9 Ciri Kucing Stres dan Cara Terbaik Menanganinya

9 Ciri Kucing Stres dan Cara Terbaik Menanganinya – Hai cat lovers, apa kabar kalian hari ini? apakah kalian pernah merasa stres? mungkin karena masalah kehidupan yang memang akan terjadi kepada siapa saja. Sampai tidak bisa tidur, tidak nafsu makan,

emosi tingkat tinggi wah itu sih memang perlu penanganan untuk menyelesaikan masalah ya. Eh tapi ternyata stres atau perasaan tertekan tak hanya menyerang manusia loh cat lovers, kenapa ya kira-kira penyebabnya apakah karena tekanan kehidupan juga?

Tentunya berbeda tekanan yang dihadapi manusia dan hewan yah hehehe, nah di artikel ini kita akan mengulas tentang ciri-ciri yang menandari kucing kesayangan kalian sedang tertekan dan bagaimana cara menanganiny, langsung ke pembahasannya.

9 Ciri Kucing Stres dan Cara Terbaik Menanganinya

Inilah Ciri-Ciri Kucing Stres dan Cara Menanganinya


1. Pipis asal-asalan

Saat menyaksikan kucing piaraanmu pipis asal-asalan, janganlah lekas geram atau kecewa. Keadaan ini dapat menjadi satu diantara ciri-ciri kucing depresi atau sedang terserang penyakit tertentu, seperti infeksi aliran kemih.

2. Menggaruk badannya terlalu berlebih

Jika kucingmu sering menggaruk badannya, bisa saja hal itu memperlihatkan jika dia sedang stres. Tetapi, tidak cuma depresi, rutinitas ini bisa juga disebabkan karena penyakit kulit pada kucing, seperti infeksi kutu, dermatitis, atau jamur.

3. Menjilat badannya terlalu berlebih

Menjilat badan sebagai salah satunya langkah kucing bersihkan dianya dan menjaga. Tetapi, bila kucingmu menjilat badannya terlalu berlebih, bahkan juga sampai bulu-bulunya rontok, keadaan ini menjadi pertanda jika dia sedang stres.

4. Alami masalah pencernaan

Depresi dapat membuat kucingmu alami permasalahan pencernaan, misalkan diare, sembelit, dan kerap kelihatan rewel saat buang air besar. Bila kucingmu alami masalah pencernaan tanpa ada alasan yang terang, seharusnya selekasnya kontrol ke dokter hewan supaya keadaannya dapat ditangani.

5. Mengeong terus-terusan

Dengar suara kucing mengeong kadang membuat kamu berasa lebih suka dan tenang. Tetapi, kamu perlu siaga, bila kucing piaraanmu mengeong terus-terusan atau berjalan dalam saat yang lama. Ini menjadi pertanda membawa kucingmu sedang pada kondisi cemas atau kuatir, terutama bila suara meongnya tidak seperti biasa.

6. Berkurangnya selera makan

Jika kucing kecintaanmu tidak selera makan secara tiba-tiba atau mungkin tidak seperti umumnya, apa lagi bila dia telah diberi makanan kesukaannya, peluang kucingmu sedang stres. Tetapi, bila kucingmu sulit makan untuk saat yang lumayan lama sampai beberapa minggu, bahkan juga membuat terlihat kurus dan berat tubuhnya turun mencolok, kamu perlu waspada. Ini menjadi pertanda jika kucingmu sedang sakit atau mempunyai permasalahan kesehatan tertentu, hingga dia perlu dibawa ke dokter hewan.

7. Menyendiri atau sukai sembunyi

Kucing sebagai hewan yang menyukai menyendiri dan cari tempat persembunyian, seperti kolong kasur, kotak kardus, atau dalam almari baju. Tetapi, bila kucing terus-terusan sembunyi darimu dan tidak lagi aktif bermain, tidak boleh acuhkan ciri-ciri kucing depresi ini dan seharusnya tanyakan ke dokter hewan.

apakah kucing stres bisa mati

8. Mempunyai jadwal tidur tidak teratur dan badannya terlihat lemas

Kucing memang populer sebagai hewan yang menyukai tidur. Tetapi, bila skema tidurnya jadi tidak teratur dibarengi dengan badan yang terlihat lemas, bisa saja kucingmu mengalami stres.

9. Kelihatan lebih agresif

Ciri-ciri kucing depresi yang termudah dikenal ialah lebih agresif, baik ke manusia atau hewan lainnya. Sikap agresif ini dapat berbentuk mendesis, sukai mengeong dengan suara keras, mencakar dan menggigit benda atau perlengkapan di dalam rumah, atau serang hewan manusia dan lain.

Selainnya beberapa ciri-ciri di atas, kucing depresi bisa juga diikuti dalam bahasa badan yang memperlihatkan kekuatiran, seperti jalan terlampau bungkuk, sikap badan kerap berjongkok atau meliuk, dan telinga ditujukan ke belakang.

Langkah Tangani Kucing Depresi

Bila peralihan sikap yang terjadi pada kucingmu sebagai beberapa ciri kucing depresi, ada banyak pengatasan yang dapat kamu kerjakan untuk membikin kucingmu berasa lebih bagus, yakni:

1. Penuhi seluruh keperluan kucing kecintaanmu, dimulai dari makanan, air, tempat tidur, sampai tempat untuk buang kotoran.

2. Bila mempunyai lebih satu kucing, yakinkan kucing-kucingmu mempunyai mangkok makan terpisah.

3. Coba untuk jalani kegiatan rutin yang serupa sehari-harinya, seperti memberikan makan dan ajaknya bermain di saat yang sama.

4. Diamkan kucingmu masih tetap aktif dan siapkan beragam permainan supaya dia tidak berasa jemu.

5. Kasih waktu untuk kucingmu untuk beradaptasi ketika berada orang atau hewan piaraan baru di rumah.

6. Yakinkan semua bagian keluarga ketahui beberapa ciri kucing depresi dan pantau anak-anak saat bermain dengan kucing.

Depresi biasanya dapat lenyap sendiri sesudah kucingmu telah terlatih dengan hal baru atau saat penyebab stresnya teratasi. Tetapi, bila ciri-ciri kucing depresi yang dia alami tidak juga lenyap atau malah makin kronis, kamu seharusnya membawa ke dokter hewan supaya dia dapat memperoleh pengecekan dan pengatasan yang tepat.

baca juga : Panduan Latih Kucing Piaraan dari Pakar

Related Posts
Hut RI ke-78: Momen Spesial untuk Menyatukan Bangsa dan Mengenang Jasa para Pahlawan!
tema hut ri ke-78

Perayaan HUT RI ke-78 penuh semangat, kebanggaan, dan cinta tanah air. Merdeka untuk generasi masa depan. Merdeka! Kata yang menggelora Read more

Cara Menggunakan Sniper WhatsApp Pro
Sniper WhatsApp Pro

Sniper WhatsApp Pro - Dalam era digital saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu platform komunikasi paling populer di dunia. Read more