Makanan Burung Kemade

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Makanan Burung Kemade – Dalam memelihara burung tentunya kita harus tahu apa saja yang menjadi makanannya karena ini sangat penting bagi kesehatannya. Kalau salah dalam pemberian makanan tentu akan mengganggu kesehatan pencernaannya.

Burung kemade merupakan unggas pemakan buahan dan juga serangga di alamnya. buahan yang disukainya biasanya yang mengandung banyak air, karena dia memang cukup jarang minum di sungai atau sumber air lainnya.

Kemade dikenal dimasyarakat dengan nama burung cabean karena ukuran tubuhnya yang cukup mungil dan terdapat warna merah dibagian tubuhnya sehingga menurut mereka mirip dengan cabe merah. seperti capung

yang ekornya berwarna merah disebut oleh masyarakat dengan capung cabe, begitu lah kira-kira analoginya. Perawatannya memang tidak terlalu sulit karena dia termasuk yang tahan stres dan juga mudah sekali beradaptasi.

Burung cabean ini meskipun liar dan banyak populasinya dialam bebas didaerah perhutanan dan perkebunan, dia semakin banyak dilirik karena suaranya yang merdu terlebih saat saling bersahutan dengan burung lainnya.

Sebelum kalian memutuskan untuk memeliharanya, berikut kami sajikan informasi tentang apasaja makanan yang bagus dan disukainya selama dia dalam perawatan, simak artikelnya sampai habis.

makanan-burung-kemade-selain-pisang

Jenis – Jenis Maknaan Burung Kemade

1. Makanan Olahan Pabrik

Ada dua jenis makanan burung, yang alami dan juga makanan olahan. Yang menjadi makanan alami berupa buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan juga serangga dan untuk olahan merupakan yang diracik

baik secara mandiri maupun dengan alat modern atau pabrikan. dan yang akan kita bahas ini ialah voer yang merupakan produk pakan yang diproduksi oleh pabrik yang sudah diracik dan diformulasi dengan segala

Baca selengkapnya :  Inilah Tips Pakan Kenari Biar Gacor Dor dan Ngerol Panjang

kandungan baik yang berguna untuk si burung. Mulai dari karbohidrat, protein, mineral dan juga vitamin sehingga itulah yang menjadi alasan mengapa voer ini menjadi makanan pokok yang diberikan ketika kita memeliharanya

dirumah selain dari kandungan yang kompleks itu tentunya dapat membantu kalian karena tidak perlu repot-repot lagi meracik makanan, sehingga lebih praktis tentunya. Voer yang kita berikan juga

tidak boleh sembarangan mengingat ada bermacam-macam jenis voer dengan kandungan yang berbeda-beda. jadi pastikan kalian memberikan yang sesuai kebutuhan si burug. untuk kemade sendiri bisa kalian berikan voer kasar.

voer-untuk-burung-kemade

2. Buah – buahan Segar

Kemade atau cabean ini sangat menyukai buah yang banyak mengandung air seperti apel, pear dan buah lainnya hal ini karena memang dia cukup jarang minum air. Kalau dalam perawatan karena dia

juga kita berikan air minum secara rutin jadi boleh kalian berikan pisang yang matang dan rasanya manis boleh pisang kepok maupun pisang ambon karena keduanya memang pas dengan seleranya.

Atau buah pepaya yang rasanya manis tetapi tidak keras. dan dalam pemberian buahan harus kalian perhatikan kebersihan kandangnya karena si buah akan mudah busuk dan kualitasnya menurun setelah 6 jam jadi bersihkan setelah itu ya.

baca juga : cara merawat burung kemade hasil tangkapan

3. Serangga Kecil Sumber Protein

Selain voer dan buahan kalian juga bisa memberikan jangkrik, kroto dan ulat hongkong sebagai ef nya. Karena dari serangga-serangga ini juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan

oleh kemade untuk proses metabolismenya dan juga menjaga dayatahan tubuhnya supaya tidak mudah sakit. dalam pemberian jangkrik di usahakan yang ukuran tubuhnya kecil mengingat kemade juga memiliki ukuran tubuh mungil.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Tledekan Gunung

Pemberian EF juga tidak boleh sembarangan jumlahnya. Karena kalau berlebihan akan menyebabkan dia menjadi over birahi dan akan mengefek ke kondisinya salah satunya bulunya menjadi rontok dan enggan berkicau.

Itulah beberapa jenis makanan burung kemade atau cabean ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat menambah wawasan kita semua. Kami ucapkan banyak-banyak terimakasih sudah selalu setia membaca artikel suhukicau.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari