Mengenal Kucing Persia dan Beberapa Jenisnya

Mengenal Kucing Persia dan Beberapa Jenisnya – Hai bestie, memelihara kucing menjadi salah satu hobi yang populer saat ini. 2 Jenis yang menjadi favorit ialah Anggora dan Persia. Kedua kucing ini terkadang menjadi

sulit dibedakan karena memang sekilas mirip. Tapi sebenarnya karakter yang dimiliki persia dan anggora cukup berbeda. Apalagi dengan kucing kampung yang sering kita temui di sekitaran rumah kita ya guys.

Persia biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan bulu yang cukup tebal serta hidung yang pesek. Namun seperti apasih ciri – ciri pasti dari kucing yang berjenis atau ras persia ini ? Langsung saja baca artikel berikut karena kita akan mengenal dan mengetahui beberapa jenisnya.

Mengenal Kucing Persia dan Beberapa Jenisnya

Ciri – Ciri Fisik Kucing Persia

1. Memiliki bulu-bulu yang tebal, ia mempunyai bulu-bulu yang panjang sekitaran 5 sampai 15 cm. struktur bulu-bulunya lebat lembut dan bercahaya, bulu-bulunya tutupi sebagian besar anggota badan kecuali sisi mukanya.

2. Mempunyai mata bundar yang warna ceria, jika kalian lihat sisi matanya ia mempunyai mata yang bundar, warna jelas dan lebar. Jarak di antara mata cukup jauh dengan warna irislah yang bergantung warna bulunya.

Dan yang paling unik, jarang-jarang sekali diketemukan di kucing yang lain adalah kucing persia ada yang mempunyai warna irislah mata yang lain atau dikenali dengan istilah odd eye tetapi memang jarang-jarang sekali guys.

3. Berhidung Pesek, mempunyai hidung pendek, memiliki ukuran kecil, dan pesek. Ada pula tipe Kucing Persia yang mempunyai hidung lebih panjang. Sisi hidung kucing ada di pangkal dan terlihat mempunyai belahan.

4. Bertelinga Kecil, Seperti anggora, kucing persia datang dari turki yang membuat ke-2 nya kelihatan mirip. Tetapi sisi telinga ras persia lebih kecil dengan ujung yang membulat. Pada bagian pangkalnya cukup ujung meliuk dan tertutup.

5. Mempunyai kepala yang memiliki ukuran besar, melingkar, atau meliuk seperti kubah. Susunan muka dan tengkorak kuat dan besar. Sisi dahi kucing bundar dan tulang pipi menonjol. Sisi dagu bundar, kuat, dan tidak begitu rendah. Sementara sisi rahang kuat dan besar.

6. Kakinya pendek, Biasanya kucing ini mempunyai kaki pendek, tebal, bundar, dan gendut. Kaki lempeng dan telapak besar dan datar. Tulang kaki relatif kuat dan mempunyai bulu-bulu panjang antara jari-jari kaki.

7. Ekor panjang dan dengan bulu tebal Kucing Persia mempunyai ekor lempeng dan tebal. Sisi ekor ini mempunyai bulu-bulu tebal dan seimbang sama sesuai badan.

8. Tubuh bundar Biasanya Kucing Persia bertubuh bundar, memiliki tubuh besar, dan pendek. Kucing ini disebutkan type cobby yang mempunyai kaki pendek besar, bahu kepala melingkar, dan lebar.

jenis-jenis kucing persia dan harganya

Beberapa Tipe Kucing Persia Berdasar Bulu-bulunya

Ada 5 tipe Kucing Persia diantaranya Persia Eksotik Short Hair, Persia Himalaya, Persia Media, Peaknose, dan Flatnose. Ke-5 tipe Persia ini lebih banyak dipiara di Indonesia. Berdasar warna bulu-bulu, Kucing Persia dibagi jadi kompak color (satu warna), bicolor (dua warna), tricolor atau calico (tiga warna), tabby (belang), dan colourpoint (kucing kawin silang).

1. Persia Peaknose

Harga Kucing Persia Peaknose termahal antara kucing lain. Mencuplik situs Kucingpersia.co.id, kucing berusia 3 bulan yang belum divaksinasi harga capai Rp 6,5 juta. Dan kucing berumur 6 bulan dan telah divaksinasi sekitaran Rp 12 juta-an.

Merilis dari Gramedia.com, Peaknose mempunyai keunikan yakni hidung paling pesek dibandingkan yang lain. Muka Peaknose kelihatan menggemaskan dan cemberut. Kucing ini dipisah jadi dua tipe yakni Peaknose biasa dan Peaknose Extreme. Ke-2 nya berada pada ukuran hidung. Makin pesek hidung kucing, makin mahal harganya.

2. Persia Media

Beberapa ciri kucing ini mempunyai hidung lebih lancip dibanding Persia lain. Tapi Persia Media masih tetap mempunyai hidung kecil yang lain dari tipe kucing ras lain. Hewan piaraan ini sebagai hasil perkawinan silang di antara Persia kucing lokal dan asli.

Persia Media biasanya banyak dipiara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Kucing ini bertubuh besar, muka bundar, telinga kaki besar, dan pendek.

Harga Persia Media usia 1 bulan yang belum divaksinasi sekitaran Rp 850 ribu sampai Rp 1,65 juta. Dan kucing berumur 6 bulan yang belum divaksinasi bentang harga Rp 600 ribu sampai Rp 2,5 juta.

3. Kucing Persia Flatnose

Kucing ini punyai beberapa ciri sama dengan Persia Peaknose yakni hidung pesek. Tetapi, Persia Flatnose mempunyai muka lebih kotak, mata lebih bundar, dan kaki lebih pendek. Ukuran telinganya juga lebih kecil dan nyaris tidak kelihatan, karena tertutup bulu-bulu tebal disekitaran muka.

Kucing ini mempunyai muka pendek dan gendut. Persia Flatnose lebih sukai memanjat dan aktif. Kisaran harga kucing ini hampir serupa dengan Persia Peaknose. Kucing berusia 3 bulan yang belum divaksinasi bentang dibandrol pada harga sekitaran Rp 4,lima juta sampai Rp 5,9 juta.

Kucing 3 bulan yang telah divaksinasi harga capai Rp delapan juta sampai Rp 9 juta-an. Dan kucing berumur 6 bulan yang belum divaksinasi bentang harga Rp 9,lima juta sampai Rp 10 juta-an. Kucing Flatnose umur 6 bulan yang telah divaksinasi sekitaran Rp 11 juta sampai Rp 12 juta-an.

4. Kucing Persia Himalaya

Tipe kucing ini sebagai hasil perkawinan silang di antara Kucing Persia Himalaya atau Kucing Siam. Kucing Himalaya sendiri datang dari Eropa. Beberapa ciri kucing silang ini mempunyai mata biru, kaki pendek, muka gendut, dan bulu-bulu di leher yang lebih tebal.

Keunikan Persia Himalaya mempunyai titik gelap pada bagian muka, kaki, telinga, dan ekor. Tipe kucing ini beratnya capai 4 kg sampai 6 kg. Harga Kucing Persia Himalaya Asli berumur 3 bulan yang belum divaksinasi sekitaran Rp tiga juta sampai Rp 4,5 juta. Dan harga kucing umur 6 bulan yang belum divaksinasi sekitaran Rp 6,tujuh juta sampai Rp 8 juta-an.

5. Persian Shorthair

Kucing Persia Eksotik Short Hair ialah hasil perkawinan dengan kucing Amerika. Berlainan dengan Persia yang lain, kucing ini mempunyai bulu-bulu lebih pendek, hidung pendek, dan kecil. Contoh Persian Short Hair yaitu pada kartun kucing Garfield,

yang mempunyai tubuh gendut, telinga hidung pesek, dan pendek. Kucing ini pertama kalinya diketemukan di Amerika pada 1950. Ciri-cirinya memiliki tubuh pendek, dahi lebar, mata bundar, mempunyai kombinasi beberapa warna, wujud hidung tidak mancung, dan muka cukup rata. Kisaran harga kucing anakan Persia Shorthair sekitaran Rp empat juta sampai Rp 7 juta.

Bestie, itulah tadi ulasan tentang Mengenal Kucing Persia dan Beberapa Jenisnya yang berhasil kami sajikan untuk kalian, semoga informasi ini bermanfaat menambah pengetahuan bagi kita semua, selamat membaca.

Related Posts
15 Rеkоmеndаѕі Game Anime Android Pаlіng Sеru
Game Anime Android

Game Anime Android – Gаmе Anіmе mеmаng mеruраkаn hіburаn multіmеdіа. Tіdаk hanya dіаdарtаѕі аtаu dіubаh mеnjаdі mаngа аtаu kоmіk, gаmе Read more

Bot Quran WhatsApp Baca Al Quran Lewat WA
Bot Quran WhatsApp

Bot Quran WhatsApp - Tidak dapat kita sangkal sekarang ini whatsapp jadi aplikasi chatting yang dapat disebut harus dipunyai pemakai Read more