Cara Mudah Mengembalikan Mental Kacer Yang Hilang

Diposting pada

Assalamualaikum, wr. wb. Jumpa lagi bersama situs Suhu Kicau ya temen-temen, kali ini kami akan berbagi tips seputar cara mengembalikan mental kacer yang hilang dengan mudah dan cepat agar sikacer bisa kembali lagi jiwa fighternya.

Untuk burung kacer yg kalian rawat, baik itu yg baru didapat ataupun yg sudah lama rawatannya. Namun sebelumnya kita kenali dulu kenapa burung kacer kita bisa turun mental nya, ada banyak faktor penyebab pastinya kenapa si burung ini bisa mengalami hal seperti itu !.

Ada dua permasalahan Kenapa burung kacer bisa menjatuhkan mental yang pertama kali burung kacer masih terlalu muda dan temen-temen terlalu terburu-buru untuk mengadu / ditrek ya untuk menarungkan, tentu si kacer muda ini belum memiliki kesiapan atau materi dan mental serta yang kedua karena kondisi yang kurang FIT burung terlalu dipaksakan juga untuk digantang.

Tips Pola Rawtan Kacer Yg Drop Mental Agar Cepat Pulih Kembali


Isolasikan Burung Ditempat Yg Tenang

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah sebisa mungkin ya burung ini harus diasingkan baik terhadap lalu lalang orang (keramaian) ataupun burung ocehan yang lainnya misal teman-teman-teman punya burung kacer lebih dari satu usahakan kacer yang drop itu kita sendirikan terlebih dahulu.

Jadi jangan sampai kacer yang drop itu melihat burung kacer lainnya ya, usaha-usaha kan kita isolasikan terlebih dahulu ya pola perawatannya seperti biasanya harian embun-embun pagi sangat wajib untuk perawatan kacer yang ngedrop.

Baca selengkapnya :  Harga Burung Cililin

Pengembunan Serta Pemandian Yg Tepat

Usahakan mandi memakai keramba ya, jika tidak memungkinkan disemprot juga tidak apa-apa ya, akan tetapi alangkah baik memandikan burung kacer dengan menggunakan wadah khusus di bak pemandian agar lebih segar dan rileks. Karena jika burung mandi sendiri ini sudah pasti mengetahui cukup atau tidaknya durasi mandi tentu siburung yg bisa merasakannya.

setelah proses pengembunan selesai seperti biasa kita mandi kan, nah ini poin yang sangat penting ya jadi proses memandikan terhadap kacer yang drop mental jangan terlalu sering memandikan burung kacer jadi jangan setiap hari ya, cukup dua minggu dua kali atau seminggu sekali saja.

cara-menaikan-birahi-kacer

Baca juga artikel terkait lainnya seputar : perawatan kacer tipe panas

Penjemuran Rutin

Penjemuran usahakan dengan waktu satu setengah jam, karena dengan manfaat penjemuran ini agar mental atau fighternya sikacer tersebut dapat pulih kembali ya. Misal awal menjemurnya dari pulul : 8 pagi sampai 9.30 WIB itu sudah maksimal ya. Jangan terlalu kelamaan dan juga jangan sebentar juga ya temen-temen.

Ya karena kita memang pada dasarnya sifat burung ini jelas memiliki karakter petarung sejati ya, setelah pemandian selesai jangan terburu-buru jemur jadi kita taruh dulu di tempat yang teduh biar bulu-bulu kaca tersebut agak mengering habis itu baru boleh kita jemur.

cara-mendongkrak-emosi-kacer

Pemberian EF Pakan Tambahan

Nah setelah proses jemur selesai kita beri makanan dan kita anginkan terlebih dulu ya, setelah itu baru kita beri ekstra puding seperti jangkrik pagi 5 dan 5 ekor, lakukan pemberian jangkrik ini dengan konsisten selama 2 minggu dan ada tambahan EF lagi satu Minggu Beri ulat Hongkong dua sampai lima ekor ya cukup satu minggu satu kali.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Tuntas

Lakukan treatmen pola rawatan dengan cara saya ini kurang lebih 2 minggu jika sudah 2 minggu terlewati cobalah teman-teman bisa mencoba atau mengecasnya dengan satu ekor kacer milik kawan kalian ya, jangan terburu-buru dengan lebih dari 2 burung Ya, dikhawatirkan jika terlalu banyak Nanti malah tambah drop jadi setelah treatment 2 minggu selesai cobalah pengecasan terhadap kacer lainnya seperti itu agar mentalnya tumbuh kembali ya karena ini sudah saya lakukan dan saya coba akhirnya sukses dan perlahan-lahan si kacer bisa kembali pulih lagi mentalnya di kurun waktu 1 sampai 2 bulanan.

Oke itu saja tips cara mengembalikan mental kacer yang hilang dijamin ampuh ya, selamat mecoba, dan semoga dapat bermanfaat ya. Salam hitam putih kacer mania indonesia.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari