Tips Sukses Ternak Burung Puyuh Bagi Pemula

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini, suhukicau.com kembali akan berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia burung, namun ada berbeda sedikit di pembahasan ini yang akan dibahas adalah budidaya atau ternak burung puyuh guys.. Mungkin dari temen-temen semua pasti tidak heran lagi ya dengan telurnya, ada yang sering mengkonsumsinya ya walaupun telurnya berukuran kecil namun gizi dan proteinnya sangat baik bagi kita. Nah Bagi kalian yang ingin berwirausaha dan mencoba prospek peluang bisnis ini yang sangat bagus dipasarannya tidak ada salahnya kalian baca artikel ini sampai selesai ya.. Biar nggak gagal paham maksudnya ?.

Dan disni akan dijelaskan beberapa hal yang harus kalian perhatikan dan wajib tahu sebelum memulai usaha budidaya burung puyuh ini agar berhasil..

Seperti yang saya katakan tadi ya, jika temen-temen ingin memulai usaha ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai ternak ini ya, yang pertama adalah kalian harus mengingat risiko yang harus diterima. Setiap semua usaha pasti ada resikonya teman-teman, tapi kalau ada usaha yang baik, benar serta sabar ditambah do’a insyallah akan lancar kok hehe.. Ammin.

Wirausaha sejati pasti bisa menanggung risiko yang akan dihadapainya, tingkat resiko ini juga harus dipikirkan itu biar nanti pas waktu terjun langsung ke di dunia peternakan kalian itu tidak kaget dengan risiko tersebut, bener nggak ?.

3 Hal Penting Sebelum Memulai Budidaya Burung Puyuh


Perhatikan Resikonya

Masalah virus mematikan yang bisa menyerang burung ternak kita, nah inilah momok yang sangat menakutkan pastinya.. Salah satu contoh dari segi penyakit-penyakit misalnya, Mungkin dari sebagian breding burung puyuh profesional sudah banyak mengetahui dan pasti pernah mengalaminya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Kenari Kalitan Yang Bagus

Jenis virus yang sangat mematikan dan ditakuti.. Adalah virus arakan ini, jika burung puyuh terkena virus akaran ini sangat berbahaya ya, dan sampai saat ini tidak ada obat dan vaksinya yang mampu mengobati.

usaha-breding-telur-puyuh

Jalan satu-satunya jika burung ternak kalian sudah terserang virus ini ya mau tidak mau lah itu harus dijual untuk dijadikan konsumsi, nah seperti itu ya teman-teman-teman. Dan ini mesti dipikirkan terlebih dahulu teman-teman-sudah yakin atau belum..?

Kalau menurut saya sih lebih mendingan burung puyuh ketimbang ternak ayam.. Karena untuk breding ayam sangat rentan. Dan sudah pasti selalu diberi obat dan vaksin gunanya itu menjaga kekebalan tubuh dari segala macam virus yang bisa membahayakan.

Nah kalau burung puyuh ini menurut sepengalaman saya itu dari awal mulai memulai usaha ini sampai sekarang alhamdulillah saya tidak memakai obat dan vaksin.

Akan tetapi cukup menyemprotkan apa antiseptik kedalam kandang yang akan ditempati burung itu. Dan selanjutnya adalah perincian yang yang tepat sebelum memulai usaha ini karena nantinya sebelum terjun langsung ke duniausaha ternak itu kalian bisa lebih terarah pastinya.

Untuk perhitungan yang rinci dalam berusaha juga menjadi faktor penting yang harus dilakukan loh, jadi biar bisa memenuhi target usaha ini, misalkan kalian usaha tanpa perincian pasti usaha yang kalian jalani akan berakibat fatal seperti itu Menurut saya. Dan itu ya sangat penting perincian sedetail mungkin.

Perincian Modal Usaha

Mungkin dari segi pembuatan baterai menghabiskan modal berapa, dan sebenarnya itu bukan dari modal ya, pengertian modal disini, misalkan temen-temen punya banyak modal dan now pun juga kalian bisa memulai usaha ini kalau percaya tuh bukan bukan dari teman-teman mempunyai banyak modal Bukan tapi cukup modal teman-teman

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Pleci

Untuk memulai usaha ini misal kalian mempunyai modal 5 juta dengan modal yang minim itu kita pun bisa memulai usaha ini akan tetapi harus diperlukan perinciannya tepat ya temen-temen. Percuma jika modal besar akan tetapi perincian laporan serta perhitungannya kurang tepat, maka yang ada malah boncos dan bisa rugi besar.

budidaya-puyuh-sukses

Waktu Dan Tempat Yang Tepat

Karena tanpa memilih waktu dan situasi yang tepat maka akan juga berakibat fatal jika teman-teman memulai usaha ini, jadi lihat dulu situasi dan kondisi sebelum memulai usaha ini.

Misalkan saja contoh teman-teman mempunyai tetangga atau teman yang memiliki usaha ternak burung puyuh, lalu kalian pasti bertanya berapa sih omsetnya dalam perbulan bersih.. ?. lalu andaikan dijawab, pendapatan bersihnya itu bisa mendapat katakan 15 juta woow.. Besar sekali ya..

Lalu kalian mudah sekali tergiur dan tanpa berpikir apa kira-kira permasalahanya yang akan dihadapi nanti, eh kesuksesan orang lain berbeda dengan kita yang ternyata tidak sesuai harapan yang diinginkan dan ini sangat mempengaruhi menurut saya. sudah siapkah mental kalian!..

Jadi intinya siap berkorban, waktu, tenaga, pikiran, modal dan yang nggak kalah pentingnya adalah berdo’a ya .. biar bisa selalu diberikan kelancaran dalam setiap kegiatan ataupun usaha yang kita lakukan..

Ya itu saja tips dan motivasi serta pengalaman dari saya seputar ternak burung puyuh, yang kiranya bisa menambah wawasan kalian semua.. semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : 4 Jenis Burung Puyuh Terpopuler Di Dunia