Cara Merawat Burung Hantu Yang Tepat Bagi Pemula

Diposting pada

cara merawat burung hantu yang baik khususnya untuk pemula dapat anda pelajari jika anda menginginkan untuk memelihara jenis burung yang satu ini. Rupanya burung ini bisa juga dimanfaat untuk membantu tugas manusia terutama para petani padi yang memiliki sawah.

Betapa tidak burung hantu sangat gemar berburu hama jenis tikus dimalam hari. Itulah mengapa bagi petani disebagian wilayah Indonesia kerap menggunakan jasa dari burung hantu ini agar sawah mereka bersih dari serangan hewan tersebut. Sementara dalam hal perawatannya burung hantu ini termasuk yang susah susah gampang. Namun Anda bisa melakukan beberapa cara merawat burung hantu liar dan metode yang benar jika Anda ingin memelihara jenis unggas yang satu ini.

Khususnya bagi Anda para pemula. Kali ini kami akan mencoba share beberapa tehnik perawatan yang dapat Anda aplikasikan jika ingin memiliki burung hantu yang jinak dan gemar berbunyi dimalam hari. Simak ulasannya sampai selesai:

Trik Mudah Memelihara Burung Hantu Dengan Baik


Ada beberapa trik yang bisa Anda coba jika Anda ingin memiliki peliharaan seperti burung hantu supaya cepat jinak. Berikut ini ulasannya:

Baca selengkapnya :  Inilah Mitos Atau Fakta Burung Perkutut Yang Perlu Diketahui

Upayakan Kandang Burung Hantu Berukuran Cukup Besar

Jenis burung hantu ini termasuk burung yang aktif terutama dimalam hari. Jadi agar gerakan siburung ini menjadi luas dan tidak terbatas maka Anda perlu memberikan kandang yang cukup besar untuknya.

cara-memberi-makan-burung-hantu

Jangan Menempatkan Kandang Burung Hantu Ditempat Yang Panas

Yang kedua Anda jangan sekali kali meenempatkan kandang dari burung hantu ini ditempat yang panas atau langsung tekena sinar matahari disiang hari. Seperti yang Anda tahu bahawa burung ini memang tidak suka tempat yang panas, karena pada waktu siang burung ini cenderung berdiam diri.

Porsi Makanan Yang Cukup Untuk Burung Hantu

Berikut cara memberi makan burung hantu, untuk porsi makanan yang cukup menjadi hal yang juga sangat penting. Karena jika burung hantu Anda kurang makan, maka akan berakibat fatal seperti burung kurang berenergi bahkan bisa mengakibatkan siburung mati kelaparan. Dan bagaimana cara memberi minum burung hantu ?. Tentu kalian juga harus memperhatikan wadah cepuk air minumnya yang harus selalu bersih ya. Karena burung ini jika air minumnya kotor ia tidak akan meminumnya.

Pelajari Sifat Burung Hantu

Burung hantu diketahui dapat memutarkan kepala hingga 180 drajat. Hal ini diketahui merupakan caranya jika ingin mengawasi mangsa untuk dimakan. Jadi upayakan Anda sebagai pemilik untuk mengetahui sifat sifat dasar dari burung hantu peliharaan Anda.

Sering Berinteraksi Langsung Dengan Burung Hantu

Sebagai pemilik atau tuan dari burung hantu Anda. Tentunya yang wajib selalu Anda lakukan adalah berinteraksi dengan burung hantu peliharaann Anda setiap harinya. Ini salah satu tehnik untuk membuat siburung cepat jinak dan nurut pada Anda.

Kebersihan Kandang Burung Hantu Harus Dijaga

Agar burung hantu Anda merasa nyaman saat berada dalam kandangnya. Maka Anda senantiasa harus selalu membersihkan kandang minimal setiap 2 sampai 3 hari sekali. Ini tentunya juga bermanfaat supaya burung tidak mudah sakit akibat kotor dan kuman pengganggu.

Baca selengkapnya :  Langkah Menangani Kacer Hilang Fighter, Penyebab Dan Solusinya

Burung Hantu Rajin Dimandikan Setiap Hari

Salah satu trik cara memandikan burung hantu yang paling jitu untuk membuat burung jenis apapun menjadi cepat jinak adalah dengan cara memandikannya dengan rajin. Begitu juga terhadap burung hantu peliharaan Anda jika ingin cepat nurut maka Anda harus rajin untuk memandikannya dengan jadwal yang Anda tentukan.

cara-memandikan-burung-hantu

Latih Burung Hantu Secara Langsung

Anda bisa melatih burung hantu Anda dengan berbagai cara agar siburung terbiasa. Misalnya dengan cara memberikan umpan untuk dimangsa ditangan Anda dari jarak yang jauh. Ini berguna untuk melatih insting alami siburung agar bisa dimanfaatkan.

Pemberian Jangkrik Yang Pas

Burung Hantu juga senang memangsa jangkrik atau belalang. Jadi untuk asupan makanannya Anda juga bisa menggunakan jangkrik agar siburung tidak kelaparan. Pemberian jangkrik bisa dilakukan langsung dengan tangan Anda.

Hal ini dilakukan tentu saja agar siburung hantu peliharaan Anda semakin jinak dan manut pada Anda. Hal ini perlu Anda lakukan sesering mungkin untuk menjaga keakraban antara burung dan majikannya.

Latih Terbang Burung Hantu Secara Konsisten

Sebagai hewan jenis unggas tentunya burung hantu juga sangat gemar terbang bebas. Kamu butuh melatihnya dengan cara tidak berubah- ubah dari bermacam tempat yang tinggi supaya burung hantu terbiasa serta ingin mengudara menghinggapi Kalian dan ini dapat membuat siburung lama kelamaan jadi nurut.

Baca juga informasi lainnya : harga burung hantu celepuk disini

Berikan Pemasteran Menggunakan Siul

Pelatihan burung hantu agar menjadi cepat jinak berikutnya juga bisa Anda lakukan dengan rajin bersiul didekatnya. Hal ini dipercaya dapat mendorong insting bersuara siburung jika mendengar siulan pemiliknya.

Berikan Nama Untuk Burung Hantu

Pemberian nama untuk burung hantu peliharaan Anda juga termasuk hal yang penting. Anda dapat memberikan berbagai nama sesuai keinginan Anda sebagai media panggilan pada siburung supaya semakin akrab dengan pemiliknya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Tuntas

Demikianlah tips dan trik yang bisa kami bagikan untuk Anda tentang cara merawat burung hantu. Selamat mencoba ya, dan semoga bermanfaat.