Cara Merawat Burung Dara

Diposting pada
Rate this post

Cara Merawat Burung Dara yang kalian lakukan ketika kalian membelinya haruslah dilakukan secara baik dan benar. Hal ini karena tanggung jawab yang kita miliki ketika kita memutuskan untuk memeliharanya.

serta untuk mendapatkan burung yang sehat terlabih jika burung dara itu dirawat memang untuk lomba seperti merpati balap. Ada juga yang merawatnya untuk dijual lagi dan untuk mendapatkan nilai

jual yang tinggi pastinya burung merpati yang kalian jual harus dalam keadaan sehat jadi diperlukan perawatan terbaik yang dilakukan seharian dan dilatih menjadi merpati yang tangguh.

Bagi kalian para pemula maupun yang sudah lama memiliki ketertarikan dengan burung dara ini berikut kami berikan rangkaian perawatan burung dara terbaik yang dapat kalian lakukan guna mendapatkan individu yang berkualitas.

cara-merawat-burung-merpati-baru-beli

Cara Merawat Burung Dara atau Merpati Terbaik


1. Mempersiapkan Kandang

Sebelum memutuskan untuk membeli dan memelihara burung merpati atau dara pastikan kalian memperhatikan dan mempersiapkan kandang juga yang memang bisa membuatnya nyaman. sebenarnya kalian juga bisa membuat kandang

bagi merpati ini dengan menggunakan ram kawat dan juga rangkaian kayu yang dihubungkan dengan paku kalau punya lebih dari satu pasang burug bisa membuat rangkaian berbentuk kotak-kotak dengan ukuran minimal 60×60 karena

dalam 1 kotak atau kandang dihuni oleh sepasang burung. tetapi kalau kalian tidak mau repot membuat atau hanya memiliki 1 pasang burung saja, kalian juga dapat membelinya di kios atau pasar burung.

cara-merawat-burung-merpati-bagi-pemula

2. Mempersiapkan Makanan Dan Minuman

Setelah kandangnya siap jangan lupa kalian untuk juga mempersiapkan tempat makan dan minumnya dengan ukuran yang cukup besar karena burung dara juga berukuran tubuh besar bukan.

Baca selengkapnya :  Perawatan Murai Batu Trotol Yang Baik Dan Benar

Selanjutnya kalian siapkan makanan dan minuman baginya dimana dia memakan biji-bijian seperti biji jagung yang kering ada yang berukuran kecil tidak besar sehingga dia dapat memakannya dengan mudah.

dan minuman juga pastikan kalian memberikan air bersih sebagai minuman hariannya dan diganti sehari 2 kali selanjutnya burung diberi vitamin untuk ayam juga seperti vita chick untuk menambah asupannya.

selain jagung kering kalian juga bisa memberikan biji padi atau beras dan juga kacang hijau yang sebelumnya direndam dulu sekitar 1 atau 2 jam supaya bisa mudah dimakan, dikombinasikan saja supaya tidak bosan.

makanan-burung-dara

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Karena burung dara ini kotorannya cukup banyak dan baunya memang tidak enak selain itu didalam kotorannya terkandung banyak bakteri dan kuman penyakit, sebenarnya tak hanya pada burung dara

hewan apapun didalam kotorannya pasti mengandung kuman dan bakteri yang akan membahayakan kita dan keluarga apabila memeliharanya didekat rumah kita. sehingga sangat penting sekali untuk rutin membersihkan kandangnya.

Bersihkan dari kotorannya dan usahakan 2 kali seminggu untuk membersihkannya dengan sabun dan menyiram atau menyemprotnya dengan desinfektan karen asiang biasanya burung diluar kandang bersihkan sampai steril lalu masukan kembali burungnya.

4. Mandikan Burung Rutin

Karena memang para prinsipnya dia bukan burung kicau jadi kalian tidak perlu memandikannya setiap hari. namun guna menjauhkannya dari penyakit dan menjaga kebersihan dan bulunya menjadi berkilau

mandikan dia secara rutin 2 kali seminggu atau 3 kali cara memandikannya dengan mengalirinya diair keran lalu berikan shampo seperti kalian memandikan kucing begitu. dengan dipegang tangan

lakukan mandinya dengan perlahan-lahan dan sepenuh hati supaya burung kesayangan kalian menjadi merasa lebih nyaman.

Itulah tadi cara merawat burung dara terbaik yang bisa kalian praktekan, semoga informasi dari kami memberikan banyak ide-ide baru untuk merawat dan menjadikan burung peliharaan kesayangan kalian menjadi lebih berkualitas.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari
Baca selengkapnya :  Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah Untuk Pemula