6 Manfaat Tanaman Rosemary Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Rosemary – Halo bestie, pernahkah kalian mendengar atau membaca tentang tanaman rosemary? Yup, tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Rosemary memiliki nama latin Rosmarinus officinalis yang bukan tanaman asli Indonesia melainkan berasal dari daratan mediterania namun kini sudah banyak di budidayakan di Indonesia karena manfaat yang dimilikinya itu.

Tanaman ini memiliki aroma yang khas dan menyegarkan, selain dari aromanya tanaman rosemary juga memiliki kandungan serat, protein, vitamin serta mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Kalian bisa memanfaatkannya dengan cara menjadikannya sebagai aroma therapy alami dan juga bisa dijadikan teh seduh yang nikmat. Untuk manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita langsung kita ulas dibawah ini.

manfaat tanaman rosemary

Inilah 6 Manfaat Tanaman Rosemary Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Otak

Tanaman Rosemary mengandung zat antiradang dan antioksidan berguna untuk mencegah timbulnya penurunan daya ingat serta kesulitan untuk berkonsentrasi. Kedua kandungan tadi juga bisa melancarkan aliran darah menuju otak serta menjaga kesehatan organ tersebut.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Kebotakan menjadi salah satu masalah rambut yang tak hanya terjadi karena faktor usia. Kebotakan kerap menghantui disebabkan oleh banyak faktor termasuk seringnya kita menggunakan shampo yang berbahan dasar kimia. Dengan memakai minyak rosemary bisa membantu mencegah kebotakan serta menyuburkan pertumbuhan rambut.

Caranya mudah sekali bestie, kalian dapat mengoleskan minyak rosemary ke kulit kepala sebanyak dua kali sehari. Lakukan cara ini selama 6 bulan untuk merangsang pembentukan sel rambut yang baru. Dapat dikatakan, efektivitas minyak tanaman ini mirip dengan obat penumbuh rambut.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Tanaman rosemary memiliki kandungan asam karnosik dan asam rosmarinik yang menyerupai hormon insulin. Cara kerjanya dengan menjaga kadar gula darah dalam tubuh supaya tetap stabil, sehingga aman dikonsumsi oleh para pengidap diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Antioksidan yang terkandung pada tanaman rosemary bisa membantu kalian untuk mencegah katarak dan menghambat perkembangannya. Tanaman ini juga dapat memelihara kesehatan mata dan menurunkan potensi sakit mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat selanjutnya dari penggunaan rosemary ialah sebagai aromaterapi atau teh herbal efektif membantu meningkatkan suasana hati. Bisa digunakan untuk minum teh atau ambil daun rosemary iris dan letakkan di sudut ruangan maka kalain akan kembali rileks.

6. Meredakan Nyeri

Manfaat rosemary ini terjadi berkat zat antiradang yang terkandung di dalamnya. Zat tersebut mampu mengatasi nyeri di sekujur tubuh, termasuk di area sendi, otot dan perut ketika menstruasi. Untuk mendapatkan keuntungan di atas, rosemary bisa diolah sebagai bumbu masalah, dijadikan sebagai teh atau aromaterapi.

Akan tetapi di balik manfaat yang diberikan, rosemary berpotensi menimbulkan reaksi alergi. Kalau terjadi alergi terhadap rosemary kalian bisa datang ke dokter terdekat untuk diberikan obat anti alergi dan jangan lagi menggunakan tanaman ini.

Nah bestie itulah tadi 6 manfaat tanaman rosemary bagi kesehatan yang dapat kami rangkumkan untuk kalian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian dan bisa membagikannya ke sosial media kalian. Sampai jumpa di postingan berikutnya bestie.

Related Posts
15 Rеkоmеndаѕі Game Anime Android Pаlіng Sеru
Game Anime Android

Game Anime Android – Gаmе Anіmе mеmаng mеruраkаn hіburаn multіmеdіа. Tіdаk hanya dіаdарtаѕі аtаu dіubаh mеnjаdі mаngа аtаu kоmіk, gаmе Read more

Metal Slug Awakening APK Untuk Android
Metal Slug Awakening APK

Metal Slug Awakening APK - Jika Anda mencari game aksi yang seru untuk dimainkan di perangkat Android Anda, Metal Slug Read more