Burung Robin

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Burung Robin – Membicarakan banyaknya jenis burung kicau baik yang ada di nusantara kita bahkan ke mancanegara memang tak akan ada habisnya setelah sebelumnya beberapa jenis sudah kita bahas kali ini tentang burung robin.

Robin merupakan burung yang asal mulanya berasal dari negri tiongkok. memang dia memiliki karakter yang sangat positif sekali dengan keriangannya, kelincahannya meskipun berada dikandang dan juga sangat rajin ngoceh.

Sehingga banyak yang merawatnya yang konon percaya dia dapat menyebarkan aura positifnya ke pemiliknya bahkan ke sekitarnya sehingga hari-harinya akan dijalani dengan sangat baik, cukup menarik bukan.

Selain itu robin memiliki daya tarik dari warna-warni bulunya dengan perpaduan yang unik mulai dari warna hijau daun, abu-abu yang cukup mendominasi serta warna kemerahan pada paruh dan juga sayapnya sangat ngeblend menjadi kesatuan yang luarbiasa cantiknya.

Meskipun nenek moyangnya berasal dari china tetapi menurut survei, robin ini banyak ditemukan diwilayah Amerikan Utara atau disebelah selatan dari Meksiko. disana dia merupakan jenis burung yang sangat familiar.

Daripada kalian semakin penasaran dengan burung cantik ini dan sangat berminat untuk memelihara burung ini pastikan kalian membaca artikelnya sampai habis untuk mengenalnya terlebih dahulu.

harga-burung-robin

Mengenal Jenis Burung Robin

1. Ciri – Ciri Burung Robin

Robin termasuk burung kecil, dengan panjang tubuh sekitar 7 cm saja. Karena tubuhnya yang mungil jadi kalian tidak memerlukan kandang yang besar, biasanya yang dipakan kandang ukuran 25X30 cm luasnya.

Baca selengkapnya :  Tipe Burung Macaw Dan Harga Pasarannya

Tubuhnya berbulu didominasi abu-abu, dengan paruan merah dibagian sayap dan paruhnya dia juga sangat aktif sekali dan juga nafsu makannya juga banyak meskipun tubuhnya kecil.

Robin termasuk burung yang mudah bereproduksi dan hasill telurnya juga cukup banyak bisa 3 sampai 5 butir tentunya anakan robin memiliki bulu abu-abu kehijauan yang sangat lembut.

2. Makanan Burung Robin

Secara umum dia merupakan burung pemakan serangga, namun dialam bebasnya dia juga menyukai buah-buahan sebagai makanan tambahan bisa pengganti air minum bisa juga tambahan vitaminnya.

Voer : didalam perawatan tentunya kalian bisa mengajarinya memakan voer sebagai makanan utama selain lebih praktis, kandungan didalam voer juga sangat kompleks dan sesuai untuk kebutuhan tubuhnya.

Serangga : Dalam perawatan serangga seperti jangkrik, ulat, dan kroto hanya diberikan sebagai makanan tambahan yang mengandung protein tinggi karena meskipun kecil dia sangat lincah sehingga metabolismenya sangat baik.

Buahan : selain itu dialam bebasnya juga dia menyukai buahan manis yang berukuran kecil dan mengandung banyak air seperti buah berry, anggur dan buah kecil ayng mengandung air lainnya.

3. Kelebihan dan Kekurangan Burung Robin

Kelebihan Robin

1. Memiliki suara kicauan yang merdu
2. Suarocehannya sangat variatif
3. Padu padan warna bulunya sangat unik dan cantik sekali.

Kekurangan dari Burung Robin

1. Sulit beradaptasi dengan cuaca lain. Misalnya kalau kelamaan di iklim tropis maka dia tidak tahan dingin dan kalau banyak dinegara beriklim dingin dia tidak tahan panas.

2. Mudah sekali stres sehingga perawatannya harus hati-hati.

suara-burung-robin

4. Tips Merawat Burung Robin

Untuk perawatan harian bisa kalian lakukan seperti biasa, halnya seperti burung kicau lain pada umumnya dimana dipagi hari dimandikan, kandang dibersihkan secara rutin dan cepuk makan minumnya dicuci bersih.

Baca selengkapnya :  Murai Batu Nias

Setelah itu dijemur dibawah sinar matahari sambil diberikan makanan tambahan atau EF selanjutnya digantung ditempat yang lebih nyaman sambil dimasteri dan setelahnya dimalam hari krodong burung ditutup supaya istirahatnya berkualitas sambil tetap dimasteri.

Usahakan kalian memelihara burung robin ini lebih dari seekor karena dia biasa hidup berkoloni sehingga kalau ada temannya bisa mengurangi kadar stresnya. Robin juga sangat menyukai kandang yang nyaman dan bersih usahakan kandangnya agak besar.

Nah itulah tadi deretan informasi tentang burung robin semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kalian, terimakasih banyak sudah selalu setia memnbaca artikel kami sampai jumpa dilain artikel.

baca juga : cara ternak burung robin

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari