Cara Memilih Merpati Kolongan Stut Kencang

Diposting pada

cara memilih merpati kolong – Assalamualaikum wr, wb. kembali lagi bersama website suhukicau.com, nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara memilih burung merpati kolong yang bagus, khusus bagi kalian yg masih pemula dan baru mencoba dan ingin merawat burung dara / merpati ini tentu harus wajib mengetahui sebelum membeilinya.

Penggemar burung dara atau burung merpati tinggi (kolongan) ini dari zaman ke zaman tidak pernah hilang dan sepi, malahan semakin bertambah banyak terus di setiap tahunnya ya, dikarenakan konsisten baik penangkar, dan penggelar event kontes yang selalu terkordinir dengan baik, harga jualnya juga stabil ya, untuk yg sudah juara bisa sangat mahal sekali pastinya, ya wajar saja untuk hadiah yg di janjikan di lapangannya juga sangat menggiurkan lho.

Oke biar pada nggak penasaran, tanpa banyak basa basi lagi langsung aja simak pembahaan lengkapnya dibawah ini :

Ciri Merpati Tinggian Yang Turunya cepat


  • Untuk Bentuk Bola Mata Pilihlah Yg Simetris Bulat Dan Pada Pupil Depan Condong Ke Dalam, Warna Mata Bersih Terang Sorotan (Tatapannya Tajam) dan memiliki responsif terhadap cahaya.
  • Bentuk Kepala, Jidatnya Jenong (Nonjol Pada Bagian Depan).
  • Biasa Bentuk Paruh Lancip, Lebih Pendek Dan (Tidak Panjang).
  • Bentuk Lehernya Kokoh, Atau Sedang Saja Ya (Asalkan Tidak Letoy).
  • Untuk bentuk badan, menyerupai huruf V tidak kegemukan dan juga tidak terlalu kurus ya temen-temen.
  • Untuk bentuk sayap sampai kaki dan ekor : Nah untuk sayapnya terlihat pada susunan pularnya, jika kita buka di dalam runcing dan rapat ya temen-temen, burung seperti ini sangat kencang dan memiliki speed yang stabil cepat jika terbang di udara.
  • Bentuk sumpitnya jika diraba, terasa keras ya seperti udang.
Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Cucak Jenggot Beserta Harga Dan Suara

Dari ke empat analisa tersebut jika burung memenuhi persyaratan tentu salah satu burung yg memiliki katuranggan merpati kolong juara. Untuk harga burung dara tinggian yang bagus saat ini bisa mencapai puluhan juta rupiah perpasangnya ya, wow sungguh fantastis bukan !.

cara-memilih-merpati-kolong-yang-bagus

Tips Mudah Merawat Merpati Kolong

Berikut pola rawatan harian yg wajib dilakukan setiap harinya khusus bagi kalian yg masih pemula :

Yang pertama pada pagi hari sekitar jam 7 – 9 kaki burung wajib dibersihkan ya, karena kaki burung dara / merpati ini sering sekali menginjang kotorannya sendiri, jika tidak sering dibersihkan di khawatirkan bisa terkena virus, korenangan dan infeksi pada area kakinya, cara membersihkannya di semprot terlebih dahulu agar kotoran yg menempel kering menjadi lunak, nah setelah itu baru boleh kalian sikat pada area kaki sampai ujung kukunya, dengan menggunakan sikat gigi yg bersih dan khusus untuk membersihkan kaki burung ini ya.

ciri-merpati-tinggian-yang-turunya-cepat

Selanjutnya bersihkan juga kotoran pada kandangnya setiap hari ya, catatan : untuk kotoran burung dara wajib hukumnya kalian sterilkan untuk hariannya, agar burung tetap sehat dan si majikannya juga dapat menghirup udara segar dan terhindar dari berbagai macam penyakit pernafasan ya. Karena sudah sama-sama kita ketahui kotoran yang menumpuk bisa membuat sarang virus yang bisa membahayakan burung dan kita juga ya sebagai pemiliknya.

Jika temen-temen memberikan air minum di dalam kandang tentu sangat mudah sekali kotor ya, sebaiknya harus sesering mungkin di ganti dengan ari mineral yang baru minimal sehari tiga kali ya. Jangan lupa memberikan pakan yg berkualitas baik jagung atau jamu racikan sendiri agar si burung tetap dalam kondisi prima setiap harinya.

Baca selengkapnya :  Cara Perawatan Harian Murai Batu Untuk Lomba

Nah itu saja tips singkat yg bisa kami berikan seputar cara memilih merpati kolong, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua ya, terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari