Cara Merawat Burung Merpati Agar Juara

Diposting pada

Suhu Kicau kembali update informasi, nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi tips dan cara merawat burung merpati harian yang wajib dilakukan, khususnya bagi para pemula yang baru memulai hobi dan mencoba memelihara burung merpati ini ya, baik merpati kolongan ataupun balap, pada dasarnya dalam memberikan perawatan hariannya sama saja.

Selain dari katuranggan / trah keturunan sert ciri-ciri burung merpati yang bagus tentu menjadi faktor penentu suksesnya burung tersebut untuk mejadi jawara lapangan,

Namun tidak hanya itu saja ya yg dijadikan paramternya, perawatan harian sangatlah penting, mengingat hasil eksekusi nanti yg akan menentukan pola rawatan dari setiap burung bisa menjadi juara atau tidaknya.

Maka dari itu di artikel ini akan kami bahas secara tuntas cara merawat merpati bagi pemula yg bisa kalian terapkan untuk rawatan hariannya ya, yuk simak pembahasan selengkapnya dibawah ini :

Bagaimana Cara Merawat Burung Merpati ?


Persiapan Kandang

Nah hal yg terpenting ini sebelum temen-temen membeli burung merpati atau ingin memeliharanya tentu sebaiknya tentukan terlebih dulu posisi kandang burung, karena jika kalian ingin merawatnya lebih dari sepasang dan banyak momongan tentu akan juga memakan banyak tempat atau lahan,

Disarankan tempatnya jangan di dalam ruangan tertutup ya, sebaiknya di tempat yg terbuka, seperti di halaman depan, samping ataupun belakang rumah yang kira-kira memadai dan layak jika kita tempatkan burung dara itu di dalam kandangnya.

Usahakan pada dasar lantainya masih tanah asli ya, jangan di tempatkan di keramik ataupun paping, karena burung ini jika dikepar sangat menyukai memijak langsung ke tanah pastinya. Rancang kandang sesuai dengan kebutuhan dan intinya yg nyaman bagi kalian serta burung nya ya.

Baca selengkapnya :  Download Suara Alam Relaksasi Terapi Burung Kicau

bagaimana-cara-merawat-burung-merpati

Menjaga Kebersihan Kandang

Setiap hari bagi temen-temen yang memelihara burung merpati ini baik cuman sepasang ataupun lebih banyak misalnya, tentu harus rajin juga ya memberishkan kotoran (tai) burung si burung tersebut, karena sama-sama kita ketahui bahwa pengaruh yang dimiliki oleh kotoran burung dara / merpati ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia ataupun si burung itu sendiri.

Jika kondisi kandang burung setiap harinya bersih, tentu burung dan kitapun sebagai perawatnya juga nyaman ya, untuk menghirup udara segar setiap harinya dan yg pastinya bebas dari serangan virus serta sumber penyakit.

Penjemuran Burung Yg Tepat

Nah hal penjemuran ini juga wajib kalian lakukan ya setiap harinya, karena manfaat dari sinar matahari pagi ini sangatlah baik dan dibutuhkan untuk membakar kalori burung agar tidak kegemukan, tentu efek yg lainnya juga bisa membuat burung merpati ini selalu sehat dan FIT ya tement-temen.

Untuk durasi penjemuran bisa dilakukan selama 1 sampai 2 jam saja sudah cukup ya, jangan terlalu lama-lama juga menjemurnya !.

cara-merawat-burung-merpati-tinggian

Baca juga : cara memilih merpati kolongan

Pemberian Pakan Berkualitas

Nah biasanya apa sih makanan harian yang bagus untuk jenis burung merpati ini ?. Bagi kalian yg masih awam tentu bingung ya memberikan pakan untuk burung merpati baru nya !.

Untuk harian, kalian bisa memberikannya pakan jagung yang banyak dijual kiloan ya di toko / kios burung, berikan pagi dan sore hari dengan takaran disesuaikan dengan kebiasaan burung masing-masing ya, namun pada pemberian di waktu pagi, sebaiknya jika burung sudah dijemur saja baru dikasih pakan jagung tersebut ya.

Dari ke empat cara tersebut, setidaknya harus mengetahui dasar dari pola perawatan yang akan kalian berikan kepada burung merpati ini ya, oke itu saja tips dan informasi dari kami seputar cara merawat burung merpati yg kiranya bisa bermanfaat bagi temen-temen semua.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari