manfaat-kandang-umbaran-untuk-burung-murai-batu

Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

Banyak para pemain burung murai batu di lapangan mengatakan manfaat umbaran untuk burung murai batu sangatlah penting jika diterapkan dengan ritme yang tepat yang mampu membuat burung murai agar memiliki stamina yang bagus serta menambah durasi dan vokal yang maksimal katanya!. Apakah benar ?. Yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Menurut analisa saya, dari hasil setiap saat saya melakukan observasi memang betul hampir setiap para pemain lama ataupun yang masih pemula pun khususnya yang memiliki burung murai jawara, hampir dari 80% para hobiis murai batu pasti memiliki kandang umbaran dirumahnya. Berarti ada rahsia dibalik umbaran tersebut yang banyak sekali manfaatnya bagi burung murai batu jika dilatih secara konsisten.

Keuntungan Memiliki Kandang Umbaran Untuk Burung Murai


Kelebihan Kandang Umbaran

Memang banyak sekali keuntungannya jika anda memiliki kandang umbaran sendiri di rumah anda sendiri, memang tidak membutuhkan modal yang sedikit untuk mempersiapkan dan membuat kandang umbaran yang baik agar dapat melatih fisik dan stamina burung murai gacoan kita.

stainles-kandang-umbaran

Kekurangan Kandang Umbaran

Akan tetapi sebelum anda berencana ingin membuat kandang umbaran ini, anda tentukan terlebih dahulu model jenis bahan yang akan digunakan yang disesuaikan dengan anggaran anda, diusahakan tidak terlalu boros dan mewah-mewah amat ya, agar dapat meminimalisir pengeluaran bajet dalam membuatnya. Ya inilah salah satu faktor dari kekurangannya, seirit-iritnya pasti akan tetep kaluar anggaran untuk membuat kandang umbaran tersebut.

Selain itu kekurangannya juga anda harus memiliki tempat area kosong dan luas, yang pastinya memakan tempat, dan bagaimana jika anda keterbatasan masalah penempatan tempat kandang umbaran ini dikarenakan tidak memiliki halaman yang luas, nah kalau seperti ini ceritanya, masih ada cara lain ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk merawat burung murai batu tanpa menggunakan umbaran yang akan dibahas di artikel lainnya.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Cucak Jenggot Medan Dengan Kapas Tembak

Tips Membuat Kandang Umbaran Untuk Burung Murai

Buatlah dengan desain sangkar umbaran untuk burung murai batu anda yang sederhana akan tetapi istimewa, diusahakan buatlah dengan bentuk yang persegi panjang dengan ukuran panjang 4 meter dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan :

pembuatan-kandang-umbaran

Anggaran yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 430 ribu rupiah.
Berikut bahan-bahan yang perlua dibelanjakan :

  • Paku rivet sebanyak 100 biji = 30 ribu
  • Tali 2 pack = 50 ribu
  • Kawat 15 meteran = 200 ribu
  • Galvalum 2 x 4 sebanyak 8 batang = 150 ribu

Spesifikasi kandang umbaran : 4m x 1m x 45cm

pembuatan-kandang

Cara Tepat Mengumbar Burung Di Kandang Umbaran

Setelah kandang umbaran sudah beres, sekarang tinggal anda bagaimana cara melatih si burung murai ini dengan tepat dan mendapatkan hasil yang baik dalam menjalani pelatihan di kandang umbaran tersebut.

Memang banyak yang menyepelekan dan menganggap enteng tentang pelatihan burung dikandang umbaran, akan tetapi jika temen-temen memberikan perawatan harian secara baik dengan menambah durasi penjemuran yang dilakukan dikandang umbaran secara rutin dan konsisten sudah pasti anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan nantinya.

pembuatan-kandang-jadi

Lakukanlah pengumbaran burung murai minimal seminggu maksimal 4 kali, dan minimal 2 kali ya, biarkan si burung terbang dengan sendirinya di dalam kandang umbaran tersebut selama kurang lebih 1 sampai 2 jam. Misalnya dibuat jadwal rutin setiap hari senin sampai kamis si burung masuk kandang umbaran, dan 3 hari cukup dari hari jum’at sampai minggu untuk beristirahat tanpa perlu diumbar.

Baca juga artikel lainnya : Rahasia Mencetak Murai Batu Juara Latber, Latpres Dan Kontes

Jika anda sudah menerapkan pelatihan burung murai dengan secara baik, tertib dan konsisten dengan jangka waktu kurang lebih sekitar 3 bulan baru anda coba di tes atau ditrek si burung murai batu digantang di arena kontes, dengan harapan anda mendapatkan kerja siburung ngedur maksimal dengan memiliki nafas yang panjang dan terlatih serta stabil bongkar isiannya. Sekian tips dari kami tentang kandang umbaran yang sangat baik untuk burung murai batu anda, semoga dapat bermanfaat.