Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Terbukti Ampuh

Diposting pada

Memelihara burung kacer tentu membutuhkan perawatan yang khusus. Hal ini karena burung memiliki suara yang merdu, lantang, dan bervariasi. Selain suaranya yang khas, burung ini juga memiliki gaya tarung yang khas.

Namun burung kacer juga memiliki kebiasaan buruk salah satunya adalah mbagong. Kebiasaan mbagong brung kacer tentu tidak enak untuk dipandang. Untuk itu mari simak cara mengatasi kacer mbagong yang ampuh berikut.

Tips Jitu Mengatasi Burung Kacer Mbagong


1. Mengembalikan Kondisi Burung

Bukan tidak mungkin jika burung kacer memiliki kondsi yang tidak fit sehingga melakukan mbagong. Untuk mengatasinya anda bisa mulai memperhatikan kotoran yang dikeluarkan oleh burung.

Jika burung mengeluarkan kotoran dalam keadaan encer maka bisa disimpulkan jika burung dalam konsisi tidak fit. Berikan obat cacing apabila burung terkena penyakit cacing dan lakukan penanangan yang tepat jika terkena gangguan penyakit lain.

gambar-burung-kacer

2. Menyesuaikan Sangkar dan Pola Tangkringan

Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur pola sangkar dan juga tangkringan. Selalu usahakan untuk tidak mengganti ganti sangkar atau pola tangkringan.

Apabila kacer berperilaku mbagong, kemungkinan juga disebabkan pola tangkringan dan sangkar yang kerap diganti ganti. Sehingga usahakan untuk tidak mengganti pola tangkringan yang ada dalam sangkar untuk mengatasi kacer mbagong.

Ubahlah sangkar atau pola tangkringan ke tempat semula yang dikenali oleh burung. Jika burung kacer sudah merasa nyaman dengan sangkar dan pola tangkringan yang sudah ada, maka jangan mengubah pola sangkar yang berubah ubah.

Baca selengkapnya :  Perbedaan Lovebird Pasjo Dan Paskun

Dengan tidak merubah pola sangkar, maka kacer akan merasa nyaman dan tidak terganggu sehingga resiko mbagong pada burung menjadi kecil.

3. Mandi Secara Intensif

Untuk bisa menghilangkan kebiasaan mbagong burung, pastikan untuk memandikanya secara rutin dan teratur. Burung kacer yang tidak dimandikan secara intensif akan menyebabkan kacer sering mbagong.

kacer-mandi-keramba

Untuk itu penting untuk memandikan burung kacer dengan cara spray atau semprot menggunakan sprayer. Anda tidak perlu membuat tubuh kacer hingga basah kuyup atau memasukkan kacer ke dalam keramba mandi.

4. Mengatur Pemberian Makan Tambahan

Pemberian makan ekstra tambahan pada kacer ternyata juga dapat memberikan perilaku mbagong pada burung. Untuk mengatasi kacer mbagong anda bisa memberikan pakan jangkrik dengan tepat dan tidak berlebihan.

Carilah tahu berapa ektra fooding yang paling pas untuk pakan burung kacer. Lakukan penambahan dan penguranan pemberian jangkrik secara bertahap.

Misalnya saja jika anda biasa memberikan jangkrik dengan jumlah 4 ekor, maka berilah jangkrik sebagai ekstra fooding hanya dengan 3 atau dua jangkrik saja. Selain pemberian jangkrik, anda juga bisa menambhakan pakan lain seperti ulat bumbung sebanyak 2-3 ekor setiap harinya. Dalam pemberian pola makan yang tepat serta rutin dipercaya mampu mencegah dan mengatasi kebiasaan mbagong pada burung.

5. Melakukan Terapi Burung Kacer

Ada beberapa jenis terapi yang bisa diterapkan untuk burung kacer mbagong. Salah satunya adalah terapi umbaran yang memanfaatkan penggunaan kandang umbaran. Buatlah tangkringan yang berjauhan antara pakan dan minuman.

kacer-di-umbar

Selain itu juga anda bisa melakukan terapi mandi malam secara rutin atau beberapa hari sekali. Lakukan pula karantina menggunakan kerodong untuk mengatasi kacer mbagong.

Itulah tips ampuh untuk mengatasi burung kacer yang memiliki kebiasaan mbagong. Tentunya kebiasaan ini tidak bagus untuk burung kacer anda. Lakukan beberapa perawatan diatas dengan rutin seperti melakukan terapi mandi malam.

Baca selengkapnya :  5 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Cepat Gacor

Atur pula makanan burung kacer apalagi ektra fooding agar burung tidak memiliki sifat mbagong. Jangan lupa untuk mengatur pola tangkringan burung.