Prosedur dan Manfaat Kebiri Pada Kucing

Prosedur dan Manfaat Kebiri Pada Kucing – Hai cat lovers, Bagi kalian yang memelihara kucing betina pusing tidak kalau tiba-tiba kucing peliharaan kalian tiba-tiba hamil dengan kucing liar? Hal ini tentunya menambah populasi kucing.

Kebiri kucing tidak cuma memiliki tujuan untuk mengendalikan populasi kucing dengan mencegahnya berkembang biak, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan dan perilaku kucing. Namun, sebelum memutuskan untuk mensteril kucing kesayangan Anda, ada baiknya Anda mengenal dahulu prosedur ini lebih jauh.

Pengebirian atau strerilisasi kucing adalah tindakan operasi untuk mengeluarkan organ reproduksi kucing, misalnya testis atau indung telur dari kucing. Strerilisasi kucing, baik pada kucing jantan maupun betina, disarankan untuk dilakukan di usia sekitar 4 bulan atau setelah kucing menyelesaikan vaksinasi utama.

Prosedur dan Manfaat Kebiri Pada Kucing

Faedah Kebiri / Sterilisasi Kucing

1. Menahan kucing berkeliaran dan berkelahi

Salah satunya faedah kebiri kucing untuk mengatur sikap agresif berkaitan dengan hormon. Kucing yang tidak dikebiri biasanya mempunyai

dorongan kuat untuk berkeliaran jauh dari rumah untuk cari kucing lain supaya bisa berkembang biak, khususnya saat pada musim kawin.

Disamping itu, dorongan kucing yang belum dikebiri untuk berkelahi condong semakin kuat dibanding dengan kucing yang telah steril. Ini umumnya muncul karena kompetisi antara kucing jantan.

Maka dari itu, dengan proses kebiri, resiko kucing lenyap karena berkeliaran atau cedera karena perkelahian juga dapat dikurangkan.

2. Kurangi rutinitas spraying atau menyemprot urine

Sesudah kucing dikebiri atau disteril, mereka condong akan berperangai tidak agresif dan baik. Misalnya, kucing jantan kemungkinan tak lagi mengidentifikasi daerahnya dengan menyemprot air seni disekitaran rumah.

Pada kucing betina juga sama, mereka tak lagi kerap mengeong dan buang air kecil asal-asalan untuk mengundang perhatian kucing jantan sepanjang musim kawin.

Perlu Anda kenali jika urine yang dikeluarkan oleh kucing yang belum steril condong bau menyengat. Nach, kebiri kucing dijumpai bisa membuat berbau urine jadi lebih normal dan kucing juga lebih bersih dan terurus dengan baik.

3. Menahan penyakit tertentu

Beberapa riset memperlihatkan jika kebiri kucing dapat membuat kucing hidup lebih sehat dan lama. Pada kucing betina misalkan, proses ini dijumpai bisa menahan berlangsungnya penyakit kanker kandungan, kanker indung telur (ovarium), dan infeksi rahim.

Dan pada kucing, kebiri berguna untuk menahan kanker testis, permasalahan pada prostat, dan kurangi penebaran penyakit karena infeksi virus, seperti feline immunodeficiency virus (FIV).

Bukti Sekitar Kebiri Kucing

Ada banyak salah paham yang tersebar sekitar efek sterilisasi pada sikap kucing dan kesehatan. Untuk melempengkan info yang salah itu, silahkan baca beberapa bukti berkaitan dampak kebiri kucing:

Kucing tidak semakin bertambah berat atau bahkan juga alami berat badan yang berlebih sesudah dikebiri, asal dia teratur olahraga dan makan seperlunya sesuai tingkat kegiatan fisiknya.

Walau dilaksanakan di umur dini, sterilisasi tidak mempunyai dampak pada perubahan fisik, temasuk tinggi tubuh dan ukuran aliran kemih atau organ intim kucing.

Personalitas kucing tidak berbeda sesudah disteril, tetapi mereka kemungkinan kelihatan semakin tenang, lebih jarang-jarang berkeliaran atau berkelahi,

atau mungkin tidak pipis atau bab sembarangan. Pada kucing jantan, dampak ini ada karena kebiri bisa mengatur jumlah

Proses Kebiri Kucing

Perlakuan kebiri kucing disebutkan dengan orkidektomi. Lewat operasi ini, ke-2 testis kucing jantan diangkat untuk hilangkan sumber khusus hormon testosteron.

Dalam pada itu, pada sterilisasi kucing betina, indung telur dan kandungan diangkat supaya tidak dapat hamil. Saat sebelum lakukan kebiri kucing, ada banyak hal yang penting disiapkan, yakni:

Kucing perlu dipuasakan minimal sepanjang 6-8 jam saat sebelum operasi untuk pastikan perutnya kosong. Tetapi, kucing masih bisa dikasih minum sekurang-kurangnya sampai 2-3 jam saat sebelum operasi.

1. Kesehatan kucing perlu dicheck saat sebelum dikebiri. Ini penting untuk pastikan apa kucing mempunyai permasalahan kesehatan tertentu yang bisa mengusik kesuksesan proses kebiri.

2. Jika kucing dipastikan sehat dan dapat jalani perlakuan kebiri, berikut tingkatan proses kebiri kucing:

Dokter hewan akan menidurkan kucing di meja operasi dengan memberikannya suntikan obat obat bius dan penenang. Dokter akan memberi obat penurun nyeri. Kemudian, dokter mulai akan mensterilkan anggota badan kucing yang hendak dibedah.

1. Pada kucing jantan, 2 irisan kecil dibikin setiap segi kantung zakar (skrotum), hingga tiap testis bisa diangkat atau dipotong.

2. Pada kucing betina, irisan dibikin di perut, hingga indung telur dan kandungan bisa diangkat dan diikat.

3. Sesudah organ reproduksi kucing diangkat, dokter akan menjahit cedera irisan dan tutup cedera itu.

Baiklah cat lovers, itulah tadi Prosedur dan Manfaat Kebiri Pada Kucing yang berhasil kami sajikan untuk kalian semua. Semoga informasi ini bermanfata untuk kalian semua. Sampai jumpa di postingan lainnya. Terimakasih banyak sudah membaca artikel kami.

Related Posts
Sikap Wirausahawan: Mengapa Mindset Positif Penting dalam Kesuksesan Bisnis
Sikap Wirausahawan

Pada artikel ini suhukicau.com akan membahas secara mendalam mengenai pentingnya sikap wirausahawan dalam membangun kesuksesan dalam dunia bisnis. Dalam dunia Read more

Cara Membersihkan karang Gigi dengan Tepat
Membersihkan karang Gigi

Membersihkan karang Gigi - Karang gigi (juga dikenal sebagai kalkulus gigi) terjadi pada gigi ketika plak dibiarkan menumpuk dan mulai Read more