Perawatan Kepodang Mabung

Diposting pada
Rate this post

Edisi kali ini suhukicau akan berbagi informasi tentang Perawatan Kepodang Mabung dimana pada masa ini menjadi masa sulit bagi si burung tentunya sehingga kita harus benar-benar melakukan perawatan terbaik baginya.

Mabung sendiri merupakan proses atau siklus alami yang dialami oleh semua jenis burung dimana saat ini akan bergantinya bulu-bulu yang sudah lama diganti dengan bulu yang baru. Biasanya berlangsung setahun sekali.

Saat mabung burung kapodang dan burung lainnya sangat memerlukan energi yang cukup besar untuk melewati masa perontokan bulu-bulu sampai masa tumbuh kembali bulu-bulu barunya.

Sehingga kita harus memberikan asupan makanan yang mengandung protein dan kalori tinggi sebagai penunjang kebutuhan energinya selama dia menjalani proses mabung. Pemberian protein takarannya melebihi saat tidak mabung.

Terjadi penurunan performa dari si burung kepodang ini ketika ia sedang ngurak dimana yang biasanya lincah dan rajin berkicau menjadi pendiam dan tidak banyak bergerak, tentunya hal ini wajar sekali

mengingat kondisinya yang memang sedang tidak fit, nah selain asupan makanan perawatan yang baik juga harus di lakukan supaya mabungnya cepat selesai berikut beberapa tipsnya.

penyebab-kepodang-macet-bunyi

Perawatan Burung Kepodang Saat Mabung


Penempatan

Ketika burung kepodang sedang mengalami proses mabung kalian harus menempatkan atau menggantungnya di tempat yang tenang, sepi dan hening sehingga dia bisa beristirahat dan konsentrasi untuk menyelesaikan mabungnya.

Pada masa ini juga sangkar burung harus selalu tertutup dengan kerodong setiap hari atau full kerodong, boleh dibuka di pagi hari ketika kalian akan membersihkan kandangnya dan memberikan makanan.

Baca selengkapnya :  Perawatan Burung Cucak Rowo

Mandi dan Jemur

Pada proses mabung ini kalian tidak perlu memandikannya setiap hari, boleh 1 kali saja dalam sepekan dimana kalau burung mabung terlalu banyak mandi akan menghambat proses perontokan bulu sehingga hasilnya juga tidak maksimal.

Penjemuran juga tidak boleh terlalu lama cukup 10 sampai 20 menit saja perhari hanya supaya dia mendapatkan manfaat dari sinar matahari serta menghindari burung dari rasa stres.

memandikan-burung-kepodang-mabung

Pemberian Pakan

Untuk voer pilihkan voer yang mengandung banyak protein seperti kandungan telur, serangga kering dan lainnya atau bisa juga kalian memberikan burung kepodang ini voer ayam untuk sementara waktu sampai bulunya rontok semua.

Setelah bulu barunya mulai tumbuh jangan diberi voer ayam lagi melainkan voer yang dia konsumsi seperti biasanya. Selain voer kalian juga bisa memberikannya pisang kepok putih

dengan cara ditambahkan atau di olesi madu murni supaya dia mendapatkan nutrisi dan vitamin serta madu bagus untuk metabolisme tubuh burung. Untuk makanan tambahan atau EF berikan ulat hongkong

yang memang bersifat panas akan sangat membantu proses perontokan bulunya berikan ulat hongkong ini dengan dosis 2 kali lipat dari kondisi biasa, misalnya biasa 8 ekor berikan saat mabung menjadi 16 ekor.

Saat bulu sudah tercabut semua ganti EF dengan jangkrik yang mengandung banyak protein juga yang baik untuk proses tumbuhnya bulu baru. Pemberian jangkrik juga 2 kali lipat dari pemberian harian biasanya.

Berikan juga keroto seminggu 3 kali untuk tambahan asupan protein guna memenuhi kebutuhannya.

Menjaga Kebersihan

Karena ketina mabung kerodong selalu ditutup dan dia juga dalam keadaan yang tidak fit sehingga menjaga kebersihan sangatlah penting supaya dia terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca selengkapnya :  11 Trik Merawat Burung Perkutut Supaya Cepat Gacor

Serta menghindarinya dari kondisi udara yang buruk serta menghindarkan burung dari stres karena tidak nyaman berada di dalam kandang yang kotor. Pembersihan harus setiap hari.

dan untuk seminggu sekali di bersihkan secara menyeluruh menggunakan sabun atau detergen untuk menghilangkan kuman-kuman yang masih menempel pada kandangnya.

ciri-kepodang-jantang

Bagaimana informasi yang suhukicau bagikan ? Semoga kalian bisa melakukan perawatan kepodang mabung ini dengan baik sehingga hasil yang didapatkan juga baik terimakasih sudah membaca sampai habis sampai jumpa.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari