Tips Rawatan Murai Turun Ke Lantai Di Jamin Ampuh

Diposting pada

rawatan murai turun ke lantai – Hallo Kicau Lovers? Sebagai pecinta burung kicau yang hoby merawaat burung sebagai koleksi atau aduan, pastinya Anda pernah melihat burung peliharaan Anda tersebut turun dari tenggerannya kelantai sangkar atau nebok.

Jika Anda menemukan permasalahan seperti ini yang terjadi pada burung kicau Anda. Maka Anda harus melakukan berbagai perawatan untuk membuat burung tersebut kembali top performa dan berkicau dengan durasi yang cukup panjang. Meskipun ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun Anda dapat memperhatikan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah Nebok ini.

Lalu bagaimana caranya? Untuk menjawab rasa penasaran Anda kali ini kami akan berbagi Tips Rawatan Murai Turun Ke Lantai Di Jamin Ampuh. Simak ulasannya berikut ini:

Rawatan Murai Turun Ke Lantai


Berbagai jenis burung kicau sering mengalami hal ini seperti Murai Batu, Kacer, Anis Merah, Poksay, Cucak jenggot, Lovebird dan masih banyak yang lainnya. Banyak pecinta burung kicau yang berspekulasi bahwa keadaan ini akibat dari burung tersebut lelah atau dalam keadaan lemas.

Pada saat seperti ini kondisi burung kicau anda belum bisa disiapkan untuk diikutkan dalam perlombaan. Karena turun dari tangkringan adalah sesuatu yang dapat mengakibatkan burung Anda kalah dalam bertanding.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengembalikan Mental Kacer Yang Hilang

penyebab murai turun tangkringan biasanya hal ini diakibatkan oleh banyak faktor seperti burung terlalu lama dalam perjalanan, tangkringannya kotor, salah peletakan tangkringannya, tangkringannya terlalu besar untuk ditengggeri, sedang dalam keadaan over birahi, sangkarnya kurang bersih yang dimana burung terbiasa turun ke dasar sangkar karena sering mengambil makanan yang bercecer dibawah, dan berbagai penyebab lainnya.

penyebab-murai-turun-tangkringan

Tips Mengatasi Burung Murai Turun Tangkringan (nebok)


Berikut ini ada beberapa tips rawatan murai turun ke lantai yang dapat Anda jadikan rujukan untuk mengatasi burung murai turun dari tangkringannya, lihat dibawah ini:

Menggunakan karet gelang atau pentil

Penggunaan karet gelang atau karet pentil guna mengatasi burung turun tangkringan, merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan dirumah. Hal ini bisa membantu mengatasi nebok pada burung Anda.

Diketahui berbagai jenis burung kicau akan takut turun tnagkringan apabila menginjak bahan karet tersebut. hal ini membuatnya akan semakin betah berada ditenggerannya selama dalam sangkar.

Menggunakan bola yang berwarna

Salah satu cara yang juga ampuh untuk mengatasi nebok pada burung kicau anda adalah dengan menempatkan bola yang berwarna dilantai sangkarnya. Hal ini kerap dilakukan sebagian pecinta burng kicau agar burng tidak turun tangkringan, trik rawatan murai turun ke lantai metode ini juga sering digunakan oleh para kicau mania di gantangan ya.

Tangkringan dipasang menyilang

cara memasang tangkringan yang benar untuk murai, namun berikutnya anda juga dapat mengaplikasikan metode pemasangan tangkringan dengan tehnik menyilang dalam sangkar burung kicau Anda. Anda bisa memasang tangkringan murai batu yang baik itu harus lebih dari satu untuk menjaga agar burung mengalami kesulitan turun dari tenggerannya.

Baca selengkapnya :  Tips Memilih Burung Kenari AFS Prospekan Yang Bagus

tangkringan-murai-batu-yang-baik

Menggunakan ranjau berbentuk duri tajam

Jangan salah mengartikan dulu, ranjau yang dimaksud disini adalah ranjau yang dibuat dengan bahan khusus seperti kertas atau karet dan diletakkan dilantai sangkar. Cara ini memang terbukti sangat ampuh untuk membuat burung takut ingin turun dari tenggerannya atau nebok. Dengan menggunakan ranjau juga cara rawatan murai turun ke lantai yang ampuh dan membuat kapok burung mau turun ke dasar sangkarnya.

Menggunakan es batu

Penggunaan es batu yang diletakkan dilantai sangkar juga salah satu cara jitu untuk mengatasi burung nebok. Namun Anda harus menempatkannya dalam wadah tertentu agar sangkar tidak basah. Tentu saja cara ini efektif, karena burung kicau takut jika turun maka kakinya akan kedinginan.

Menggunakan rumput plastik sintetis

Tehnik menggunakan rumput sintetis juga salah sati trik jitu untuk mengatasi burung yang suka turun dati tangkringannya. Struktur rerumputan yang terlihat kasar dan berduri membuat burung takut turun dari Tangkringan. Rumput jenis ini bisa Anda temukan di toko perlengkapan taman dan peralatan rumah tangga.

Menggunakan bahan karpet

Karpet merupakan salah satu alat perantara atau alat utama penanganan burung yang sering kali nebok dari Tangkringan. Namun, untuk mengurangi aktivitas burung yang turun di dasar kandang, kebanyakan orang menggunakan warna yang sama sekali tidak disukai oleh burung. Jadi saat membeli karpet pilihlah yang warnanya mencolok.

Menggunakan berbagai jenis sampo

Ada juga pecinta burung yang menggunakan sampo untuk merawat burung yang sering turun Tangkringan. Caranya adalah dengan mencampurkan shampo dengan sedikit air lalu menyemprotkannya ke lantai kandang. Namun, satu hal harus diingat jangan terlalu banyak karena burung bisa tidak stabil.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Prenjak Lumut Beserta Suara Dan Harganya

Memakai lilin

Cara ini sangat ekstrim karena sama dengan memaksa burung untuk tetap diam ditangkringannya, namun beberapa pecinta burung menggunakan cara ini. Karena begitu ada burung yang berani turun dari Tangkringan langsung terasa akibatnya. Namun, ini dapat membahayakan keselamatan burung Anda. Teknik ini memang sedikit lebih ekstrim dan tidak terlalu di anjurkan ya.

Menggunakan air di bawah kandang

Menempatkan air di bawah sangkar diyakini cukup efektif untuk menangani burung yang turun Tangkriang. Saat melihat air, burung malas untuk mendarat di dasar kandang. Kecuali jika burung itu ingin berenang. Namun cara menempatkan air di bawah sangkar cukup untuk mengatasi burung nebok.

Pakai double tape

rawatan murai turun ke lantai juga bisa dengan menggunakan Double Tape yang dimana sering digunakan untuk merawat burung nebok. Cara menggunakannya adalah dengan membeli double tape kemudian menyiapkan karpet. Kemudian potong double tape sesuai ukuran karpet. Dengan begitu burng akan takut turun tenggeran karena terasa lengket.

Menggunakan berbagai daun

Menempatkan daun-daun di bawah sangkar atau juga merupakan alternatif untuk menyembuhkan burung nebok. Letakkan daun di lantai sangkar beberapa helai, ini akan membuat burung kicau Anda takut untuk turun dari tenggerannya.

Nah itulah beberapa Tips Rawatan Murai Turun Ke Lantai Di Jamin Ampuh dan ini bisa Anda coba dirumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari