9 Jenis Masteran Murai Batu Terbaik Yang Dinilai Juri

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini, Suhu Kicau akan memberikan tips dan informasi seputar masteran burung murai dengan menggunakan perangkat mp3 audio yang lebih praktis, hemat dan ekonomis. Salah satu bentuk perawatan burung kicau adalah pemasteran, atau sering disebut dengan smart mastering (memaster burung kicau), memperdengarkan suara burung kicauan jenis lainnya yang bertujuan untuk menambah variasi suara yang dimasterinya.

Tentu dalam hal pemasteran juga tidak boleh asal-asalan, ada tata cara yang tepat agar temen-temen agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan pemasteran burung kicau untuk gacoannya suapaya lebih cepat masuk isian / materi yang telah dilatihnya.

Beberapa Macam Suara Burung Masteran Mp3 Isian Yang Cocok Untuk Murai

1. Cililin | link – download

2. Kapas Tembak | link – download

3. Cucak Jenggot | link – download

4. Kenari | link – download

5. Love Bird | link – download

6. Pelatuk Bawang | link – download

7. Pentet | link – download

8. Pleret | link – download

9. Ciblek | link – download

Cara Pemasteran Yang Tepat

Hal yang pertama dan perlu diperhatikan dalam memilih waktu yang tepat untuk melatih dan memberikan suara masteran burung adalah :

masteran-ciblek

Diwaktu ketika burung sedang beristirahat

Agar suara masteran murai agar cepat masuk, kalian bisa memasternya ketika burung sedang beristirahat, kemungkinan besar burung lebih banyak menyimak suara-suara yang diberikan / didengarkannya. Ketika diperdengarkan suara masteran kemudian burung langsung merespon berarti burung tidak fokus dan terlalu birahi. Sebaiknya hentikan pemasteran karena nantinya akan sia-sia.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kenari Harian Dan Untuk Lomba

Jedah waktu burung murai sedang istirahat ini sekitar pukul : 11.00 WIB – 14.00 WIB (siang hari) dan di malam hari menjelang pagi sekitar pukul : 21.30 WIB – 06.00 WIB ke esokan paginya.

Diwaktu ketika burung sedang rontok bulu (mabung)

Memang diwaktu inilah yang lebih maksimal dan lebih besar kemungkinan burung akan mereset ulang suara yang dimilikinya, dan sangat baik untuk dirubah total dengan suara masteran yang kalian berikan, dalam pemasteran sepanjang masa mabung juga tidak sembarangan, jika tidak mengetahui caranya, yang ada nanti si burung malah bisa bermasalah dalam hal mabungnya, bisa terganggu dan macet.

Dalam menjalani proses rontok bulu sebaiknya jangan dimasteri terlebih dahulu, biarkan burung fokus ditempatkan di tempat yang nyaman, sunyi, senyap, sepi. Namun jika sudah beres merontokan bulu-bulu tua sudah terlihat tuntas dan ketika mendorong bulu yang baru atau sayap dan ekor dan dimasa inilah yang cocok dan sangat tepat untuk pemasteran suara burung diperdengarkan baik menggunakan burung isian asli ataupun suara audio mp3.

masteran-cucak-jenggot

Gunakan suara masteran burung yang disesuaikan dengan karakter suara murai batu kalian. Dan intinya konsisten setiap hari yang cukup 3 jenis burung terlebih dahulu saja yang sering di masterkan. Jangan terlalu banyak memberikan suara jenis burung, yang dikhawatirkan burung malah bingung dan tidak ada yang masuk sama sekali.

Dengan fokus di tiga jenis suara masteran yang akan menjadikan tonjolan karakter senjata rahasianya juga sudah cukup untuk modal sebagai burung kontes dilapangan.

Baca juga : Download Suara Burung Murai Batu Mp3 Terbaik