Ciri Burung Murai Batu Aceh

Diposting pada

Burung murai batu memiliki banyak jenis atau spessies yang juga bsangat banyak diminati oleh para pecinta kicau burung. Jenisnya yang banyak ini menmpunyai ciri khas tersendiri. Salah satu jenis murai batu yang berasal dari aceh adalah murai batu aceh.

Dimana ada perbedaan yang harus kamu ketahui. Biar kalian gak bingung? Langsung saja untuk menyimak informasi lengkap mengenai murai batu yang berasal dari aceh berikut ini.

Ciri Khas Burung Murai Batu Dari Aceh Yang Harus Kamu Tahu


1. Postur Tubuh

Postur tubuh dari jenis burung murai batu satu ini merupakan salah satu ciri khas yang sangat mudah dikenali. Kamu bisa membedakan enis burung murai satu dengan lainnya secara cepat melalui postur tubuh atau ciri fisiknya.

Postur tubuh yang dimiliki oleh burung murai yang berasal dari aceh sendiri relatif lebih kecil dan mungil.

Berbeda dengan murai batu asal medan yang memiliki postur tubuh yang besar dan gagah. Meskipun postur tubuhnya yang kecil dan mungil, suara kicauan yang idhasilkan oleh jenis burung kicau murai batu satu ini sangatlah lantang. Bentuk tubuh burung satu ini yang kecil, sedikit mirip denganbbotol kecil yang berbentuk lonjong.

murai-aceh

2. Pola Ekor

Selain dari postur tubuhnya, ciri khas yang menonjol dan bisa dilihat secara kasat mata tentang perbedaan jenis burung murai batu satu ini dengan jenis murai batu lainnya adalah pola ekornya.

Murai batu aceh memiliki ekor yang pendek dengan adanya pembagian warna putih dan hitam yang rata dan membentuk garis horizontal di bagian samping ekornya. Ekor pendek yang dimiliki oleh burung murai batu khas aceh ini memiliki ukuran sekitar 15 sampai 25 cm.

Baca selengkapnya :  Tips Mencetak Murai Batu Albino Bukan Hanya Kebetulan

Sedangkan burung murai lainnya kebanyakan memiliki panjang ekor sekitar 20 sampai 30 cm atau bahkan lebih. Jika dilihat dari keseluruhan, perawakan burung murai asal aceh ini menunjukkan mental petarung yang tangguh dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan secara mudah dan cepat. Hal tersebut juga menjadi alasan kenapa burung murai banyak diminati.

3. Suara Kicauan

Burung murai batu asal aceh ini memiliki suara kicauan yang khas dan unik. Kicauannya yang memiliki nada panjang dan suara yang ngeroll dilengkapi dengan kicauan yang cukup lantang membuat burug ini banyak disukai dan diidam-idamkan.

Hal yang paling dikenal dan disukai oleh obanyak orang dari burung satu ini adalah kelantangan suara yang dikeluarkan. Karena kelantangan suaranya ini, burung ini juga sering dijadikan sebagai pemasera burung lainnya.

gambar-murai-aceh

Suara yang dikeluarkan pun juga bervarariasi dan tidak monoton. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang sangat ahli dan lihai dalam meniru suara kicauan burung lain. Jadi burung ini sangat mudah untuk dilatih. Jika kamu melatihnya dengan baik, suara yang dikeluarkan oleh burung murai satu ini saat dalam perlombaan akan mendapatkan nilai yang bagus dari juri.

Burung murai batu aceh juga memiliki harga yang cukuptinggi. Jadi kamu harus menyiapkan uang lebih jika kamu ingin memelihara jenis burung satu ini. Harga dari jenis burung murai yang bermacam-macam pun relatif sama.

Jika memiliki perbedaan harga, perbedaannya pun tidak akan cukup jauh. Harag tinggi dari burung satu ini disebabkan karena mudah dilatih dan juga kualitas suaranya yang sangat bagus.

Meskipun burung murai satu ini bertubuh mungil dan kecilm, kamu tidak boleh menyepelekan kemampuannya dalam berkicau. Burung satu ini cocok kamu pelihara jika kamu ingin mengikuti sebuah perlombaan burung. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dari burung dan juga lingkungan sekitar serta pemberian pakannya agar kondisi burung tetap fit ya kawan.