perawatan-burung-cucak-rowo

Perawatan Burung Cucak Rowo

Tersebar luas di berbagai penjuru tanah air, dimana burung ini banyak digemari oleh para pecinta burung bernyanyi. Sayangnya populasinya kini kian menyusut, beriringan dengan banyaknya perburuan yang dilakukan dengan sengaja di habitat aslinya.

Jumlahnya yang tak lagi melimpah, penting untuk melakukan perawatan tepat sebagai langkah pelestarian. Apabila kebingungan, simak ulasan mengenai cara preawatan burung Cucak Rowo berikut.

Beberapa Cara Mudah Merawat Burung Cucak Rowo


1. Pemilihan Kandang Yang Tepat

Pemilihan sangkar memang terdengar sepele, namun keyataannya sangat berpengaruh pada keberlangsungan hidupnya. Pastikan untuk memilih sangkar yang terbuat dari bahan kuat dan tidak mudah lapuk, mengingat gerakan aktif sang burung.

Selain dari bahan pembuatan, ukuran sangkar tak kalah penting untuk disesuaikan, agar bisa digunakan secara maksimal. Ketika tertarik untuk membudidayakannya, silahkan pilih kandang dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Kandang khusus reproduksi ada baiknya berukuran lebih besar daripada kandang originalnya. Mengingat kandang tidak hanya difungsikan sebagai tempat tinggal, namun juga dimanfaatkan sebagai tempat mengerami telur dan membesarkan anakannya.

Jangan lupa untuk menambahkan dengan sarang bertelur, sebagai salah satu cara merawat burung Cucak Rowo. Sebab mereka hanya akan bersarang di tempat yang menurutnya nyaman dan aman.

jenis-burung-cucak-rowo

2. Memperhatikan Kebersihan Kandang

Ketika sangkar bersih dari kotoran dan sisa makanan, tak hanya sang pemilik yang merasa senang dan merasa bangga. Sang burung pun merasa nyaman dan jauh dari penyakit yang membahayakan keselamatan hidupnya.

Baca selengkapnya :  12 Jenis Love Bird Warna Yang Sedang Tren Di Indonesia

Untuk itulah, lakukan pembersihan kandang secara rutin, dan isi ulang kembali wadah makanan dan air minumnya dengan yang baru. Selain itu, silahkan memandikan sang burung menggunakan semprotan khusus agar tidak ada kotoran yang menempel.

3. Berikan Pakan Berkualitas

Temasuk hewan omnivora, hal ini harusnya memudahkan anda untuk menemukan pakan terbaik bagi sang burung. Pakannya mudah didapatkan di pasar terdekat dan dibandrol dengan harga yang bersahabat dengan kantong, menjadi suatu kelebihan memelihara burung cantik satu ini.

Contoh jenis pakan yang bisa diberikan yaitu aneka buah segar seperti pisang dan pepaya, serangga seperti jangkrik dan kroto, dan tidak lupa menambahkan vitamin.

4. Pilih Indukan Berkualitas

Sudah bukan rahasia lagi bila mencari indukan berkualitas, merupakan salah satu cara merawat burung Cucak Rowo agar dapat menghasilkan anakan berkualitas pula. Bahkan dalam beberapa kasus, kualitas sang anakan burung kesayangan berkualitas lebih tinggi daripada indukannya sendiri.

Usia matang untuk melakukan perjodohan yaitu 1 hingga 1.5 tahun bagi betina, dan usia 1.5 hingga 2 tahun bagi sang pejantan.

Bagaimana cara mengetahui ciri indukan berkualitas ? Ada beberapa ciri yang bisa dilihat apakah indukan tersebut berkualitas baik atau tidak.

Mulai dari kicauannya yang terdengar merdu dan bervariasi, bulunya terlihat bersih dan tidak mudah rontok, tidak ada cacat sedikitpun, nafsu makan tinggi, tingkat birahi yang stabil, gerakan lincah, mata bersih, serta tidak sedang mengalami diare.

cara-merawat-cucak-rowo

5. Tidak Membuat Burung Merasa Stres

Jangan biarkan sang burung merasa stres, karena kesalahan dalam peletakan kandangnya sendiri. Sangat disarankan untuk tidak meletakkan kandangnya di tempat yang bising dan banyak orang lalu lalang, sebab hal ini justru membuatnya lebih mudah stres daripada sebelumnya.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Jalak Nias (Harga dan Suara)

Agar lebih aman, tidak ada salahnya untuk menutup sangkar menggunakan kain ataupun tidak meletakkannya di ruang terbuka sebagai cara merawat burung Cucak Rowo agar tidak stres.

Jumlahnya yang tak lagi banyak seperti dahulu, nilai jualnya meroket drastis per ekornya. Uniknya, tingginya harga jual tidak menurunkan minat masyarakat untuk menjadikannya sebagai burung peliharaan mengingat suara nyanyiannya yang terdengar merdu.

Dikatakan sebagai burung ekslusif, oleh karenanya penting untuk mengetahui cara perawatan tepat sebagai salah satu langkah pelestarian populasinya. Demikian informasi yang singkat pada dan jelas, yang dapat saya berikan tentang cara perawatan yang baik untuk jenis burung cucak rowo, semoga bermanfaat.