ya,

namun berbeda dengan variasi dan ciri khas suara kicauannya, serta untuk harga burung poksay mandarin tentu jauh lebih mahal ya, ketimbang burung jalak. Oke kembali ke pokok bahasannya ya, apa saja sih makanan kesukaan burung poksay mandarin ?, Yuk simak terus artikel ini sampai habis ya, biar nggak pada gagal paham :

voer-poksay-mandarin

Apa Makanan Burung Poksay Mandarin ?


Buah – Buahan Segar

Untuk makanan burung poksay mandarin di alam liar adalah buah-buahan ya, terkadang buah pisang, pepaya atau jenis boni seperti anggur bulat berwarna hitam, dan pakan buah ini sebagai makanan favorit burung poksay mandarin.

Pemberian buah bisa kalian kasihkan setiap hari atau minimalnya seminggu 2 – 3 kali ya, dan itu juga harus kalian selang-seling di variasikan saja agar si poksay tidak jenuh dan bosan.

Baca selengkapnya :  Cara Paling Mudah Ternak Ulat Hongkong Bagi Pemula

Pakan Voer

Selain buah-buahan kalian juga bisa memberikannya pakan instan berupa voer ya, nah voer poksay mandarin yang biasa digunakan adalah topsong kuning, fancy gold ataupun chirpy juga boleh, asalkan voer kasar ya temen-temen.

Jika burung poksay mandarin ini masih sangat giras karena baru dapat dari hasil tangkapan liar, tentu sangat sulit dan belum mau untuk makan voer ya, sebaiknya kalian latih terlebih dahulu ya,

dengan mencampurkan voer tersebut dengan buah pisang ataupun pepaya, kasihkan secara rutin selama kurun waktu 1 – 2 mingguan lah, lama-lama burung poksay mandarin kalian akan terbiasa dan akan mau ngepur total.

apa-makanan-burung-poksay-mandarin

Serangga Kecil

Dari pakan buah dan voer diatas, pemberian pakan tambahan berupa serangga seperti jangkrik, kroto dan ulat juga harus diberikan setiap hari ya, untuk pola rawatan harian dan pemberian EF serangga yang tepat,

untuk pakan keroto kalian bisa berikan 4 kali dalam seminggu dengan takaran 1 – 2 sendok makan ya, ingat keroto yang disajikan harus fresh (segar) ya temen-temen, jangan sekali-kali memberikan keroto yang sudah bau, karena bisa mengakibatkan si poksay ini mencret dan macet bunyi nantinya.

Dan pemberina jangkrik wajib setiap hari dengan porsi 3 pagi dan 3 sore, dan untuk ulat hongkong ataupun ulat kandang bisa kalian kasihkan 2 kali saja dalam seminggu dengan takaran 1 sendok makan saja ya.

Cara Memaster Poksay Mandarin

Salah satu kelebihan poksay mandarin mudah dalam hal perawatan dan memiliki varian kicauan yang banyak dan enak untuk didengar ya, walaupun itu sudah menjadi dasar karakter burung ini, tentu hal perawatan hariannnya juga jangan di kesampingkan ya, kalian juga harus telaten dan konsisten intinya.

Baca selengkapnya :  Harga Burung Serindit

Terlebih dalam hal pelatihan materi atau istilahnya itu pemasteran, karena poksay mandarin ini tergolong burung pintar dan mudah masuk suara-suara yang di dengarkannya, tentu temen-temen jangan melewatkan hal ini ya, dengan rajin memasternya tentu akan mendapatkan hasil kualitas suara yang unik, mewah dan istimewa untuk poksay mandarin kalian.

Tekni pemasteran yang tepat adalah ketika burung ini masuk kepada masa mabungnya, dan jika kondisi burung sedang tidak mabung, kalian bisa memasterkannya pada malam hari saja dengan menggunakan audio mp3 masteran, baik itu suara cucak jenggot, kapas tembak, cililin, tengkek buto, intinya saran kami gunakanlah karakter isian yang kasar ya, agar bisa mudah dengan cepat untuk masuk isiannya.

Jadi itu saja ya tips dari kami seputar makanan untuk burung poksay mandarin, kiranya dapat menambah pengetahuan temen-temen semua dan semoga dapat bermanfaat.

baca juga : pasaran harga burung poksay mandarin

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari