burung-kacer-mabung

Cara Merawat Kacer Mabung Sampai Tuntas

Assalamualaikum wr wb, apa kabarnya sobat kicau mania!. Semoga selalu diberikan kesehatan dan semangat yang luar biasa dalam menjalani aktifitas sehari-hari ya, pada episode kali ini, kami situs blog SuhuKicau.com akan berbagi tips cara merawat kacer mabung khusus untuk para penghobi burung kicau kacer yang masih pemula ataupun pemain lama sekalipun.

Mabung bagi si hitam putih kesayangan anda merupakan sudah suatu keharusan yang pasti dialami, tidak hanya untuk kacer aja, akan tetapi setiap jenis burung pasti mengalami atau melewati masa-masa ini. Mabung atau sering disebut juga dengan ngurak (moulting) yang dimana sudah tidak asing lagi bagi para penghobi burung kicauan tentunya.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan dalam memberikan perawatan kacer mabung agar dapat berjalan dengan lancar saat masa merontokan bulu dan masa tumbuh bulu. Dalam merawat burung yang sedang mabung berbeda tentunya dengan kondisi rawatan burung yang normal. Maka dari itu anda harus mengetahui dengan benar, bagaimana sih cara yang tepat dalam merawat kacer saat mabung. Yuk cek info selengkapnya dibawah ini :

Trik mudah perawatan burung kacer yang sedang rontok bulu

Larangan yang harus dihindari ketika si burung kacer ini masih menjalani proses rontok bulu (mabung), yang perlu diperhatikan untuk temen-temen semua para kacermania, terkadang masih banyak yang belum mengetahui serta melanggarnya.

kacer-mabung-nyulam

Burung Tidak Dimandikan

Jangan pernah sekalipun memandikan burung kacer anda ketika sudah terlihat bulu-bulu halus ataupun bulu besar yang sedang berjatuhan (rontok), karena jika anda memaksakan untuk memberikan mandi untuk siburung ini, yang dikhawatirkan nantinya akan menghambat proses rontok bulu tersebut, masa mabung akan menjadi lebih lama dari waktu pada umumnya.

Baca selengkapnya :  Masteran Suara Cucak Ijo

Jaga Kebersihan Kandang

Banyak yang salah pendapat dari sebagian hobiis kacer mania yang Tidak pernah membersihkan kotoran yang ada dikandang burung yang sedang mabung, dikarenakan mereka beranggapan, agar burung bisa lebih tenang dan tidak terganggu, serta udara bau yang dihasilkan dari kotoran burung tersebut menjadi uap panas yang dapt dengan cepat merontokan atau mengambrolkan bulu burung tersebut.

Anggapan seperti ini saya tentang dan saya tolak, menurut saya ini salah besar dan jangan diikuti. Karena pada umumnya burung yang sedang mabung ini membutuhkan tempat yang nyaman dan bersih, jadi anda harus juga memperhatikan kebersihan kandang kacernya juga, agar terhindar dari berbagai macam serangan virus, parasit dan penyakit yang dapat mengganggu kondisi si burung yang sedang mabung. Jadi jangan sampai anda tidak membersihkannya sama sekali, minimal memberishkan kotoran yang ada pada kandang kacer yang sedang rontok bulu ini sekitar 1 minggu sekali, ataupun 3 hari sekali itu masih dianjurkan.

Stop EF (Extra Fooding)

Dalam masa rontok bulu sangat tidak disarankan anda memberikan pakan tambahan EF seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong (UH) apapun bentuknya kepada burung kacer yang masih mabung. Sediakan saja pakan voer yang sangat disukai oleh siburung kacer, akan tetapi jangan sampai lupa memantau air minum yang selalu tersedia didalam kandangnya serta kebersihan air yang diberikan.

Cara ini bertujuan membuat siburung drop tanpa mengkonsumsi Extra fooding dan lebih fokus dan banyak ngetem diam untuk merontokan bulu tua agar lebih cepat. Namun jika anda memaksakan untuk memberikannya, yang khawatirkan burung bisa menjadi obesitas (kegemukan) yang nantinya bisa timbul banyak masalah baru yang dihadapi dan sulit untuk mengatasinya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kenari Harian Dan Untuk Lomba

Tidak Melakukan Penjemuran

Jangan pernah menjemur burung disaat burung tidak dalam kondisi normal, atau dikatakan burung sedang rontok bulu (mabung), karena nantinya akan mengganggu proses rontok bulu tersebut serta bulu-bulu jarum yang akan tumbuh juga menjadi pecah dan rusak, serta burung juga dapat stres, dan macet bunyi ketika sudah beres mabungnya.

kacer-moulting

Tidak Full Kerodong

Yang dimaksud disini, Jangan mengkrodongkan full burung setiap harinya, yang nantinya akan membuat burung malah stress, karena pengap oleh udara yang minim didapat di dalam sangkar yang dikerodong. Disini masih banyak para kacer mania melakukan kesalahan ketika mengkrodong full setiap harinya saat kacer sedang mabung, dan menurut saya ini salah besar.

Burung yang sedang mabung memang butuh ketenangan, akan tetapi juga membutuhkan udara segar setiap harinya untuk dapat bernafas dengan udara yang layak didapat, buka setengah saja resleting krodong, dari pagi pukul 9 biarkan udara masuk kedalam sangkar, sampai pukul 3 sore baru di kerodong full.

Ketika sudah melewati proses rontok bulu, dan pastikan saat anda membersihkan kotoran pada lantai dasar sangkarnya tidak ada bulu yang jatuh lagi, baru boleh burung mulai dimandikan, dan di jemur secara bertahap, proses penjemuran jangan terlalu lama dulu, dikarenakan bulu baru masih basah dan belum mepek.

Yang ditakuti bulu yang baru bisa copot lagi jika penjemurannya terlalu lama, untuk peberian EF bisa di sesuaikan dengan pola rawatan harian seperti biasanya. Lakukan secara konsisten setiap hari, dalam jangka waktu 2 sampai 3 minggu baru anda bisa melihat hasil perubahan yang positif dalam penampilan si burung kacer dengan isian yang baru, dan menimbulkan nuansa yang tampil lebih memukau.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Murai Batu Betina

Demikian, informasi yang dapat kami sampaikan, sesuai dengan perawatan kacer mabung yang dapat anda jadikan sebagai bahan referensi terbaik untuk teman-teman kacer mania semua, semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

√ Cara Mudah Ternak Burung Kacer
√ Daftar Harga Burung Kacer
√ Suara Burung Kacer Terbaik