Prenjak Kepala Merah

Diposting pada
Rate this post

Prenjak Kepala Merah – Mengulik tentang keragaman jenis burung kicau memang tidak ada habisnya. Kali ini tentang burung cinenen yang memiliki ukuran tubuh kecil dan masih memiliki kekerabatan dengan ciblek.

Cinenen atau prenjak kepala merah ini mendapatkan julukan tailorbird, hal ini karena kepiawaiannya merajut atau menjahit dedaunan menjadi sarang sebagai tempat tinggalnya di alam bebas.

Ada beberapa jenis burung prenjak kepala merah ini, yang nanti akan kita bahas di artikel ini dan juga dia merupakan burung pemakan serangga kecil disekitarnya seperti ulat, semut laba-laba kecil.

Setidaknya ada 13 spesies dari burung cinenen ini yang memiliki keunikan yang berbeda-beda tentunya. Meskipun berukuran tubuh kecil burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan nyaring.

suara-prenjak-kepala-merah

Mengenal Burung Prenjak Kepala Merah atau Cinenen


1. Cinenen Pisang

Memiliki nama lain Common Tailorbird, dia memiliki bulu-bulu jidat dan mahkotanya berwarna merah seperti karat besi. bagian sisi kepalanya berwarna putih. bagian telinganya berwarna kekuningan.

warna bagian punggung ekor dan sayap berwarna hijau zaitun. Terdapat perbedaan ukuran fisik antara burung jantan dan betina dimana si jantan lebih panjang dan ramping sedangkan betina lebih pendek dan membulat.

Cinenen pisang ini persebarannya cukup luas seputar wilayah Asia Tenggara.

2. Cinenen Belukar

Karena dia memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil sehingga di alam bebasnya dia sangat lincah, pergerakannya cepat sehingga sulit dilihat dan di potret. Secara umum dia memiliki kesamaan dengan cinenen pisang.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Cucak Ranting, Habitat, Makanan, dan Harga

Dari bulu bagian atas kepalanya dan bagian punggung ke ekornya juga warnanya mirip dan perbedaannya terletak pada lubang anusnya yang berwarna putih. Selain itu dia memiliki warna yang lebih terang dari cinenen pisang.

3. Cinenen Jawa

Burung yang satu ini memiliki ukuran terkecil dibanding jenis yang lainnya. Panjang tubuhnya tak lebih dari 11 cm. pada daerah punggungnya dia memiliki warna bulu abu-abu ke kuningan.

Pada atas kepala atau mahkotanya berwarna merah karat, dibagian dadanya berwarna putih ke kuningan . bentuk paruhnya panjang dan ujungnya runcing. kakinya cukup panjang dan kecil sehingga terlihat rapuh.

Dialam bebasnya dia memakan bermacam-macam serangga kecil yang mudah dia temui disekitar sarangnya seperti ulat dan larva semut yang menjadi makanan kesukaannya. Dia memiliki banyak variasi suara

yang menjadikannya lebih unggul dan menjadi incaran para pecinta burung kicau. Bisa dijadikan materi masteran burung dan juga sebagai peliharaan saja.

jenis-prenjak-kepala-merah

4. Cinenen Kelabu

Menurut para penjual burung di kios dan di pasar salah satu jenis prenjak atau cinenen yang banyak menjadi incaran para pembeli ialah jenis kelabu ini dimana dia memiliki suara yang nyaring dan mengkristal.

Dikalangan pecinta kicau dia juga disebut dengan prenjak klawu. Pada bagian kepala atasnya memiliki bulu yang berwarna coklat kemerahan, bulu-bulu dibagian ekornya tersusun rapi dan meningkat.

Untuk membedakan jenis kelamin pada burung ini cukup mudah dimana yang berkelamin jantan lebih panjang dan lebih aktif berkicau dibandingkan dengan burung yang berkelamin betina yang lebih kecil dan banyak diam.

5. Cinenen Merah

Jenis yang lain dari prenjak merah atau cinenen yang ukuran tubuhnya kecil dia memiliki warna bulu merah karat dibagian atas mahkotanya, selain itu pada bagian tengkuk dan ekornya juga.

Baca selengkapnya :  Ciri Lovebird Pasvio Beserta Harganya

bagian matanya berwarna coklat dan paruhnya yang lancip berwarna gelap. dia memiliki kicauan yang unik seperti suara sirine mobil selain itu volume suaranya juga cukup nyaring.

Nah itulah beberapa dari jenis prenjak kepala merah yang dapat kami sajikan. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kalian semua para pecinta burung kicau. salam kicau mania diseluruh nusantara.

baca juga : harga pasaran burung prenjak kepala merah

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari