Cara Mudah Mengatasi Suara Serak Pada Murai Batu

Diposting pada

Sudahkah Anda mengetahui bagamana Cara Mudah Mengatasi Suara Serak Pada Murai Batu? Sebagai pecinta burung kicau, mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui trik yang dimaksudkan. Seperti yang telah sama sama kita ketahui bahwa burung kicau jenis murai batu merupakan burung yang paling sering diikut sertakan dalam berbaga perlombaan burung bergengsi. Untuk itu sebagai pemilik Anda harus selaluu merawat dengan intensif agar burung tetap dalam keadaan prima meskipun belum disiapkan untuk gantangan.

Untuk itu kali ini kami akan mencoba untuk berbagi beberapa tips untuk Anda jadikan rujukan apabila burung murai batu Anda mengalami masalah serak pada suaranya. Selanjutnya Anda dapat menyimak ulasan dibaah ini sampai tuntas:

Bagaimana Mengatasi Suara Serak Pada Murai Batu ?


Tips Gampang Untuk Memulihkan Suara Murai Batu Yang Serak

Sebagai seorang pemain murai batu mania terlebih kicau mania gantangan tentunya Anda tidak ingin jika burung murai batu milik Anda menjadi serak suaranya. Hal ini selain suara kicauan burung anda jadi tidak enak didengar, juga akan mempengaruhi stamina burung bahkan harga jual dari burung tersebut.

Memang ada beberapa kondisi yang bisa menimbulkan si burung bisa mengalaminya, tidak dilihat itu burung bagus ataupun burung yang biasa saja, jika rawatan harian ataupun pas waktu burung sedang mabung, yang dimana perawatan yang diberikan tidak pas atau salah maka otomatis menjadi salah satu penyebabnya!.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Kacer Di Tahun 2020 Terbaru Dan Terlengkap

Nah disini kalian tidak boleh terburu-buru, amati dengan tenang dan lewati prosesnya dengan kesabaran ya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini:

obat-serak-murai-paling-ampuh

Langkah Pertama

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah mulai mengembunkan burung murai batu Anda setiap hari secara rutin. Ini dilakukan pada waktu jam 5 subuh atau sebelum matahari terbit. Kurangi aktifitas mandi dan jemur burung selama masa pemulihan agar burung tidak terlalu banyak bergerak dan bersuara.
  • Kemudian jangan lua pasang krodong secara full pada sangkarnya. Maksudnya agar burung tidak melihat burung lainnya seperti burung gereja yang sering mengitari hingga burung Anda menjadi terpancing untuk berkicau. Jika Anda memiliki koleksi burung kicau lebih dari satu, maka Anda perlu menjauhkan burung murai batu Anda dari burung kicau lainnya untuk membatasi brung berkicau akibat terpancing.

Langkah Kedua

  • Berikutnya Anda harus menghentikan sementara pemberian pakan berbentuk keras atau voer dan ganti dengan (Extra Food) EF seperti kroto yang masih segar secukupnya dan jangkrik yang sudah dibuang kaki dan kepalanya atau dipotong potong. Jangan menjemur burung murai batu Anda diatas jam 10 pagi, karena burung akan mengalami dehidrasi jika dijemur terlalu panas dibawah sinar matahari.
  • Kemudian berikan air mineral untuk burung murai batu Anda yang telah dicampur dengan beberapa tetes madu asli. Ini bisa juga dioleskan pada pakan seperti kroto atau jangkrik atau bahkan Anda loloh langsung saja kemulut burung Anda. Jika ada, Anda juga dapat memberi burung murai batu Anda cacing. Karena cacing dapat dengan cepat mengatasi serak pada burung Anda, tetapi jika burung Anda tidak mau memakannya maka cara ini tidak usah dipakai.
  • Selama masa pemulihan serak pada burung murai batu Anda. Hentikan sementara memberinya ulat hongkong, karena ini dapat memperlambat proses penyembuhan pada burung murai batu Anda. Berikan makanan berupa buah buahan pada burung murai batu yang sedang dipulihkan suara seraknya. Hal ini juga baik untuk vitamin dan kestabilan suara burung Anda.
Baca selengkapnya :  Inilah Beberapa Jenis Bahan Pakan Burung Branjangan

Langkah Ketiga

  • Jangan lupa untuk memberi obat burung serak paling ampuh untuk murai batu Anda vitamin atau multivitamin seperti Obird atau BirdTwitter merupakan obat serak murai batu yang dapat membantu proses penyembuhan serak suara pada burung Anda dengan cepat. Kalian juga bisa memberikannya larutan untuk murai batu, akan tetapi jangan terlalu sering ya, berikan cukup 1 minggu 2 kali saja, karena jika dalam memberikannya terlalu keseringan maka yang di khawatirkan burung akan terganggu proses pencernaannya. Ulangi cara diatas secara terus menerus selama masa pemulihan suara yang serak pada burung murai batu Anda hingga sembuh total.
  • Ketika burung murai batu Anda suaranya mulai kembali normal, maka berikan pakan dan biarkan beraktifitas seperti biasanya, seperti mandi, berkicau, maupun dalam umbaran.

Faktor Penyebabnya Suara Murai Serak

Karena ada banyak faktor penyebab burung yang satu ini mengalami serak pada suaranya. Seperti misalnya air minum dalam sangkarnya yang kotor akibat dihinggapi serangga lalat dan sebagainya.

cara-mengatasi-murai-serak-habis-mabung

Faktor lainnya yang kerpa membuat burung murai batu menjadi serak suaranya antara lain adalah dehidrasi pada burung, kroto basi, terkena polusi udara seperti asap, bakteri, pancingan suara yang terlalu berlebihan, dan lain lain. Faktor cuaca juga kerap menjadi penyebab burung jarang berbunyi jika digantungkan ditempat yang tidak tepat. Pemberian makan yang tidak teratur juga dapat menjadi salah satu penyebab seraknya suara murai batu Anda.

Baca juga artikel lainnya : suara isian murai batu yang di nilai juri

Rawatan Murai Batu Serak Sehabis Mabung

Untuk cara mengatasi murai serak habis mabung sama saja dengan hal yang telah di jelaskan diatas, setelah perawatan dirasa sudah full dan benar, maka Anda wajib selalu memperhatikan kondisi dari burung murai batu Anda. Berikan pakan yang cukup dan air mineral yang banyak serta EF seperti buah dan cacing sebagai makanan tambahan yang alami. Rawat seperti biasa sampai burunng Anda menjadi prima dan siap untuk berkicau kembali.

Baca selengkapnya :  Download Masteran Suara Branjangan Mp3 Gacor Dor

Demikianlah ulasan kami kali ini mengenai Cara Mudah Mengatasi Suara Serak Pada Murai Batu. Anda dapat menjadikan metode diatas sebagai referensi jiak mengalami masalah yang sama. Terus ikuti artikel menarik kami yang lainnya seputar dunia burung kicau. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari