Cara Mempersiapkan Lovebird Untuk Lomba

Diposting pada
Rate this post

Memenangkan kontes burung kicau tentunya menjadi keinginan kita semua bukan. Sebelum menurunkan burung kesayangan kita ke kontes kicau kita harus tahu dulu Cara Mempersiapkan Lovebird Untuk Lomba apa saja yang

dilakukan sebelum perlombaan dan bagaimana cara melatihnya. Nah tepat sekali kalau kalian belum tahu kami akan membahas seputar pertanyaan-pertanyaan itu semua jadi kalian jangan khawatir ya.

Biasanya kontes lovebird ini digelar setiap minggu, mulai even kecil sampai kejuaraan besar seperti tingkat nasional, ningkat kabupaten kota bahkan ada piala kapolri dan lain sebagainya.

Persiapan burung sebelum lomba disebut dengan settingan lomba yang merupakan, karena sebelum menurun kan lovebird ke area kontes kita akan menyeting atau mengatur dulu supaya dia bisa mengeluarkan performa terbaik yang ia miliki.

settingan-lovebird-lomba-di-lapangan

Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Kontes Burung Lovebird

Kurangi Durasi Penjemuran Burung

Misalnya kamu akan menurunkan lovebird milikmu turun di arena kontes pada hari minggu maka mulai h-3 penjemuran mulai dikurangi durasinya. Dihari biasa atau setingan harian burung dijemur dengan

durasi 1 jam, maka pada 3 hari sebelum lomba penjemuran cukup dilakukan selama 15 menit saja, hal ini bertujuan agar si burung mendapatkan waktu untuk beristirahat lebih banyak

untuk mempersiapkan staminanya saat terjun diarena perlombaan kicau nanti dan juga dia bisa menampilkan performa terbaiknya saat itu.

Menambahkan Makanan Yang Bernutrisi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya kamu juga harus menambahkan asupan nutrisi untuk siburung, dengan menambahkan ef seperti sayuran, jagung atau biji bunga matahari yang banyak vitaminnya.

Baca selengkapnya :  Inilah Rahasia Makanan Burung Lovebird Supaya Cepat Gacor

Seta kalian juga bisa menambahkan vitamin tambahan yang sudah banyak dijual di kios burung atau bisa juga dibeli di marketplace online dengan berbagai merk dan harga.

Tutup Kerodong Kandang Semalaman

Dengan menutup krodong kandang burung semalaman atau full krodong yang bertujuan supaya burung lovebird kesayangan kalian bisa mendapatkan waktu istirahat di malam hari sebelum dia turun di arena perlombaan.

Karena lovebird ini termasuk burung yang mudah sekali terpancing apalagi saat memasuki setingan lomba ini kalau ketemu burung lain dia akan mengeluarkan kicauannya jadi harus benar-benar dijaga kondisinya.

efek-lovebird-kurang-jemur

Menyetabilkan Birahi

Usahakan kalian harus mengetahui dulu kondisi burung lovebird jagoan kalian sebelum diturunkan ke arena lomba, misalnya dia dalam kondisi yang over birahi maka pemberian makanan efnya jangan terlalu banyak.

Kalau dia dalam birahi yang menurun kalian harus memberikan makanan tambahan untuk menaikan birahinya. karena kalau dia dalam keadaan over birahi dia akan ngotot saat dihadapkan dengan pesaing nya namun

tidak bertahan lama alias cepat lelah sebaliknya jika birahinya menurun alih alih berkicau dengan durasi ngekek yang panjang dia akan macet bunyi disana dan mentalnya akan semakin down.

Burung Harus Diisolasi

Seperti halnya tadi yang full krodong, untuk lebih efektif lovebird yang akan turun ke kontes kicau harus diisolasi atau dipisahkan dengan burung-burung lain karena pada konsisi seperti

itu dia akan sangat mudah terpancing apabila melihat atau mendengar kicauan burung lain maka dia akan nyamber mengikuti bahkan lebih ngotot lebih dari biasanya tentunya ini akan membuat burung kalian menjadi kelelahan.

Menjaga Kebersihan Kandang

Selain menjaga kebersihan kandang saat perawatan harian, kalian juga saat melakukan perawatan lomba harus menjaga kebersihan kandangnya seperti biasa dan juga ketika hari h sebelum berangkat

Baca selengkapnya :  Murai Batu Gacor Rumahan Belum Tentu Kerja Di Gantangan

ke tempat kontes pastikan kalian membersihkan kandangnya dulu supaya saat naik gantangan dia akan tetap nyaman berada di kandangnya dan mengeluarkan semua kemampuan yang dimilikinya.

setingan-lomba-lovebird-fighter

Nah itulah serangkaian cara mempersiapkan lovebird untuk lomba semoga informasi ini dapat menginspirasi kalian terutama pecinta burung lovebird di seluruh nusantara. Terimakasih sudah selalu mendukung suhukicau.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari