Mengenal Ikan Sumatra Yang Paling Unik

Mengenal Ikan Sumatra Yang Paling Unik – Memelihara ikan hias menjadi kepuasan tersendiri bagi si pemilik. Selain sebagai hobi, dengan memelihara ikan juga bisa menjadi penghilang penat setelah seharian beraktifitas secara rutin.

Ada banyak jenis ikan hias lokal yang berhabitat asli di perairan indonesia. Salah satu yang terpopuler bahkan sampai di ekspor ke luar negara ialah Ikan sumatra. Ada juga yang menyebutnya ikan harimau sumatra. Apakah tampilannya seram seperti harimau?

Tentu saja tidak ya sobat, kalau kalain penasaran dan tertarik untuk mengenal ikan ini lebih jauh bahkan ingin memeliharanya, pastikan kalian membaca artikel ini sampai habis dan kalian bisa share informasi ini di sosial media kalian.

Mengenal Ikan Sumatra Yang Paling Unik

Mengenal Ikan Sumatra Yang Paling Unik

Ciri – Ciri Fisik Ikan Sumatra

Memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, dari kepala hingga ekornya memiliki panjang sekitar 70 mm. Warna tubuhnya kuning keemasan dan memiliki empat garis pita lurus yang berwarna gelap. Gurat sisinya tidak sempurna dengan jumlah sekitar 22 hingga 25 buah.

dengan rangkaian 9 sisik berpori dan batang ekor yang dikelilingi 12 sisik. Kalau tubuhnya berwarna kuning keemasan, tetapi di bagian mulut, sirip perut dan ekornya berwarna kemerahan. Selain berwarna kekuningan. Yang menjadi incaran juga ikan sumatra albino yang berwarna agak pucat.

Habitat Asli dan Penyebarannya

Jenis Ikan sumatra secara alami menyebar di Semenanjung Malaya (termasuk di wilayah Thailand), Sumatra dan Kalimantan. Selain itu, ada pula laporan-laporan yang menyatakan bahwa ada temuan dari wilayah lain di Asia Tenggara yang sukar dikonfirmasi, apakah ikan-ikan tersebut memang asli setempat atau ikan lepasan yang telah beradaptasi.

Ikan ini sering didapati pada sungai-sungai dangkal berarus sedang, yang jernih atau keruh. Ikan sumatra menyukai pH antara 6 sampai 8, kesadahan air antara 5–19 dGH, dan kisaran temperatur air antara 20–26 °C. Ikan sumatra juga didapati di rawa-rawa, yang mengindikasikan bahwa ikan ini memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap perubahan kualitas air. Rata-rata lama hidup ikan sumatra adalah sekitar 6 tahun.

ikan sumatra

Manfaat Ikan Sumatra

Ikan elang atau ikan harimau sumatra ini merupakan salah satu ikan yang biasa di pelihara di akuarium dia mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Menurut catatan impor ikan hias Amerika Serikat pada tahun 1992, ikan ini menduduki peringkat ke-10 dengan jumlah individu yang diimpor pada tahun itu sebanyak 2,6 juta ekor.

Pemeliharaan di akuarium

Ikan sumatra senang berenang bergerombol. Bila dipelihara dalam jumlah kecil, kurang dari 5 ekor, ikan ini dapat menjadi agresif dan mengganggu ikan-ikan yang lain. Ikan-ikan yang lemah dan kurang gesit dapat menjadi sangat menderita akibat gigitan ikan sumatra yang dominan, yang terutama akan menyerang sirip-siripnya. Dalam kelompok yang besar, agresivitas ikan ini dapat terkendalikan.

Tangkas dan berenang cepat, ikan sumatra dapat dipelihara bercampur dengan ikan-ikan yang sama gesitnya seperti ikan-ikan platis, kerabat lele, atau kerabat ikan macan (Chromobotia macracanthus). Sebaiknya akuarium diisi pula dengan tumbuh-tumbuhan air sebagai tempatnya bermain-main. Ikan sumatra bersifat omnivora, dapat diberi makanan kering (buatan) atau mangsa hidup seperti cacing, kutu air atau jentik-jentik nyamuk.

Ikan ini dapat dibiakkan di dalam akuarium. Ikan sumatra betina mengeluarkan antara 150–200 butir sekali bertelur, yang disebarkan di antara tumbuh-tumbuhan air. Telur akan menetas setelah 24 jam, dan anak-anak ikan mulai terlihat aktif setelah 3 hari. Sebagai pakan anak ikan pada minggu-minggu pertama dapat digunakan udang renik.

Bagaimana sobat, setelah kalian membaca artikel Mengenal Ikan Sumatra Yang Paling Unik sangat menarik sekali bukan. Ini sebagai bukti kekayaan alam kita yang harus kita jaga dan lestarikan. Supaya nantinya bisa dinikmati oleh anak cucu kita.

Kalau kalian tertarik untuk memeliharanya bisa kalian beli di toko ikan hias terdekat di kota kalian atau memesannya secara online di marketplace langganan kalian. Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca artikel kami sampai jumpa di posting an lainnya.

Related Posts
Panduan Lengkap tentang GCam Loader APK
GCam Loader APK

GCam Loader APK - Dalam dunia fotografi ponsel, GCam (Google Camera) telah menjadi salah satu aplikasi kamera yang sangat populer. Read more

Minesweeper Google Main Game Klasik Seru
Minesweeper Google

Minesweeper Google - Siapa yang tidak kenal dengan game Minesweeper? Game klasik yang hadir pada tahun 1990-an ini sangat populer Read more