Inilah Cara Setingan Murai Lomba Agar Menjadi Juara

Diposting pada

SuhuKicau.com – Perawatan murai batu lomba sangat penting untuk dibedakan dengan perawatan harian. Untuk lomba settingan haruslah dilakukan dengan special dan lebih baik dari hari hari biasa.

Namun sesuaikan dengan settingan yang sudah ada dan lakukan otak atik sedikit saja agar burung tidak kebingunggan dengan perubahan settingan yang anda. Nah yuk simak settingan murai lomba agar bisa menjadi juara dalam ajang perlombaan.

Settingan Lomba Sederhana Supaya Murai Batu Juara


1. Perawatan Murai dengan Dimandikan

Penting bagi anda untuk selalu memandikan burung sebelum dilombakan. Ada baiknya murai batu dianginkan terlebih dahulu sebelum dimandikan sekitar 30 menit saja.

Setelah diangin anginkan salaam 30 menit, barulah mandikan burung dengan cara disemprot halus atau juga mandi di keramba. Lakukan kegiatan ini setiap pagi sebelum burung hendak dilombakan.

2. Pemberian Makan Tambahan

Sambil memandikan burung, anda bisa membersihkan sangkar dan menggatur pakan atau minuman sang burung. Anda bisa menambahkan suplemen vitamin dan juga jangkrik atau kroto.

Kalau bisa anda bisa menambahkan beberapa takaran jangkrik atau kroto tambahan dua kali lipat dari perawatan harian. Selain itu pula, anda bisa menambahkan sumpelemen tambahan seperti pakan EF.

Agar performa lebih meningkat, anda bisa memberikan pakan tambahan murai berupa jangkrik untuk settingan murai lomba. Cobalah berikan pakan secara bergantian seperti tidak memberikan kroto namun memberikan jangkrik dengan waktu berkala. Apabila burng sudah kenyang, murai batu haruslah dikerodong agar bisa beristirahat sembari diberi suara masteran.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Anis Kembang Agar Gacor

gambar-burung-murai

3. Burung Dikerodong dan Dimaster

Setelah burung murai dijemur dan dimandikan, anda bisa langsung melakukan kerodong pada burung murai. Sambil beristirahat di dalam kerodong, burung murai bisa dimaster dengan menggunakan suara MP3.

Kecilkan suara masteran dengan suara sayup sayup namun masih terdengar oleh burung. Anda juga bisa memberikan pemasteran saat burung diberi ektra pakan tambahan.

4. Mandi Sore

Pada sore hari, anda bisa memandikan lagi burung murai Batu. Namun hal ini tergantung dari karakter burung masing masing. Jika burung tidak suka mandi, maka jangan memandikan burung di sore hari.

Hal ini justru akan mengakibatkan burung stress dan tidak bisa melakukan settingan murai lomba. Anda cukup menyemprotkan sedikit saja pada sore hari untuk burung yang tidak suka mandi.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah durasi jemur burung yang harus dikurangi. Apabila sudah mendekati hari lomba, perawatan masih tetap sama.

Namun perbedaanya adalah lamanya penjemuran yang dilakukan. Misal saja murai batu yang biasa dijemur dengan lama dua jam, menjadi satu jam saja durasi menjemur burung tersebut. Selalu perhatikan hal hal kecil tersebut agar burung bisa menjadi juara saat lomba.

5. Adaptasi Lingkungan Lomba

Pada saat hari lomba digelar, murai batu diletakkan di tempat yang tenang dan teduh serta sejuk. Biarkan burung murai batu beradaptasi dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Sebab lingkungan rumah dan lomba jelas saja berbeda.

Burung murai batu haruslah mengenal situasi dan kondisi medan pertempuran terlebih dahulu. Settingan murai lomba ini sangat penting agar burung bisa menjadi juara.

Demikian beberapa settingan burung murai batu agar bisa keluar sebagai juara. Settingan ini bisa anda terapkan setiap hari hingga hari H lomba dimulai.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengenali Ciri Kenari F1 YS

Baca juga artikel terkait seputar : Mengenal Ciri Dan Karakter Murai Batu Bahorok

Dengan memberikan settingan yang sederhana ini tentu akan membuat burung bisa menyesuaikan settingan yang sudah berjalan sebelunya. Penting bagi anda untuk menyamankan burung murai agar bisa menjadi juara dalam pertandingan burung.