Lovebird Lutino

Diposting pada
2/5 - (1 vote)

Lovebird Lutino merupakan salah satu spesies burung lovebird yang cukup populer di masyarakat Indonesia, karena memiliki paduan warna yang cantik antara kuning dan oranye serta diyakini memiliki suara ngekek yang berdurasi panjang.

Burung ini merupakan jenis asli bukan hasil dari perkawinan silang seperti beberapa jenis burung lovebird lainnya. Jenis lutino ini berasal dari daerah gurung di sekitar Afrika Selatan

Karena dia juga berasal dari daerah yang beriklim panas sehingga membuatnya cocok hidup di wilayah Indonesia yang juga beriklim tropis ini. Burung ini cukup populer sebagai hewan peliharaan tak hanya di indonesia

karena perawatannya cukup mudah. Jadi buat kalian yang tertarik untuk mengenal salah satu jenis lovebird ini yuk baca artikelnya sampai habis kita akan mengulik informasi seputar lovebird lutino ini.

harga-lovebird-lutino

Mengenal Lovebird Lutino

Ciri-ciri Fisik Burung Lovebird Lutino

Burung ini memiliki warna bulu kuning cerah yang menutupi seluruh bagian tubuhnya sedangkan pada bagian wajahnya berwarna merah. Ukuran tubuhnya berkisar antara 15 sampai 17 cm dengan berat tubuh mencapai 55 gr.

Dia merupakan burung pemakan buah-buahan, Biji-bijian, dan juga sayuran. Dialam bebasnya dia hidup membentuk kelompok kecil untuk mencari makanan setiap harinya. Dia juga memiliki durasi hidup yang cukup panjang

mencapai 15 tahun. Saat bereproduksi dia bisa menghasilkan telur yang lumayan banyak antara 4 sampai 5 butir sekali masa reproduksi, dan masa penetasannya kurang lebih 1 bulan.

Karena habitat aslinya di daerah gurun yang memiliki suhu panas sehingga dia tidak tahan dengan cuaca dingin, hal ini juga yang membuatnya cocok hidup dan dibiakkan di negara kita ini yang juga memiliki iklim tropis.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Cucak Ijo Mini

jenis-lovebird-lutino

Perawatan dan Pemberian Makanan Lovebird Lutino

Kalau kalian memasukan sepasang burung di dalam kandang yang sama pastikan kalian menyiapkan kandang yang ukurannya lebih besar, karena kalau sepasang lovebird dimasukan ke kandang yang

ukurannya kecil ini membuat mereka tidak bebas dalam bergerak sehingga kemampuannya bergerak dan terbang akan tidak maksimal. sehingga diperlukanlah untuk melatihnya di kandang umbaran minimal seminggu sekali supaya

dia tetap memiliki kesehatan dan kebahagiannya sebagai burung. Selain itu memandikan burung setiap hari dan membersihkan kandangnya merupakan salah satu langkah perawatan yang tidak boleh terlewatkan.

Karena ini sangat penting untuk menghindari dia dari gangguan penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. Jika dirumah kalian hanya memelihara seekor burung saja, kalian perlu menyempatkan waktu untuk mengajaknya mengobrol supaya dia tidak bosan.

Masalah Kesehatan

Penyakit paruh dan bulu psittacine, infeksi jamur, infeksi polyomavirus, infeksi virus cacar burung, tungau, parasit internal, penyakit pernapasan, dan infeksi bakteri adalah penyakit umum untuk sejoli lutino.

Berkonsultasi dengan dokter hewan adalah pilihan yang tepat jika Anda melihat hewan peliharaan Anda menderita gejala yang tidak biasa seperti bulu acak-acakan, kehilangan nafsu makan, dan masalah lainnya.

karakter-lovebird-lutino-matamerah

Kebiasaan Hidup Lutino

Lovebird Lutino adalah salah satu burung paruh bengkok yang paling penyayang dan lembut di seluruh dunia. Anda akan menemukan burung-burung ini jarang marah, kasar, atau agresif.

Agresi bukanlah ciri kepribadian yang berbeda dari sejoli Lutino. Jadi Anda akan jarang menemukan lovebird Lutino yang sedang marah atau agresif. Burung paruh bengkok ini dapat menggigit

dan akan diminta untuk berlatih agar tidak menggigit pemiliknya atau orangnya secara sembarangan. Menggigit adalah perilaku naluriah alami burung. Kabar baiknya, melatih lovebird Lutino tidak terlalu sulit.

Baca selengkapnya :  Cara Bikin Burung Kacer Jinak Dan Gacor

Burung-burung ini dapat dilatih dengan baik untuk tidak menggigit dan mereka akan belajar dengan cepat apa pun yang diajarkan.

Itulah informasi seputar lovebird lutino yang sangat menawan, semoga imformasi ini bisa menambah wawasan kita terlebih di bidang hobi burung kicau ini. Kami ucapkan terimakasih banyak sudah membacanya sampai habis.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari