Perbedaan Burung Siri Siri dan Cucak Rawis

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Mengetahui Perbedaan Burung Siri Siri dan Cucak Rawis memang lumayan membuat pusing terutama bagi para pemula di hobi burung kicau ini dimana secara sekilas mata keduanya memiliki kemiripan.

Mengapa penting bagi kita mengetahui perbedaan antara keduanya, karena suara yang mereka miliki juga berbeda. Dan yang paling sering dan bagus untuk masteran burung lomba seperti Murai Batu, Kacer dan Lainnya ialah

Burung Siri-siri. Dengan suara merdunya serta besetan dan tembakan khasnya ditambah lagi dengan volume suaranya yang lantang membuatnya begutu istimewa sebagai materi masteran burung.

Untuk cucak rawis sendiri memang bagus tetapi tidak senyaring siri-siri dan juga masih kurang variatif. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya siri-siri memiliki 2 jenis yakni siri-siri besar

dan siri-siri kecil, yang digunakan sebagai masteran ialah yang besar karena yang kecil biasanya sebagai peliharaan burung rumahan saja. Nah untuk cucak rawis sendiri memiliki harga

yang lebih murah dari siri-siri. Tentunua kalian tidak maukan mencari burung siri-siri dan membayarnya dengan harga mahal tetapi karena kenalakan oknum penjual kalian malah mendapatkan cucak rawis.

Nah untuk itu sebelum kalian membelinya sobat kicau semua wajib mengetahui perbedaan antara dua jenis burung ini. Yuk baca artikelnya sampai habis supaya kalian tidak salah membeli nantinya.

gambar-burung-siri-siri-jantan-dan-betina

Perbedaan Siri-Siri dan Cucak Rawis

Mengenal Burung Siri-siri

Siri-siri memiliki 2 jenis yaitu siri-siri besar dan siri-siri kecil dimana keduanya berasar dari daerah yang berbeda. Siri besar hidup dipulau sumatra di hutan-hutan bukit barisan.

Baca selengkapnya :  Inilah Beberapa Jenis Bahan Pakan Burung Branjangan

sedangkan siri-siri kecil hidup dipulau jawa dan bali. banyak ditemukan didaerah kaki gunung slamet dan juga gunung merapi. selain itu ukuran tubuh keduanya berbeda dimana yang besar mencapai 22 cm sedangkan

yang kecil berkisar antara 18 sampai 20 cm. dan warna bulunya juga berbeda dimana siri sumatra memiliki warna hijau zaitun dengan corak dan pada siri jawa berwarna lebih gelap hijaunya.

burung-siri-siri

Mengenal Burung Cucak Rawis

Seperti halnya siri-siri cucak rawis juga memiliki 2 ras dimana ras jawa dan juga sumatra hanya saja cucak rawis tidak berbeda di ukuran tubuhnya. Dia memiliki ukuran tubuh sekitar 22 cm

hampir sama dengan siri-siri besar. seperti pada burung cucak jenggot dimana jenis cucak-cucakan memang sering kali mirip dengan burung lain dengan perbedaan yang sangat tipis.

cucak jenggot mirip dengan kapas tembah dimana keduanya dilihat nyaris sama dan juga cucak ijo mirip dengan cica bayam. sehingga perlu kecermatan dalam membedakan keduanya.

burung-cucak-rawis

Perbedaan Dari Kedua Burung

1. Pada bagian punggungnya siri-siri berwarna zaitun gelap sedangkan cucak rawis berwarna kehijauan dan ras sumatra berwarna kecoklatan.

2. Bulu dibagian dada siri-siri berwarna putih dengan bercah berwarna abu-abu sedangkan cucak rawis abu-abu kehijauan.

3. Perut sampai ke tunggir berwarna putih pada siri-siri, pada cucak rawis berwarna putih kekuningan.

4. Memiliki iris mata berwarna coklat dan cucak rawis iris matanya berwarna hitam

5. Suara kicauannya burung siri-siri nembah dan besetannya berspeed rapat dengan volume nyaring sedangkan cucak rawis suaranya mirip burug trucukan dengan wik wik nya dan volume nyaring tetapi kurang merdu

Bagaimana sobat kicau apakah kalian sudah mengerti tentang perbedaan burung siri siri dan cucak rawis ini ? semoga informasi ini dapat membantu kalian ya supaya tidak salah dalam membeli dan tidak tertipu oknum penjual nakal diluaran sana.

Baca selengkapnya :  7 Jenis Burung Kecil Suara Keras Yang Banyak Di Cari

Tetap dukung website kami dengan membaca artikel-artikel kami sampai habis dimana kalian mencari informasi tentang unggas pengicau ini tentunya kami akan menyajikannya secara lengkap untuk anda.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari