burung-tengkek-udang

Ciri Burung Tengkek Udang, Habitat, Makanan, Harga

Burung Tengkek Raja Udang memiliki warna bulu kehijauan yang terkesan elok dan mempesona. Tidak hanya warna bulu yang cantik, jenis burung satu ini juga mempunyai karakter suara yang bagus.

Sekilas kicauan suara yang dihasilkan terdengar seperti orang mengekek. Sayangnya keberadaan burung tengkek udang mulai langka dan jarang ditemukan di alam liar. Karena para pemburu yang mengincar kemudian menjualnya dengan harga mahal.

Memahami Lebih Dekat Karakter Tengkek Udang

Burung ini terkenal dengan sebutan burung pemburu yang sangat cerdik. Pada saat akan menangkap mangsa, burung ini akan bertengger di sebuah ranting dengan sabar. Ketika mangsa mulai mendekat maka Ia segera menangkapnya dengan lincah dan sangat cepat.

Banyak yang mengibaratkan burung seperti anak panah, karena mampu melesat dengan kekuatan super cepat dan gesit. Jarang sekali ada tangkapan yang meleset dari cengkramannya.

Dalam pengelompokan jenis burung, burung tengkek udang termasuk spesies kingfisher dan hidup di sekitar air serta alam bebas. Jadi ketika anda berniat untuk memeliharanya, maka harus bisa menempatkan burung sesuai dengan habitat aslinya.

Pelajari dengan baik cara perawatan yang tepat, agar burung tetap terjaga kondisi peformanya. Tetapi kebanyakan orang tidak bisa merawat burung ini dengan baik, dan mereka mati dengan sia-sia.

gambar-burung-tengkek-udang

Ukuran tubuhnya berbeda dengan spesies lain, mereka cenderung bertubuh kecil sekitar 13 cm sampai 15 cm. Bagian bulu dominan berwarna putih dengan warna hitam dan biru laut di bagian ekor serta sayap.

Burung juga memiliki iris mata cokelat yang sangat tajam, dengan tatapan tenang ketika akan membunuh mangsa. Selain itu bagian paruh berwarna kehitaman serta kaki yang dibalut warna merah pudar.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Cucak Rowo Agar Gacor

Makanan yang Dibutuhkan untuk Bertahan Hidup

Terbiasa hidup di alam liar menjadikan burung seringkali memakan ikan-ikan kecil di sungai. Jika anda memeliharanya pastikan memberi pakan berupa hewan yang hidup di sungai atau pinggir kolam.

Ketika sudah selesai makan maka Ia akan memuntahkan duri atau tulang yang tidak bisa dicerna. Lalu Ia akan kembali diam di tempat yang menurutnya nyaman. Biasanya burung hinggap pada dahan pohon yang memiliki ketinggian 1-2 meter diatas permukaan air.
Anda juga bisa membuat makanan untuk burung tengkek udang dengan mencampurkan beberapa voer burung. Dipadukan dengan 3 butir kuning telur puyuh, minyak ikan sebanyak 3 sendok, dan 2 sendok teh kroto segar.

Lalu blender semua bahan tersebut sampai berubah menjadi lembut. Tambahkan potongan daging dari ikan mas atau mujair yang sudah digiling lembut. Kemudian aduk-aduk dengan menggunakan sendok, tuangkan minyak ikan serta air panas. Terus aduk hingga terlihat seperti bubur yang kental.

tengkek-udang

Mengetahui Alasan Burung Dijual Mahal

Burung tengkek udang termasuk jajaran primadona dalam spesiesnya. Karena memiliki bulu yang tebal dan membalut tubuh dengan indah. Selain itu burung ini langka ditemukan, sehingga menjadikan harganya melambung tinggi.

Kicauan merdu yang dihasilkan juga menjadi alasan utama mengapa harga burung begitu mahal. Sehingga seringkali dijadikan sebagai master bagi burung-burung lainnya. Harga burung ditawarkan mulai dari satu juta hingga diatas 5 juta rupiah.

Itulah sekelumit informasi tentang burung raja udang, varietas langka yang masih diburu hingga saat ini. Keunikan yang dimiliki memberi ruang tersendiri bagi peminatnya. Bahkan para penggemar rela mengeluarkan kocek dalam untuk memilikinya.

Namun anda perlu berhati-hati saat memeliharanya. Perhatikan dengan baik asupan makanan agar burung memperoleh nutrisi yang cukup. Disarankan untuk memelihara sejak dari anakan, karena akan memberi peluang untuk bertahan hidup lebih lama.