kandang-ternak-lovebird

Mengenal Jenis Kandang Ternak Lovebird Yang Bagus

Burung Lovebird adalah jenis burung paruh bengkok dengan bulu berwarna indah dan kicauan yang merdu. Tidak dipungkiri bahwa burung ini menjadi primadona di kalangan pecintanya.

Banyak orang memeliharanya baik untuk dikonteskan maupun sebagai hiasan dirumah. Karena burung ini memiliki keindahan serta kecantikan berbeda, maka dalam membudidayakannya perlu perhatian yang ekstra. Termasuk bermacam-macam kandang ternak lovebird beserta fungsinya. Yuk simak ulasan berikut ini.

Jenis Sangkar Menentukan Keberhasilan Ternak


1. Sangkar untuk Lomba

Rumah untuk jenis burung ini umumnya memiliki lekukan permukaan yang elok saat dipandang. Gaya hiasan ukiran menjadi fokus utama saat pertama kali melihat. Dari segi pembuatan tentu lebih rumit, dan dijual dengan harga yang mahal di pasaran.

Sangkar istimewa ini sangat cocok digunakan untuk event perlombaan burung berkicau. Jika tidak digunakan untuk lomba, anda bisa menggunakannya sebagai hiasan dirumah. Malah burung akan tampak lebih menawan. Ukuran diameter sangkar ini berbentuk bulat seperti sangkar lb pada umumnya.

2. Jenis Umbaran atau Koloni

Ukuran sangkar ini cukup besar dan bisa digunakan untuk banyak burung ini secara bersamaan. Biasanya dipakai untuk melakukan seleksi indukan, yang nantinya hendak diternakkan.

kandang-ternak-lb

Baik akan dimasukkan indukan jantan atau indukan betina, bisa juga keduanya dalam satu tempat. Apabila ada dua burung yang berpasangan, maka anda dapat memindahkan mereka pada tempat khusus perjodohan. Dengan ini anda akan lebih mudah memilih indukan untuk dibudidaya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Jalak Suren Beserta Harganya

3. Jenis Khusus untuk Perjodohan

Bentuk dari kandang ini biasanya berbentuk lebar persegi panjang (kotak) untuk menjodohkan. Setelah menemukan pasangan maka langkah selanjutnya bisa juga langsung untuk dikawinkan atau di ternak. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengawasan dalam proses kawin nantinya.

kandang-penjodohan

Ukuran kandang ternak lovebird besar sehingga burung yang berada didalam tidak akan terganggu saat bergerak. Sebelumnya anda perlu menyiapkan tempat untuk burung bertelur, bedakan dengan tempat burung untuk mengerami telur.

4. Sangkar Model Bulat

Sangkar ini termasuk model yang paling banyak ditemukan di pasaran, dan tersedia stoknya di toko sekitar. Bahan utamanya terbuat dari besi yang dipadu dengan warna yang cukup menarik minat.

kandang-bulat

Kelebihan dari sangkar ini ialah praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Namun ada kekurangan dari model ini berkaitan langsung dengan kondisi burung, dimana daya penglihatan burung akan terbatas oleh garis batas pada sangkar tersebut. Dan sangkar ini sangat sering digunakan untuk perawatan harian burung.

5. Sangkar Model Persegi

Kandang ternak lovebird ini lebih baik daripada yang berbentuk bulat, namun jarang sekali digunakan untuk kontes karena kurang praktis untuk dibawa. Model sangkar lebih sering dipakai untuk keperluan budidaya.

kandang-kotak-lb

Ukurannya yang luas memang sangat baik untuk kondisi mental burung, karena bisa terbang-terbang kecil dengan bebas. Selain itu daya pengelihatan burung jauh lebih baik karena garis batas yang bisa dijangkau.

6. Tebok Sangkar Burung Jati

Sangkar ini berbentuk bulat pada umumnya, namun teboknya yang unik dan khusus terbuat dari bahan kayu jati yang sederhana, dengan desain minimalis dan warna yang natural. Kandang ternak lovebird memiliki ukuran yang lapang dan berdimensi 37 x 37 x 65 cm.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kacer Bahan Agar Cepat Gacor

tebok-jati

Didalamnya terdapat karpet, dua buah tangkringan, dua buah cepuk dan rantai. Jenis sangkar ini dijamin kokoh dan awet, bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Anda bisa membelinya di toko-toko terdekat atau lewat aplikasi belanja online.

Sebelum memelihara burung pastikan kandang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Perhatikan ukuran sangkar untuk menciptakan rasa nyaman pada burung, ukuran yang luas dan lapang bisa dijadikan pertimbangan.

Bahan dari kayu akan terlihat lebih natural dan baik untuk perkembangan burung. Jagalah kebersihan rumah burung serta menjaga kebutuhan makan dan minum dengan baik. Berikan vitamin agar burung tetap terlihat sehat dan terbebas dari virus flu burung.