Mengenal Jenis Burung Pipit, Ciri, Makanan, Dan Harga

Diposting pada

Anda pasti sangat familiar dengan jenis burung kicau yang satu ini. Ya, burung pipit atau sering juga disebut dengan istilah burung finch. Siapa sangka burung pipit ini memiliki jenis yang banyak dan berbeda beda.

Namun apakah Anda Mengenal Jenis Burung Pipit, Ciri, Makanan, Dan Harga dari spesies ini? Jika Anda belum mengetahuinya maka Anda dapat menyimak artikel kami kali ini hingga selesai. Silahkan dibaca!

Apa itu Burung Pipit ?


Burung pipit atau dengan nama lainnya burung finch adalah jenis burung kecil berparuh pendek dengan ukuran tubuh sekitar 17 cm saja. Burung ini tersebar banyak sekali bahkan hampir diseluruh dunia dengan habitatnya pada wilayah tropis.

Bulu dari burung pipit ini benar-benar cantik walau harga tidak lah mahal. Bila Anda pengin mempunyai burung ini, anda bisa dengan gampang mendapatinya dikios penjual burung disekitar. Adapun ciri-ciri dari burung pipit ialah:

makanan-burung-pipit

Ciri-ciri Ciri Burung Pipit

Anda bisa mengenali dengan gampang burung pipit ini dengan memerhatikan beberapa ciri-ciri seperti berikut:

1. Paruhnya kecil, runcing dan kuat. Paruh burung pipit ini dipakai untuk makan biji bijian dialam bebas lewat cara mematuk dan merusak biji yang bisa menjadi konsumsinya.

2. Warna bulu dari burung pipit ini mempunyai macam yang cantik. Ada beberapa jenis variasi bulu pada burung pipit hingga banyak pencinta burung kicau yang membiakkan beberapa macam untuk mendapatkan anakan yang cantik.

3. Mempunyai ukuran badan yang kecil imut cuman seputar 17 cm saja yang paling besarnya. Dengan berat seputar 6 sampai 25 gr per ekornya.

Baca selengkapnya :  Harga Burung Tledekan

4. Berkicau seperti namanya yakni pit pit pit dan hidup dengan bergerombol dan hobi hinggap didahan dahan katu kecil bahkan juga dipohon biji bijian seperti padi untuk cari makan.

Tipe Burung Pipit

1. Zebra Finch adalah tipe burung pipit yang seringkali kita temukan. Pada harga yang dijajakan sekitar di antara 400 ribu per paangnya.

2. Gould Amadin ialah tipe burung pipit yang dicintai oleh masyarakat Indonesia. Burung ini sanggup hidup sepanjang 6 tahun pada harga per pasangnya capai 2 juta rupiah.

3. Owl Finch terhitung tipe burung pipit yang serupa burung hantu bulunya. Menyebar diwilayah Australia pada harga yang dijajakan satu juta per pasangnya.

4. Strawberry Finch ialah tipe burung pipit warna merah dan banyak fansnya di Indonesia. Burung emprit geni ini mempunyai harga jual seputar 100 ribu rupiah per pasang.

5. Bondol Hijau, adalah tipe burung pipit yang bisa diketemukan di Asia tenggara terhitung I sekelilingnya dan ndonesia. Burung ini sering dibanderol pada harga sejuta lima ratus ribu rupiah untuk setiap pasangnya.

harga-burung-pipit

Karakter Burung Pipit

Burung pipit ini dijumpai memang senang sekali hidup bergerombol dengan style terbang bersama koloninya. Burung ini senang hinggap di beberapa pohon yang mempunyai buah makanan burung pipit seperti biji bijian misalkan padi dan jagung untuk cari pakan mereka. Burung pipit ini dijumpai memang tidak kuat akan cuaca yang dingin.

Untuk habitat burung pipit yang penebarannya saja ada diwilayah yang tropis, walau ada banyak spesiesnya yang sanggup bertahan hidup diwilayah Australia Selatan. Bila Di Indonesia terutamanya untuk beberapa petani sawah yang menanam padi dan jagung. Burung pipit ini digolongkan di dalam hama sejenis unggas kecuali hewan yang lain seperti tikus. Sebab bila cari makan burung ini sering berdompol dengan jumlah yang paling banyak.

Baca selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Harga Burung Pipit

Burung pipit dengan tipe tertentu memang mempunyai harga yang termasuk mahal. Tetapi di Indonesia burung kecil yang ini tidak mempunyai harga yang mahal alias masih juga dalam kelompok murah meriah. Untuk burung pipit bahan Anda bisa mendapatinya dipasaran dengan biaya jualnya cuman pada harga seputar 100 ribu per ekornya. Ini untuk burung pipit yang mempunyai bulu dengan cukup bagus.

Tetapi makin bagus bulu dari burung pipit ini, maka semakin menambahkan harga dan kualitas. Karena itu sesungguhnya masalah harga burung ini masih juga dalam negosiasi dengan penjualnya saja. Burung pipit disebutkan sanggup berkicau sepanjang 1000 tahun dengan suara yang persis. Maknanya burung ini berkicau dengan suara yang monoton dan adalah kicauan peninggalan turun temurun untuk tiap spesiesnya.

Panduan Budidaya Burung Pipit

Bila Anda berminat untuk memiara burung pipit ini. Anda bisa berkreatifitas lewat cara menyilangkannya di antara tipe yang lain dan datu untuk mempunyai turunan anakan dengan warna bulu yang lain beda. Tetapi Anda harus selective dalam penyeleksian indukannya supaya bisa hasilkan telur telur dan anakan yang berkualitas agar bisa dipasarkan kepasaran dan menambahkan pendapatan Anda.

Demikian ulasan kita kesempatan ini mengenai Mengenali Tipe Burung Pipit, Ciri-ciri, Makanan, Dan Harga. Turuti lagi artikel kami yang lain dengan erbagai ulasan bagus yang sudah kami kumpulkan untuk Anda sekitar dunia kicau. Mudah-mudahan berguna!

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari