Mengenal Three Wattled Bellbird atau Burung Lonceng Tiga

Three Wattled Bellbird – Hai suhukicau mania, edisi kali ini kita akan mengulas tentang Burung loceng tiga atau Procnias tricarunculatus. Dia merupakan unggas migran Amerika Tengah

serta berasal dari keluarga cotinga. Jenis kelamin sangat memengaruhi bentuk penampilannya. Jantan memiliki kepala dan tenggorokan putih dan bulu yang tersisa berwarna cokelat kastanye.

Dari pangkal paruhnya menjuntai tiga pial panjang, ramping, hitam yang ia gunakan untuk pajangan. Betina memiliki bulu zaitun dengan bagian bawah bergaris kekuning-kuningan dan area ventilasi kuning.

Bellbird berkaki tiga berkembang biak di daerah pegunungan Kosta Rika dan bermigrasi ke Honduras barat, Nikaragua, dan Panama. Burung jantan memiliki suara yang keras, khas, seperti lonceng,

dan karena burung ini tertutup dan pemalu, mereka lebih sering terdengar daripada terlihat. Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam telah menilai status konservasi mereka sebagai hampir punah.

Kalau kalian tertarik untuk mengenal salah satu jenis burung lonceng ini pastikan kalian membaca artikelnya sampai habis dan bisa kalian share ke teman teman kalian juga ya guys.

Three Wattled Bellbird

Deskripsi Lengkap Mengenai Three Wattled Bellbird

Ciri – Ciri Fisik Three Wattled Bellbird

Fauna ini merupakan salah satu dari empat spesies burung lonceng yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan, burung lonceng berkaki tiga memiliki panjang tubuh sekitar 25 cm hingga 30 cm.

Bulu yang menutupi tubuh, ekor, dan sayap pada yang berkelamin jantan berwarna coklat kastanye. kepala, leher, dan dada atasnya berwarna putih. dan memiliki cincin mata hitam, garis mata, dan paruh.

Namanya berasal dari tiga pial kulit seperti cacing yang menggantung dari pangkal paruh. Pial ini bisa sepanjang 10 cm (3,9 in) saat diperpanjang selama lagu dan interaksi.

Pial tetap lembek bahkan ketika diperpanjang. Pejantan menggoyang-goyangkan pial, tetapi sebaliknya mereka menggantung lurus ke bawah; mereka tidak ereksi atau di bawah kendali otot.

Pial samping tidak menonjol ke samping dan pial tengah tidak memanjang langsung ke atas seperti yang ditunjukkan pada beberapa ilustrasi dan spesimen lama. Tujuan dari pial tidak jelas.

burung lonceng

Wilayah Penyebarannya

Terkenal karena memiliki salah satu vokalisasi yang paling tidak biasa dan berbeda dari burung mana pun dalam jangkauannya, bellbird tiga-wattled ada dari Honduras barat selatan ke Panama timur.

Bellbirds berkembang biak terutama di dataran tinggi Kosta Rika di hutan awan (Maret–September) dan kembali ke elevasi yang lebih rendah di hutan bakau untuk sementara waktu.

Caranya Bereproduksi

Burung bellbird memiliki ritual kawin yang unik. Burung jantan menyelinap di belakang betina yang bertengger di dahan yang tinggi. Saat pejantan diam-diam mendekati betina,

dia membuka mulutnya 180 derajat penuh untuk membuat suara “bonk” khasnya di telinganya, menjatuhkan betina dari cabangnya. Mereka mengulangi urutan ini, dan setelah masa pacaran selesai,

betina berangkat untuk membangun sarang dan membesarkan anak-anak ayam sendirian. Termasuk hewan yang cukup mandiri ya suhukicau mania dan juga termasuk yang unik caranya.

burung lonceng tiga

Ekologi

Spesies burung yang satu ini benar-benar pemakan buah, itu menelan buah dari pohon di keluarga Lauraceae, di mana alpukat adalah anggotanya. Burung bellbird memainkan peran penting

dalam penyebaran benih. Ini memuntahkan benih yang tidak dapat dicerna dan menyimpannya di area celah di bawah tempat bertengger, yang hampir menggandakan tingkat kelangsungan hidup bibit.

Nah suhukicau mania, itulah tadi ulasan lengkap mengenai burung Three Wattled Bellbird yang berhasil kami rangkum dan kami sajikan untuk kalian. Semoga informasi ini bermanfaat

guna menambah wawasan kita semua terutama seputar dunia burung bail lokal Indonesia sampai ke Mancanegara yang memang keragamannya mencapai ribuan spesies. Terimakasih banyak atas dukungannya selama ini guys.

Related Posts
Mengenal Jenis Burung Srigunting, Makanan, Harga Dan Mitos
keistimewaan-burung-srigunting

burung srigunting - Halo sobat kicau, gimana nih kabarnya, berjumpa lagi ya bersama Suhu Kicau yang selalu memberikan informasi menarik Read more

Harga Burung Branjangan
harga-burung-branjangan-bakalan

harga burung branjangan, Halo sobat kicau mania indonesia, selamat pagi, siang, sore ataupun malam, salam hangat dari suhu kicau. Nah Read more