Burung Poksay Mandarin

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Burung Poksay Mandarin sempat menjadi primadona pada tahun 90an dimana burung ini memang saat itu masih langka karena bukan burung lokal indonesia merupakan burung import dari kawasan China.

Namun saat ini poksay mandari dan beberapa jenis poksay lainnya sudah banyak ditemukan di negara kita ini karena memang sudah banyak juga yang menangkarkannya sehingga kalian yang

tertarik bisa mendapatkannya dengan mudah. Ngomong-ngomong soal poman, dia merupakan salah satu burung kicau yang memiliki suara kicauan unik dan nyaring melengking bahkan saat itu burung ini menjadi

bintang kontes sebelum ditempati murai batu saat ini. disisi lain dia juga memiliki bulu yang cantik dengan kombinasi warna yang menarik peminat para pecinta burung kicau. Meskipun kini hanya digunakan

sebagai masteran saja tetepi peminatnya yang juga memeliharanya sebagai hobi saja juga banyak sobat meskipun harga jualnya cukup turun terlebih dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Untuk kalian yang semakin tertarik untuk mengenal lebih jauh dan sudah tak sabar ingin memeliharanya kalian langsung saja baca artikel ini sampai habis karena ini sangat penting untuk kalian ketahui.

harga-burung-poksay-mandarin

Mengenal Burung Poksay Mandari Lebih Jauh


Ciri Fisik Poksay Mandarin

Yang paling mencolok dari poksay mandarin ialah dari bagian kepala atau mahkotanya yang berwarna coklat kemerahan yang sudah bisa menandakan kalau dia ini poman atau poksay mandarin.

Memiliki ukuran tubuh lumayan besar seperti jalak sekitar 25 cm dan ekornya juga lumayan panjang sekitar 15cm. dibagian matanya seperti memiliki lis warna berwarna putih yang membuatnya terlihat seram.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina

Bulu yang menutupi tubuhnya didominasi dengan warna abu-abu ke hitaman dan ekornya terdapat warna putih. sangat unik sekali dilihat jadi pastikan kalian memiliki nya dirumah untuk tambahan koleksi dan dirawat sebaik-baiknya.

suara-burung-poksay-mandarin

Makanan Poksay Mandarin

Poksay mandarin memakan serangga sebagai makanan utamanya di habitat aslinya. Sehingga dalam perawatan kalian bisa memberikan dia jangkrik, kroto atau larva semut dan juga ulat kandang serta ulat hongkong

tetapi bukan makanan utama sebagai EF saja karena dalam perawatan tentunya dia diajar dan dilatih untuk memakan voer supaya emosi dan birahinya lebih terkendali hal ini karena ruang geraknya terbatas didalam kandang.

Selain itu kalian juga ternyata bisa memberinya pisang kepok putih sebagai tambahan untuk asupan vitamin dan mineral yang banyak terkandung didalamnya. Mengapa harus kepok putih ?

karena tekstur daging buahnya pas, rasanya manis juga kalau kepok lain rasanya agak sedikit masam. Pemberiannya juga tidak usah setiap hari cukup setau minggu 2 kali saja.

baca juga : makanan kesukaan burung poksay mandarin

Perawatan Burung Poksay Mandarin

Tak jauh berbeda dengan perawatan burung lain pada umumnya dimana burung ini wajib dimandikan setiap hari secara rutin untuk menjaga kebersihan dan supaya dia terhindar dari hama kutu.

Selanjutnya bersihkan kandang dan cepuk makanan minumannya supaya terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit dan dia akan merasa lebih nyaman di kandangnya dan makan nya semakin lahap.

Setelah itu jemur dibawah sinar matahari pagi dan harus dibawah jam 11.00 ya sahabat kicau karena kalau diatas itu sinar matahari sangat terik. Penjemuran juga tidak perlu terlalu lama cukup 1 jam.

Sehabis dijemur pindahkan kandang ke tempat yang lebih sejuk dan juga sambil dimasteri diamkan saja sampai sore hari dan menjelang malam kandang di tutuk krodong supaya burung bisa istirahat.

Baca selengkapnya :  4 Jenis Masteran Burung Berkualitas Dan Menarik Perhatian Juri

Di malam haripun usahakan pemasteran tetap berlangsung ini bertujuan dia akan merekam suara burung dengan mudah. lakukan perawatan dengan rutin setiap harinya uisahakan waktunya pun tidak meleset jauh ya.

Itulah tadi informasi lengkap dan menarik tentang burung poksay mandarin semoga kalian suka serta terinspirasi dari artikel ini. Untuk itu kepada sahatan kicau dimanapun berada kami ucapkan banyak terimakasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari