Kunci Sukses Merawat Burung Pleci Jawara

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, kembali lagi bersama situs remsi Suhu Kicau yang selau update informasi tentang dunia burung kicau di indonesia tentunya, pada pembasan kali ini saya akan berbagi tips seputar burung simungil Kaca mata ini, dan ada banyak temen-temen yang menanyakan bagai mana cara merawat burung ini agar menjadi jawara ?. Yuk simak informasi selengkapnya Kunci Sukses Merawat Burung Pleci Jawara :

Daftar Isi

Pola rawatan harian dirumah

Dengan perawatan pleci harian yang anda berikan kepada burung pleci kesayangan agar bisa menjadi jawara bukanlah hal yang mudah!. Akan tetapi jika anda lakukan dengan baik dan tepat akan menjadi mudah dan pasti terbiasa bagi teman-temen semuanya.

Untuk rawatan hariannya seperti biasa pada umumnya, burung harus konsisten dijemur, mandi pagi dan mandi malam dengan cara disemprot halus saja atau boleh disediakan cepuk besar khusus untuk simandi burung tersebut.

Namun untuk rawatan pleci saya biasanya saya keluarkan pada pukul 7 pagi, dan dijemur sekitar 15 – 30 menitan lah, baru diberikan air untuk mandi pleci tersebut diwadah yang biasa sering digunakannya untuk mandi. Selama proses burung ini mandi wadah pakan voer dilepas dan burung hanya saya berikan buah saja seperti pisang kepok yang sudah matang.

pleci-jawara

Jika si burung pleci ini sudah beres mandi kemudian dijemur kembali sekitar 1 sampai 2 jam, setelah penjemuran selesai baru berikan kembali pakan voer yang sering digunakan setiap harinya bersamaan dengan asupan suplemen lainnya.

Untuk pemberian makanan burung pleci atau Extrafoodingnya setiap 2 hari sekali saya memberikannya kroto (telur semut) untuk agar bertujuan lebih dapat melengkapi asupan nutrisnya yang dibutuhkan oleh si mungil ini. Untuk pemberian ulat hongkong dalam sehari sekitar 4 – 5 ekor saja, diusahakan memberikan UH tersebut carilah yang berwarna putih atau UH yang sedang berganti kulit (UH) muda agar lembut dan mudah dikonsumsi oleh si burung pleci tentunya. Dalam pemberiannya saya berikan pagi 2 ekor dan sore 2 ekor.

Baca selengkapnya :  21 Jenis Burung Langka Dan Unik Yang Ada Di Indonesia + Gambar

Memang terlihat agak rumit ya temen-temen, akan tetapi dengan pola rawatan harian ini jika anda memberikannya dengan penuh kesabaran, ketelatenan dan rajin setiap harinya pasti akan membuahkan hasil yang maksimal yang dapat anda rasakan sendiri perubahannya kepada burung pleci anda agar tampil jos dilapangan nanti.

Setelan burung dilapangan

Apabila burung pleci anda saat digantang dilapangan saat lomba tidak mau diem, loncat sana-sini, hal yang tepat anda harus mempunyai untulan atau pasangan burung tersebut (pleci betina) dengan anda membawa untulan ke lapangan bertujuan untuk meredam birahi dari burung tersebut, agar si pleci jantan tidak terlalu over emosi atau birahinya yang menyebabkan burung tidak mau anteng digantangan. Memang manfaat burung betina pleci ini sangat menentukan penampilan saat di gantangkan saat di arena kontes.

rawata-harian-pleci

Nah dalam untulan juga setiap burung mempunyai karakter yang berbeda-beda, tidak boleh disamakan ya!. Ada yang hanya cuman ditempel menggunakan kandang yang berbeda dari sebelum digantang ataupun seteleh naik gantangan, dan juga ada yang modelnya harus disatukan dalam kandang juga ada.

Namun untuk mencari untulan yang cocok atau serasi juga harus diperhatikan, tidak sembarangan anda menjodohkan atau memberikan pasangan (untulan) asal-asalan ya temen-temen. Dan bagaimana cara membedakan burung itu cocok atau tidaknya, ya semua butuh proses dan analisa dikembalikan lagi kepada anda yang merawatnya, jika anda perhatikan dan amati apabila burung untulan ini cocok dengan si jantan gacoannya pasti akan memberikan tanda-tanda yang bisa saling berdekatan dan saut-sautan kicauan mengeluarkan variasi serta si jantan mulai mau bukpar saat berkicau itu juga salah satu pertanda bahwa untulan itu cocok bagi si jantan.

Baca selengkapnya :  Suara Lovebird Asli, Ngetik, Ngekek Gacor Mp3 Langsung Nyaut

Demikian tips yang dapat kami berikan sesuai dengan pengalaman terbaik dalam merawat dan mencetak pleci jawara agar konser dilapangan. Semoga bermanfaat – Salam kicau mania semuanya.