Cara Menjinakkan Burung Nuri Kepala Hitam Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Nah dalam artikel kali ini, SuhuKicau.Com akan berbagi sedikit tips bagaimana caranya menjinakkan burung nuri Papua kepala hitam yang sangat liar menjadi jinak cerdas dan aktif ya temen-temen, pastinya mebuat temen-temen pada penasaran bukan ?. Yuk langsung aja simak info selengkapnya dibawah ini :

Teknik Penjinakkan Langkah Pertama


Persiapan Kandang Untuk Burung Nuri

Tidak disarankan jika temen-temen baru membeli burung ini langsung melakukan rawatan tanpa menggunakan kandang, jadi wajib pakai kandang dong.

cara-menjinakkan-burung-nuri-paltem

Agar mencegah burung ini terlepas dan terbang, kan sayang. Beli mahal-mahal karena masih stres dan giras burung ini bisa kabur ya, tentu kalian harus menyiap kanang terlebih dahulu.

Cara penjinakan tahap yang pertama ini kalian harus sediakan kandang dengan ukuran panjang kali lebar 60 cm x tinggi 80 cm di usahakan yg terbuat dari besi ya, dikarenakan burung nuri ini baru kalian dapat / membelinya di kios burung tentu masih sangat giras dan masih takut sama orang dan belum kenal dengan tuannya. Ya wajar saja ya karena burung masih liar ya temen-temen.

Jika kandang yang sudah kita sediakan dan kurung burung tersebut kurang lebih selama satu tahunan lah ya, tapi ingat burung yg sudah dimasukkan ke dalam kandang, rantai pada kakinya itu dilepas aja ya temen-temen.

Dalam jangka setahun apakah tidak kurang lama ya bang ?. heheh, nggak usah komplain ?.

Proses lama sih memang, tapi hasilnya juga nantinya akan bagus kok, semua butuh proses dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bener nggak !.

Baca selengkapnya :  Tips Memberikan Pakan Jangkrik Untuk Burung Dijamin Gacor

gimana-cara-menjinakkan-burung-nuri

Kasih Nama Dan Sesering Mungkin Berinteraksi

Nah setelah burung kesayangan kita sudah dimasukkan kedalam kandang lakukanlah hal-hal berikut ini setiap hari secara rutin hargai hal pertama kali yang harus dilakukan setelah dimasukkan kedalam kandang adalah Berikan nama panggilan. Yang bertujuan untuk membangun keakraban antara si burung dengan si penjinak ya.

Setelah Nuri liar kesayangan kita sudah memiliki nama panggilan barulah kita mulai melakukan hal penting ini secara rutin setiap hari untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dalam diri si burung liar kesayangan kita ya.

Contohnya sebagai berikut yang pertama rajin-rajinlah menyapa seluler kesayangan kita dengan nama panggilannya setiap hari yang kedua sering-seringlah ajak bicara si Nuri kita di dekat kandangnya setiap hari ya guys.

Menyanyikan Lagu Atau Setel Musik

Untuk yg ketiga ini kalian sering seringlah nyanyiin lagu atau memperdengarkan Musik yang nadanya itu terkesan gembira ya di dekat kandangnya karena burung nuri sangat suka mendengar musik atau lagu yg riang gembira. Tapi inget jangan musik aneh, aneh seperti rok, cadas atau lagu sedih ya!. Nanti akan bertabeat buruk lagi bagi si burung tersebut hehehe.

Atau nggak bisa didengarkan suara murotal ngaji islami, juga boleh agar nanti burungnya paham dan bisa pandai dan lancar ngajinya hehehe. “Becanda ya guys.”.

Ketiga hal penting ini cara sederhana dan mudah dilakukan tapi memiliki efek yang sangat luar biasa yaitu secara perlahan tapi pasti, dengan rasa sayang dari dalam diri si burung nuri kesayangan kita akan tumbuh seiring berjalannya waktu dan pastinya berangsur-angsur burung tersebut akan berubah menjadi jinak.

Catatan :

Burung nuri kepala hitam adalah jenis burung yang sangat peka terhadap manusia sehingga si nuri kepala hitam bisa tahu ya, mana manusia yang benar-benar sayang dan perhatian sama si Nuri kesayangan kita itu.

Baca selengkapnya :  Download Suara Alam Relaksasi Terapi Burung Kicau

Dan lanjut lagi guys : nah untuk melihat apakah si burung nuri ini sudah mulai sayang sama kita atau belum ?.

Untuk mengetahuinya kita bisa coba dengan menggunakan 1 jari telunjuk ya yang dimana kita usap di bagian kepalanya, namun jika jari kita itu masih di gigit / di patok berarti belum ada tandanya burung tersebut masih giras, dan takut sama kita ya.

Namun jika dia sudah tidak mau mematok jari kita lagi itu tandanya si nuri kita itu sudah mulai sayang sama kita ya. Waah.. tentu kalian pasti senang dong. Jika kondisinya burng nuri ini sudah tidak mematok telunjuk jari kita lagi. Maka hal itu adalah awal yang sangat baik untuk masuk ke proses penjinakan tahap kedua.

Jadi, tujuan dari proses penjinakan tahap pertama tadi adalah untuk membangun hubungan kasih sayang antara si burung nuri liar ini dengan kita ya calong si pemilik / siperawatnya nanti.

Sedangkan untuk proses penjinakan tahap kedua ini untuk lebih mempererat rasa sayang dalam diri si Nuri liar kesayangan kita agar lebih memahami karakter dan insting kita terhadap kepekaan burung tersebut ya.

Baca juga artikel lainnya seputar : makanan burung nuri

Teknik Penjinakkan Langkah Kedua


Sesering Mungkin Kontak Fisik

Hal-hal yang harus di lakukan agar burung liar kita jadi makin sayang dan jinak banget sama si majikannya ini adalah yang pertama sering-seringlah gelitik-gelitik lembut ya, kepada burung nuri kesayangan kita setiap harinya.

Karena burung ini menganggap hal itu adalah tanda kasih sayang dari kita yang bisa membuat burung nuri makin paham dan deket lagi sayang sama kita, selain itu meremas-remas rambut kepala burung tersebut.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Ternak Jalak Bali

cara-agar-burung-nuri-tidak-menggigit

Yang ketiga-seringlah mengelus-ngelus rambut bagian dada bawah nya ya karena hal itu membuat burung nuri kesayangan kita semakin nyaman banget sama kita, dan yang keempat sering-seringlah ngajak main si nuri tersebut akan tetapi pilihlah jenis permainan yang aman ya, dengan lama-kelamaan tentu burung ini akan semakin betah, nyaman dan sangat sayang sama kita.

Peringatan Penting

Lakukanlah ke-6 hal penting tadi secara rutin selama maka burung nuri Lia teman-teman semua akan berubah menjadi Nuri yang super jinak aktif dan cerdas.

Dan hal yang harus temen-temen ingat disini jangan pernah sesekali kalian memarahi burung nuri kepala hitam iya selama proses penjinakan berlangsung karena itu bisa membuat burung nuri jadi benci seumur hidup terhadap kita ya, yang akhirnya proses penjinakan bisa jadi gagal.

Oke deh.. kakak, jadi itu saja ya informasi tentang cara menjinakkan burung nuri yang sudah terbukti aman, ampuh dan tepat berdasarkan pengalaman kami, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari